tombol delete akun socmed

Cara Menghapus Semua Akun SOCMED Secara Permanen Serta Lengkap

Memiliki akun FB, Instagram, Twitter dan Gmail tentu saja saat ini sudah tidak menjadi hal yang asing lagi. Apalagi mengingat bahwa saat ini sosial media menjadi media yang sangat ampuh dalam berbagai aspek kehidupan. Akan tetapi, tatkala akun tersebut sudah tidak di gunakan lagi, bagaimana Cara mudah menghapus akun di facebook, instagram, twitter dan gmail ini?

Jika Anda salah satu pemilik akun yang tidak terpakai tersebut, pastinya penasaran dengan jawaban sekaligus langkah-langkahnya. Perlu di ketahui juga bahwa untuk setiap jenis membutuhkan langkah dengan akan menyuguhkan tampilan yang berbeda sebagaimana dijelaskan masing-masing berikut.

Cara Hapus Akun Facebook

Facebook merupakan salah satu sosial media dengan pengguna terbanyak. Bahkan, ada beberapa orang yang memiliki beberapa akun sekaligus mengingat pembuatannya juga sangat mudah. Nah, jika Anda ingin menghapus salah satu akun facebook, berikut panduan cara menghapus akun di Facebook yang bisa di terapkan dengan beberapa pilihan.

  1. Cara Hapus Akun Facebook Sendiri

Jika Anda berencana akun facebook ini sudah tidak akan pernah dipakai lagi juga sudah tidak dibutuhkan, lebih baik memang di hapus saja, tentunya secara permanen. Disini ada beberapa langkah yang perlu Anda lakukan mulai dari login hingga verifikasi penghapusan akun.

  • Login ke akun facebook menggunakan username/email dan password yang Anda ingat. Jika Anda sudah otomatis masuk di facebook dengan aplikasi, maka tinggal buka saja aplikasinya tanpa harus memasukkan password lagi.
  • Selanjutnya ikuti tautan “https://www.facebook.com/help/delete_account”
  • Dalam langkah selanjutnya Anda akan mendapatkan tampilan penghapusan akun dan bisa klik pilihan hapus akun saya.
  • Biasanya akan ada verifikasi yang meminta Anda memasukkan beberapa kode. Pada kolom bawah sendiri di tampilan yang sama, ada kolom password FB yang juga harus diisi lalu tekan Ok.
  • Ketika proses ini berhasil, akan muncul pemberitahuan bahwa akun Anda akan di nonaktifkan selama 14 hari. Jika selama nonaktif tersebut tidak di pulihkan kembali, maka akun akan terhapus secara permanen.
  1. Cara Hapus Akun Facebook Orang Lain

Penjabaran di atas adalah cara menghapus akun di facebook melalui login terlebih dahulu. Lalu bagaimana jika yang akan di hapus adalah akun yang passwordnya sudah tidak diingat, atau bahkan merupakan akun milik orang lain? Jangan khawatir, ada jalan keluar lain yang bisa di tempuh, yakni menggunakan akun lain juga.

  • Langkah pertamanya disini tentu adalah masuk ke akun Anda yang lain. Jika tidak memiliki akun cadangan, maka Anda bisa membuatnya dari awal.
  • Untuk orang yang secara medis tidak mampu mengoperasikan FB atau pemilik akun yang sudah meninggal, Anda bisa masuk ke link permintaan khusus. Kemudian isikan data secara benar serta valid dan centang pilihan sesuai yang disediakan dan kondisi real. Setelah semua data terisi langsung klik kirim.
  • Untuk menghapus akun Anda passwordnya sudah tidak diingat atau akun berisi spam yang mungkin menganggu, Anda bisa mencari akun yang akan di hapus. Setelah itu klik laporkan dan pilih tutup akun ini.
  • Jika salah satu dari langkah di atas sudah dilakukan, maka Facebook akan memproses laporan Anda dan ketika proses selesai, otomatis akun akan hilang sendiri dari pencarian di Facebook.

Cara Hapus Akun Instagram

Tidak hanya facebook yang selalu ramai dengan berbagai pembicaraan. Saat ini instagram pun demikian. Sedangkan bagi Anda yang ingin mengurangi jumlah akun, atau merasa salah satu akun sudah perlu dihapus, panduan cara menghapus akun di Instagram berikut ini bisa menjadi sumber rujukan dan gambaran lebih lanjut.

  1. Menghapus Akun Instagram Melalui PC

Adakalanya mungkin Anda sedang tidak bersama dengan ponsel dan ingin menghapus akun Instagram tersebut melalui PC. Langkah yang bisa Anda terapkan untuk pilihan ini adalah sebagai berikut.

  • Ketika akan menghapus akun melalui PC, yang harus dilakukan pertama kali adalah masuk ke link help.instagram.com.
  • Kemudian klik pilihan mengekula akun Anda untuk bisa menemukan pilihan hapus akun.
  • Setelah itu akan muncul 2 pertanyaan. Yang harus di klik disini adalah pilihan bagaimana menghapus akun saya?
  • Selanjutnya Anda akan diarahkan pada halaman penghapusan akun dan diminta memilih salah satu alasan penghapusan tersebut.
  • Untuk langkah terakhirnya, Anda tinggal masukkan password akun instagram yang akan di hapus ini kemudian klik pilihan permanently delete my account.
  1. Hapus Akun Melalui Aplikasi Instagram

Sebenarnya cara menghapus akun di Instagram yang lebih mudah dan cepat adalah melalui aplikasi yang ada di smartphone Anda. Akan lebih cepat pula jika Anda sudah login di dalamnya karena biasanya Instagram satu aplikasi bisa digunakan login beberapa akun. Sedangkan langkah penghapusannya adalah sebagai berikut.

  • Pastikan sudah login di akun yang akan dihapus. Jika belum Anda bisa memasukkannya terlebih dahulu. Kemudian arahkan aplikasi Anda ke akun yang akan dihapus tersebut.
  • Sama seperti sebelumnya, yang kali ini perlu Anda tuju juga adalah help center atau pusat bantuan di menu options.
  • Mudahnya, kalau masuk menggunakan aplikasi dan melalui help center, maka Anda akan langsung di arahkan ke web help.instagram.com.
  • Lanjutkan sebagaimana panduan di langkah sebelumnya, yakni dengan pilih mengelola akun Anda, kemudian hapus akun Anda, masuk halaman penghapusan akun, pilih salah satu alasan penghapusannya dan masukkan kata sandi sebagai langkah terakhir sekaligus untuk konfirmasi.

Cara Hapus Akun Twitter

Dari 2 nama di atas, twitter pun ternyata tidak kalah ramai dan memiliki banyak pengguna juga. Namun, adakalanya sebuah akun di twitter perlu dihapus dengan beberapa alasan tertentu. Dalam hal ini bagi yang memiliki niat demikian dan bingung bagaimana cara menghapus akun di twitter tersebut, jangan khawatir karena akan dijelaskan langkahnya di bawah ini.

  1. Login Akun Twitter

Pertama, Anda perlu masuk ke akun twitter Anda terlebih dahulu sebelum melakukan penghapusan akun. Login ini bisa dipilih dari dua cara, yakni melalui browser atau aplikasi di smartphone Anda. Jika Anda menggunakan PC, maka jelas harus mengakses melalui browser terlebih dahulu dengan mengakses http//twitter.com dan memasukkan username serta password.

  1. Buka Pengaturan

Setelah Anda berhasil login, menu yang harus dicari disini adalah menu pengaturan yang akan menyediakan penghapusan atau penonaktifan akun ini. Jadi, silakan langsung merujuk menu tersebut dan klik.

  1. Pilih Nonaktifkan Akun

Dalam menu pengaturan ini, Anda akan menemukan beberapa pilihan. Salah satunya adalah nonaktifkan akun. Sedangkan untuk menghapus akun Anda, maka pilihan inilah yang harus di klik. Tampilan yang akan muncul disana nantinya adalah [email protected] atau [email protected] Hal ini sebagai antisipasi agar Anda tidak menghapus akun yang salah.

  1. Lakukan Konfirmasi

Ketika Anda sudah memilih untuk nonaktifkan akun tersebut, maka selanjutnya yang akan muncul adalah halaman konfirmasi. Jadi, disini Anda akan diminta konfirmasi sekali lagi terkait penghapusan akun tersebut sekaligus untuk memasukkan kata sandi. Pastikan Anda sudah mengeceknya dengan benar sebelum benar-benar yakin untuk melanjutkan penghapusan ini.

  1. Akun Anda Berhasil di Hapus

Setelah serangkaian cara menghapus akun di twitter ini berhasil, maka akun Anda pun sudah terhapus secara permanen. Artinya akun ini sudah tidak dapat dikembalikan maupun di gunakan lagi. Username maupun password dan email yang terdaftar pun datanya sudah dihapus dengan satu klik konfirmasi Anda sebelumnya.

Cara Hapus Akun Gmail

Salah satu akun penting yang selalu dibutuhkan, khususnya yang berhubungan dengan google tentu saja adalah Gmail. Meski demikian, Gmail pun sangat mudah dibuat sehingga banyak pula yang punya banyak Gmail dan ada yang tidak terpakai juga. Nah, jika merasa perlu dihapus dan bingung langkahnya, ikuti panduan cara menghapus akun di Gmail berikut ini.

  1. Login Terlebih Dahulu ke Akun Gmail Anda

Sebagaimana dalam langkah-langkah lainnya, ketika akan menghapus Gmail pun Anda perlu login terlebih dahulu sehingga bisa terhubung ke akun tersebut. Cara loginnya sangat mudah, tinggal masukkan alamat emailnya dan masukkan password. Login ke akun Gmail bisa dilakukan baik melalui ponsel maupun melalui PC dengan mengakses situs Gmail.

  1. Tinjau Sekaligus Download Informasi Pentingya

Sebelum benar-benar menghapus akun Gmail ini, jangan lupa terlebih dahulu Anda tinjau akun tersebut dan melihat data penting apa saja yang perlu diambil. Jika ternyata ada banyak data penting sebagaimana yang dimaksud, download terlebih dahulu untuk mengamankannya sehingga Anda memiliki salinan setelah akun sudah tidak ada.

  1. Lakukan Proses Penghapusan

Cara menghapus akun di Gmail pada langkah ini sudah masuk ke langkah inti. Yang harus Anda lakukan disini adalah klik tulisan data & personalisasi di panel navigasi kiri. Kemudian klik hapus layanan akun Anda pada panel download, hapus atau buat rencana untuk data Anda. Terakhir, klik hapus akun Anda pada panel hapus akun google Anda.

  1. Akun Gmail Anda Sudah Berhasil Dihapus

Ketika Anda sudah mengikuti petunjuk di atas dengan baik dan menyelesaikan seluruh instruksi dari google, maka akun Anda pun akan segera hilang. Konsekuensinya ketika akun google terhapus adalah, Anda kehilangan seluruh data, file, foto, dan sebagainya. Mulai saat itu Anda tidak dapat lagi mengakses berbagai layanan google dan langganan serta konten yang biasa di nikmati.

Dari sekian ulasan Cara mudah menghapus akun di facebook, instagram, twitter dan gmail secara permanen di atas, sebelum menerapkannya Anda harus tahu konsekuensi ketika akun sudah terhapus. Selain tidak bisa menikmati layanannya, Anda juga tidak bisa lagi mengakses data. Nah, jika Anda ingin menikmati layanan kembali, silahkan membuat akun yang baru lagi.

Ayo Komentari Artikel Ini