Supaya Penuh Berkah Bacalah Doa Sebelum Bekerja Berikut Ini

doa sebelum bekerja yang afdhol
via pixabay.com

Sudah menjadi kewajiban bagi seluruh manusia yang hidup di bumi ini untuk beribadah kepada Allah sang Maha Pencipta. Beribadah tidak hanya tentang sholat, bekerja juga merupakan salah satu bentuk ibadah bergantung pada niat dan tujuannya.

Terkadang ada yang berkerja untuk hanya sekedar mendapatkan uang, ada juga untuk memberi nafkah keluarga. Disamping semua itu hakikat bekerja sesungguhnya adalah untuk mencari ridho Allah SWT.

Ketika kita bekerja diniatkan untuk membantu orang lain atau memberi manfaat kepada orang lain melalui pekerjaan yang kita lakukan, maka bisa dibilang itu adalah salah satu bentuk ibadah karena ada niat berbuat baik disitu.

Terlepas dari niatnya, seluruh pekerjaan pasti memiliki resiko dan rintangan yang kadang dialami. Untuk bisa terhindar dari segala macam resiko atau bahaya ketika kita bekerja disitulah dibutuhkan yang namanya berdoa.

Terkadang orang melalaikan pentingnya doa sebelum bekerja sehingga tak sedikit orang yang mengalami masalah ketika bekerja. Memang berdoa sebelum bekerja bukanlah faktor utama untuk terhindar dari segala masalah dan rintangan pekerjaan.

Tapi sebagai makhluk tuhan sudah seyogyanya kita untuk selalu berdoa kepadaNya dalam kondisi atau situasi apapun termasuk ketika mau bekerja.

Karena berdoa sebelum bekerja merupakan salah satu wujud ketaatan kita kepada Allah SWT, dengan mengingat sang pencipta ketika melakukan pekerjaan.

Bacaan Doa Sebelum Bekerja

Sebagai umat Rosulullah SAW sudah sepatutnya kita mencontoh segala sunah yang diajarkan oleh Rosulullah SAW salah satunya yaitu berdoa sebelum bekerja.

Dengan mencontoh sifat Rosulullah yaitu Sidiq, tabligh, amanah serta fathonah maka ketika bekerja membawa sifat-sifat tersebut kita akan diberi banyak sekali kemudahan dan kelancaran oleh Allah disetiap pekerjaan yang dilakukan.

Ada banyak lafal bacaan doa sebelum bekerja diantaranya sebagai berikut.

Bacaan Doa Sebelum Bekerja yang Pertama

Bacalah doa berikut ini sebelum melakukan atau bernangkat kerja sebanyak 3 kali,

bacaan doa sebelum bekerja

Makna dari bacaan doa diatas adalah “Ya allah, berikanlah padaku rizki yang halal dan baik, dan pakaikanlah padaku segala perbuatan yang baik. Ya tuhanku, jadikanlah oleh-Mu Rizkiku itu yang paling luas ketika tuaku dan ketika lemahku. Ya Allah, cukupkanlah bagiku segala rizkiMu yang halal daripada yang haram dan kayakanlah aku dengan karunia-Mu dari yang lainnya. Ya Allah, aku mohonkan pada-Mu rizki yang luas dan berguna. Ya Allah, aku memohon pada-Mu nikmat yang kekal yang tidak terputus dan tidak akan hilang.”

Bacaan Doa Sebelum Bekerja yang Kedua

Berikut ini adalah salah satu bacaan doa sebelum bekerja yang pernah dibaca oleh sahabat Rosul yaitu Umar bin Khattab RA yang terdapat dalam kitab ad-du’a karya al-tabrani.

bacaan doa sebelum bekerja kedua

Makna dari doa sahabat Umar diatas adalah “Ya allah, sesungguhnya aku meminta dari keutamaanmu dan pemberianmu, rizki yang baik serta berkah. Ya allah sesungguhnya engkau memerintahkan untuk berdoa dan memutuskan atasku pengabulan doa, dan engkau Zat Yang tidak melanggar janji dan tidak mendustainya. Ya Allah, tidak ada kebaikan yang engkau sukai, kecuali Engkau jadikanlah kami mencintai kebaikan tersebut dan mudahkanlah kami mendapatkannya. dan tidak ada sesuatu yang Engkau benci kecuali Engkau jadikan kami benci terhadap sesuatu tersebut dan jauhkanlah kami darinya. dan janganlah Engkau cabut dari kami keislaman kami setelah Engkau berikan.”

Bacaan Doa Sebelum Bekerja yang Kedua

Doa yang ketiga ini yang umumnya sering dibaca oleh banyak orang, berikut ini lafadz doanya,

bacaan doa sebelum bekerja ketiga

Makna dari doa yang ketiga yaitu “Ya Allah, Aku memohon kepadaMu kebaikan dari pekerjaan ini dan segala kebaikan yang ada didalamnya dan aku berlindung kepadaMu dari keburukan pekerjaan ini dan segala keburukan yang ada didalamnya. Sesungguhnya diatas sesuatu itu Engkaulah yang maha berkuasa menentukannya.”

* * *

Ketiga doa sebelum bekerja yang telah disebutkan diatas bisa kita amalkan bersama sebagai seorang muslim. Kamu bisa memilih salah satu doa yang cocok buatmu, baca dan hafalkan lalu amalkan saat akan memulai suatu pekerjaan.

Semoga dengan mengamalkan doa ini agar dipermudah segala urusan dan rezeki kita akan ditambah oleh allah SWT, Amin.

Sending
User Review
0 (0 votes)
1 Shares:

Ayo Komentari Artikel Ini

You May Also Like