2 Pengertian Bisnis Menurut Ahli, Fungsi, Tujuan, Dan Jenis-Jenisnya

pengertian bisnis
via unsplash.com

Pengertian bisnis tentunya telah diketahui oleh beberapa orang termasuk Anda karena berkaitan dengan kehidupan manusia  Untuk menjalankan sebuah bisnis, tentunya harus memiliki konsep atau rencana yang jelas. Sehingga proses jalannya bisnis dapat berlangsung dengan lancar tanpa ada masalah.

Bisnis di sini berkaitan langsung dengan ekonomi yang memiliki tujuan utama untuk mendapatkan profit bagi yang menjalankan bisnis tersebut. Namun beberapa orang ternyata masih cukup kebingungan mengenai definisi bisnis serta beberapa hal lain. Dan berikut ini terdapat beberapa penjelasannya.

Definisi Bisnis Secara Umum

pengertian bisnis
via unsplash.com

Jika dijabarkan secara umum, definisi dari bisnis merupakan suatu kegiatan yang di mana menjual sebuah barang ataupun jasa untuk mendapatkan laba atau keuntungan. Bisnis sendiri mempunyai kata bahasa Inggris yakni business yang berarti sibuk.

Arti dari kata sibuk tersebut memiliki sebuah konteks secara individu, komunitas, kelompok ataupun di masyarakat. Atau penjelasan lain dari bisnis sendiri adalah kegiatan yang menyibukkan diri untuk mendapatkan keuntungan dari pekerjaan atau aktivitas yang dikerjakan.

Jadi orang yang melakukan sebuah bisnis, akan mendapatkan profit atau keuntungan yang berbeda-beda. Hal ini juga berkaitan langsung dengan bisnis atau kegiatan apa yang dilakukan oleh orang tersebut. Bisnis dapat dijalankan dengan baik jika menerapkan konsep atau rencana yang matang.

Sehingga penjualan baik berupa barang ataupun jasa dapat laku di pasaran. Namun dalam menjalankan sebuah bisnis, tentunya memiliki strategi pasar agar konsumen bisa mengetahui dan membeli. Sehingga aktivitas bisnis yang dijalankan dapat memperoleh keuntungan dari hari ke hari.

Bukan hanya itu saja, bisnis yang baik dan benar yakni bisnis yang dapat berkembang atu bertahan dalam jangka waktu yang lama. Jika sebuah bisnis tidak berjalan dalam jangka waktu yang lama, maka dapat dipastikan bisnis tersebut menemui sebuah masalah yang bisa menghambat laju dari bisnis.

Pengertian Bisnis Menurut Para Ahli

pengertian bisnis menurut para ahli
via unplash.com

Ternyata pengertian dari bisnis memang memiliki pandangan yang berbeda-beda dari beberapa orang. Tentunya beberapa orang ini mengartikan bisnis sesuai dengan pendapatnya masing-masing. Namun kebanyakan tujuan dari sebuah bisnis memiliki sebuah arti yang sama.  Dan berikut ini beberapa hal penjelasan mengenai bisnis menurut para ahli.

Profesor L.R Dicksee

Menurut profesor L.R Dicksee pengertian bisnis itu sendiri adalah segala bentuk aktivitas apa kegiatan. Yang di mana utamanya tujuan memperoleh keuntungan atau sebuah provit dalam jumlah yang besar.

Keuntungan tersebut diperoleh dari seseorang yang berkepentingan dalam sebuah aktivitas tersebut atau yang mengusahakan nya. Jadi bisnis dapat memperoleh keuntungan dari seseorang yang mengerjakannya.

Nerriam Webster

Menurut Nerriam Webster, pengertian dari sebuah bisnis merupakan segala aktivitas atau perbuatan yang berubah penjualan dan pembelian jasa ataupun barang. Yang nantinya akan dipertukarkan dengan sebuah uang yang menjadi keuntungan.

Sejumlah aktivitas yang telah dirampungkan oleh perusahaan, toko maupun pabrik adalah bisnis yang bertujuan memperoleh keuntungan.Menurut Musselman dan Jackson pengertian dari sebuah bisnis adalah sejumlah keseluruhan pekerjaan aktivitas yang telah terorganisir dalam sebuah bidang industri.

Yang dimana menyediakan sebuah barang ataupun jasa agar kebutuhan dari masyarakat dapat terpenuhi. Sehingga hal tersebut dapat memperbaiki atau merubah kualitas kehidupan dari sebuah masyarakat tertentu.

Mengenal Fungsi Bisnis

fungsi bisnis
via pixabay.com

Setelah membahas tentang definisi dari pengertian bisnis, peserta arti bisnis menurut para ahli, berikut ini terdapat beberapa fungsi bisnis yang perlu Anda ketahui. Fungsi pertama adalah manajemen, fungsi dari sebuah manajemen disini dapat memberikan atau menentukan keputusan.

Dimana keputusan tersebut berkaitan langsung dengan sumber daya yang ada di perusahaan untuk dialokasikan lebih lanjut.Dalam fungsi ini seseorang harus memikirkan bagaimana caranya sebuah mesin ataupun peralatan dapat digunakan atau dijalankan dengan baik.

Dengan begitu manajemen bisnis yang dirancang atau dibangun dapat berjalan sesuai rencana tanpa ada sedikitpun masalah. Manajemen menjadi fungsi utama atau fungsi pertama yang yang diperlukan bagi seseorang yang menjalankan bisnis.

Fungsi bisnis yang selanjutnya adalah pemasaran. Fungsi dari sebuah pemasaran yakni agar konsumen mengetahui barang atau jasa yang dijual. Selain itu pemasaran juga dapat menentukan suatu produk ataupun informasi dan juga harga.

Jadi sebuah produk yang akan dijual harus memiliki informasi serta nilai jual yang dapat diketahui oleh semua orang atau konsumen.Seseorang yang memulai bisnis tentunya harus memikirkan bagaimana produk yang dijual sampai ke tangan konsumen.

Hal ini tentunya harus melewati pemasaran yang di mana produk dapat dijual dan dikembangkan lebih baik lagi. Dalam hal pemasaran ini seseorang harus menentukan sebuah harga dari produk yang akan dijual. Sehingga saat di promosikan akan sampai ke tangan konsumen pelanggan.

Fungsi dari sebuah bisnis yang ketiga adalah keuangan. Fungsi dari keuangan di sini tentang bagaimana cara mendapatkan sebuah modal dengan cara apapun. Serta bagaimana cara menanamkan sebuah modal untuk bisa dikembangkan lebih baik lagi.

Keuangan di sini menjadi salah satu hal yang sangat penting dalam berdirinya sebuah bisnis dan dapat berjalan hingga beberapa tahun kedepan. Dalam fungsi ini memiliki sebuah arti bagaimana seseorang yang menjalankan sebuah bisnis harus memikirkan sebuah cara.

Dimana cara tersebut memperoleh sebuah penghasilan ataupun keuangan dari perusahaan yang dibangun. Selain itu bagaimana seseorang menggunakan sebuah dana atau uang yang telah ada untuk mengembangkan bisnisnya lebih luas. Fungsi bisnis yang selanjutnya adalah akuntansi.

Fungsi dari akuntansi mengecek serta memonitor setiap pekerjaan yang telah dilakukan. Di lain sisi juga diharuskan untuk mencatat dari penggunaan semua sumber daya apakah telah tepat dengan rencana di perusahaan. Oleh karena itu akuntansi juga sangatlah penting dalam menjadi fungsi bisnis.

Pada umumnya fungsi akuntansi di sini dapat berupa sebuah analisa serta rangkuman dari keadaan keuangan dalam suatu perusahaan. Jadi rangkuman serta analisa yang mengenai keuangan tersebut harus jelas tanpa ada masalah.

Sehingga dapat memberikan informasi sesuai dengan keadaan untuk merencanakan atau membuat keputusan di waktu yang akan datang.Fungsi sistem informasi menjadi fungsi bisnis yang terakhir atau ke-5. Dalam fungsi ini setiap perusahaan akan terus melakukan sebuah inovasi atau pembaharuan.

Di lain sisi perusahaan tersebut juga menganalisa pada sistem informasi yang nantinya akan ditekankan dengan operasional. Sehingga dari informasi yang telah didapatkan, perusahaan akan bisa menentukan sebuah keputusan. dan itulah beberapa hal mengenai fungsi-fungsi bisnis yang bisa Anda ketahui.

Jenis-Jenis Bisnis Dan Penjelasannya

jenis-jenis bisnis dan penjelasannya
via unplash.com

Selain membahas tentang pengertian bisnis, Anda juga perlu mengetahui tentang beberapa jenis-jenis bisnis beserta penjelasannya. Seperti hanya adalah bisnis online. Bisnis online merupakan suatu kegiatan menjual barang yang memanfaatkan internet.

Dalam bisnis ini dapat menjual beberapa barang kepada konsumen melalui media sosial internet. Pada umumnya beberapa orang yang melakukan bisnis online harus memiliki media sosial yang bisa dimanfaatkan. Media sosial tersebut salah satunya adalah Instagram, Twitter, website, Facebook.

Biasanya dalam memperoleh keuntungan bisnis online ini dapat dilakukan secara transfer uang melalui bank. Selain bisnis online, terdapat bisnis transportasi. Bisnis transportasi di sini merupakan sebuah aktivitas atau pekerjaan untuk mengantarkan seseorang dan barang dari suatu lokasi ke lokasi yang lain.

Biasanya bisnis transportasi memperoleh keuntungan tergantung dari berat barang yang akan dikirim. Selain itu juga tergantung dari jarak yang akan ditempuh untuk mengantarkan sebuah barang.Dalam menjalankan sebuah bisnis transportasi, tentunya seseorang harus berhati-hati.

Karena jika barang yang dikirim rusak akan secara pasti diganti. Transportasi yang visabdi gunakan untuk menjalankan bisnis ini bisa bermacam-macam. Bisa melalui motor, mobil maupun becak dan juga kendaraan lainnya yang masih layak untuk dipakai.

Kemudian terdapat sebuah bisnis finansial. Tentunya semua orang telah mengetahui dengan bisnis finansial. Bisnis yang satu ini dapat dilakukan oleh beberapa orang untuk memperoleh keuntungan dari pengelolaan modal atau investasi yang tengah dijalankan tersebut.

Biasanya bisnis finansial yang paling dicari oleh beberapa orang adalah asuransi. Jenis-jenis bisnis yang selanjutnya adalah bisnis pertanian. Sesuai dengan namanya, bisnis yang satu ini mencoba untuk memproduksi sebuah barang yang berkaitan langsung dengan tanaman.

Bisnis pertanian menjadi salah satu bisnis yang akan terus ada dan berkembang karena makanan mentah tumbuhan selalu dibutuhkan. Jenis bisnis yang selanjutnya adalah bisnis manufaktur. Bisnis manufaktur di sini memanfaatkan barang mentah ataupun beberapa komponen yang kemudian diolah.

Dari pengolahan tersebut dapat dibentuk sesuai dengan keinginan dan dijual kembali untuk mendapatkan sebuah provit. Contoh dari bisnis manufaktur di sini adalah memproduksi barang berupa pipa, mobil dan lain-lain. Bisnis yang satu ini dilakukan tentunya menggunakan modal yang besar.

Jenis bisnis selanjutnya adalah bisnis jasa. Bisnis jasa merupakan sebuah bisnis yang dapat dilakukan oleh beberapa orang untuk mendapatkan keuntungan dari apa yang telah diberikan. Jadi bisnis jasa memberikan upah kepada seseorang yang telah bekerja dalam peraturan yang tersedia.

Beberapa contoh dari bisnis jasa di sini sangatlah banyak. Seperti halnya adalah jasa pembuatan desain, jasa psikolog serta jasa konsultan yang bisa digunakan. Selain itu terdapat bisnis informasi. Bisnis informasi dapat dilakukan dan mendapatkan keuntungan dari apa yang telah dikerjakan.

Sebuah bisnis informasi dapat memperoleh profit ataupun keuntungan dari sebuah penjualan kembali properti secara intelektual. Selanjutnya adalah bisnis utilitas. Bisnis utilitas merupakan sebuah bisnis yang dimana memperoleh keuntungan dari pengoperasian jasa publik ke orang yang membutuhkan.

Bisnis utilitas disini contohnya adalah listrik ataupun air yang dimana telah didanai dan disediakan oleh pemerintah pusat. Selain itu terdapat sebuah bisnis real estate. Dimana bisnis ini mendapat9 sebuah keuntungan dengan melakukan sebuah cara yakni menyewakan, mengembangkan menjual properti.

Jenis bisnis yang selanjutnya yakni bisnis pengecer atau bisa disebut dengan distributor. Bisnis yang satu ini memiliki keuntungan sebagai perantara untuk mengantarkan sebuah barang dari produsen ke konsumen. Biasanya bisnis yang satu ini dilakukan oleh beberapa toko yang membutuhkan.

Itulah beberapa hal mengenai definisi, pengertian bisnis, fungsi dan juga jenis-jenis bisnis yang bisa Anda ketahui. Sebuah bisnis akan berjalan dengan baik jika memiliki manajemen yang mendukung. Serta memiliki rencana yang matang untuk di realisasikan atau dikembangkan lebih baik lagi kedepannya nanti.

Sending
User Review
0 (0 votes)
3 Shares:

Ayo Komentari Artikel Ini