pengertian kerajnan

Pengertian Kerajinan Beserta Jenis dan Contohnya

Secara umum pengertian kerajinan adalah suatu hasil karya yang diciptakan oleh manusia berupa seni yang berwujud sebagai benda dan memiliki berbagai bentuk serta warna yang disukai oleh manusia.

Untuk memahami lebih detail tentang pengertian kerajinan, berikut ini pembahasan secara lengkapnya dimulai dari definisi kerajinan dari Kamus Besar Bahasa Indonesia sampai definisi menurut para ahli.

Pengertian Kerajinan Menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia)

pengertian kerajnan menurut kbbi
pixabay.com | Kamus

Kerajinan berasal dari kata dasar “rajin” yang merupakan kata sifat, setelah mendapatkan prefiks ke- dan sufiks -an menjadi sebuah kata benda kerajinan.

Dalam KBBI kerajinan memiliki beberapa makna, yaitu :

  1. Hal-hal rajin; kegiatan; kegigihan
    contoh: ‘kamu sangat unggul dalam hal kerajinan
  2. Benda yang dihasilkan dengan keterampilan tangan (seperti tembikar, anyaman, dan sebagainya)
    contoh: ‘Tembikar itu merupakan hasil kerajinan dari seniman Indonesia’
  3. Perusahaan (kecil) yang memproduksi barang-barang sederhana yang mengandung nilai seni;
    Contoh : kerajinan rumah tangga (usaha kecil-kecilan yang dikerjakan di rumah), kerajinan tangan (barang yang dihasilkan dari keterampilan tangan)

Pengertian Kerajinan Menurut Para Ahli

pengertian kerajnan menurut para ahli
pixabay.com | Seniman

Kerajinan merupakan salah satu kekayaan yang dimiliki Negara Indonesia. Banyak kerajinan yang dimiliki Indonesia seperti kerajinan bambu, kerajinan plastik, kerajinan kulit, kerajinan kayu, kerajinan logam, kerajinan batik, kerajinan rotan, dan masih banyak lagi kerajinan lainnya.

Nama lain dari Kerajinan adalah Seni Kriya yang bisa kamu baca detailnya dalam pembahasan seni kriya. Banyak maestro seni di Indonesia yang memiliki definisi masing-masing terhadap kerajinan.

Pendapat Para Ahli Seni

Berikut beberapa pengertian kerajinan menurut para ahli:

  1. Kusnadi (1986: 11)
    Kerajinan Secara harfiahnya dilahirkan dari sifat rajin dari manusia. Selain itu dikatakan bahwa titik berat penghasilan atau pembuatan seni kerajinan bukanlah karena sifat rajin tetapi muncul dari sifat terampil manusia dalam menghasilkan suatu produk kerajinan.
  2. Wiyadi (1991: 95)
    Kerajinan adalah segala aktivitas dalam dunia industri atau pembuatan barang secara penuh dikerjakan oleh sifat rajin, terampil, ulet dan kreatif dalam upaya pencapaiannya.
  3. Suprapto (1985: 16)
    Kerajinan merupakan kerajinan tangan yang membuahkan barang-barang bernilai seni, maka dalam proses pembuatannya disertai dengan rasa keindahan serta dengan ide-ide yang murni sehingga menghasilkan produk yang berkualitas mempunyai bentuk yang indah dan menarik.
  4. Sumintarsih (dalam Isyanti 2003: 17)
    Kerajinan adalah budaya bangsa Indonesia yang sudah ada semenjak nenek moyang yang tercipta karena adanya kecenderungan manusia untuk mempertahankan hidupnya, sehingga lama kelamaan manusia membuat alat-alat kebutuhan sehari-hari, seperti alat pertanian, alat berburu dan berperang, peralatan rumah tangga, dan peralatan memasak.
  5. Prof. Dr. I Made Bandem (2002)
    “Kriya” dalam bahasa Indonesia berarti pekerjaan tangan (ketrampilan tangan). Dalam bahasa Inggris disebut “craft” berarti kekuatan atau energi. Pada realitanya bahwa seni kriya sering dimaksudkan sebagai karya yang dihasilkan karena skill atau ketrampilan tangan seseorang.
  6. Prof. SP. Gustami (2002)
    Seni kriya merupakan warisan seni budaya yang adi luhung, yang pada masa kerajaan di Jawa mendapat tempat lebih tinggi dari kerajinan.
    Seni kriya dinikmati oleh kalangan bangsawan dan masyarakat elite, sedangkan kerajinan didukung oleh masyarakat umum atau kawulo alit, yakni masyarakat yang hidup di luar tembok keraton.
  7. Timbul Haryono (2002)
    Kerajinan adalah membuat sesuatu untuk menghasilkan benda atau obyek yang bernilai seni.
  8. Kadjim (2011: 10)
    Kerajinan merupakan suatu usaha yang dikerjakan secara terus menerus dengan penuh semangat ketekunan, kecekatan, kegigihan, berdedikasi tinggi, dan berdaya maju yang luas dalam melakukan suatu karya.

Pengertian Kerajinan Menurut Wikipedia

pengertian kerajnan menurut wikipedia
pixabay.com | Wikipedia

Dari pengertian yang dikutip dari Wikipedia, Kerajinan memiliki arti,

“Kegiatan seni yang menitik-beratkan kepada keterampilan tangan dan fungsi untuk mengolah bahan baku yang sering ditemukan di lingkungan menjadi benda-benda yang tidak hanya bernilai pakai, tetapi juga bernilai estetis”

Wikipedia

Kerajinan dapat “memanfaatkan” banyak pengetahuan dan teknik dari seni lainnya seperti cara mematung atau mengukir untuk menghasilkan produk.

Namun tidak terlalu berfokus terhadap kepuasan emosi tentang estetika misalnya pada seni lukis dan patung. Kerajinan atau Kriya lebih cenderung kepada tradisi daripada penemuan seni baru yang sering ditemukan secara individu oleh seorang seniman.

Kerajinan bisa berupa karya dari tanah, batu, kain, logam ataupun kayu.

Pengertian Kerajinan Secara Umum

Dari berbagai sumber dan tokoh seni diatas, dapat disimpulkan bahwa pengertian Kerajinan secara umum adalah salah satu cabang seni yang proses pembuatannya lebih menakankan terhadap keterampilan tangan manusia.

Seni kerajinan dapat dianggap sebagai seni yang spesial, unik dan berkualias tinggi yang sampai saat ini berkembang secara pesat dengan berbagai karya baru.

Seni kerajinan dibuat menyesuaikan terhadap keadaan yang medesak dan dapat dibuat sepraktis mungkin menggunakan bahan dasar yang tersedia di lingkungan kita sehaari-hari.

Macam-macam Kerajinan

macam-macam kerajinan tangan
pixabay.com

Kerajinan memiliki bermacam-macam jenis serta fungsi masing-masing yang berbeda-beda. Hal ini harus senantiasa dilestarikan karena memiliki nilai seni yang berkualitas.

Berikut adalah macam macam kerajinan yang bisa dijadikan landasan untuk memulai usaha terkait barang-barang kerajinan yang bernilai jual tinggi.

1. Kerajinan Tangan

macam-macam kerajinan anyaman

pixabay.com

Dalam kerajinan tentunya ada yang namanya kerajinan tangan dimana pengertian kerajinan tangan merupakan kerajinan yang memprioritaskan kreatifitas dan keterampilan tangan dengan membuat suatu karya. Ada banyak jenis-jenis kerajinan tangan diantaranya bordir, renda, seni lipat, dan anyaman.

Banyak hasil karya dari kerajinan tangan yang dibuat oleh para seniman yang telah berhasil dan mampu menjual karyanya yang bagus dengan nilai jual tinggi.

Bahkan karyanya yang dimanfaatkan sebagai hiasan rumah yang terbuat dari barang bekas yang didaur ulang dan dibentuk sedemikian rupa sehingga jadilah kerajinan tangan yang indah.

2. Kerajinan Anyaman

macam-macam kerajinan dari wol

pixabay.com

Salah satu tempat di Indonesia yang merupakan pennghasil anyaman yang terkenal adalah Lombok. Anyaman dari Lombok memiliki bahan baku yang beragam mulai dari bambu, rotan, ate atau sejenis rumput yang berasal dari pegunungan.

Selain dari bahan baku diatas anyaman dari Lombok juga mengkombinasikannya dengan pewarna alami yang sangat menarik dan serasi. Pewarnanya dari bahan baku alam seperti dedaunan dan rerumputan sehingga menciptakan keindahan yang bernilai tinggi.

3. Kerajinan Keramik

macam-macam kerajinan

pixabay.com

Dirumah kita pasti tidak akan lepas dari yang namanya keramik dari mulai lantai, tempat air, tembok, peralatan dapur, bahkan hiasan rumah semuanya hampir ada unsur keramiknya.

Namun dalam hal karya seni, Kerajinan Keramik lebih kepada hiasan seperti guci dan kendi yang terbuat dari tanah liat. Keramik dibuat melalui proses pembakaran dari bahan bangunan. Teknologi pembakaran ini bisa mengghasilkan genteng, porselin dan juga grabah yang bermanfaat untuk kebutuhan sehari-hari.

Beragam Contoh Produk Kerajinan

Kerajinan memiliki dua fungsi yaitu fungsi kegunaan dan fungsi keindahan, fungsi kegunaan adalah produk kerajinan yang dibuat untuk bisa dimanfaatkan dalam kehidupan sehari-hari seperti genteng dan kendi air.

Sedangkan fungsi keindahan adalah produk kerajinan yang dibuat untuk digunakan sebagai hiasan untuk memperindah ruangan atau lingkungan.

Dalam pembuatan kerajinanpun ada kerajinan yang terbuat dari bahan lunak dan ada yang terbuat dari bahan keras, karena itu perlu dipahami secara mendalam tentang pengertian kerajinan bahan lunak dan pengertian kerajinan bahan keras.

Berikut ini aneka contoh kerajinan dan kegunaannya:

Kerajinan dari Tanah Liat

Kerajinan tanah liat juga merupakan kerajinan keramik yang dalam pembuatannya melewati beberapa proses yang panjang diantaranya adalah dipijit, dipilin, butsir, pembakaran dan glasir.

Sehingga melalui proses-proses tersebut bisa menghasilkan sebuah karya yang bisa dipakai dan sebagai hiasan.

Contoh kerajinan dari tanah liat atau kerajinan keramik:

  • Gerabah
  • Vas bunga
  • Guci
  • Piring
  • Gelas, dll

Kerajinan Serat Alam

Serat alam juga bisa dimanfaatkan sebagai bahan dasar suatu kerajinan. Berbagai jenis kerajinan yang dapat dihasilkan menggunakan bahan-bahan dari serat alam. Contohnya,

  • Dompet / tas,
  • Tempat lampu,
  • Alas meja,
  • Topi,
  • dan lain-lain.
    Sebagian besar kerajinan dari serat alam  dalam proses pembuatannya menggunakan teknik anyaman.

Kerajinan Kulit

Biasanya ketika musim kurban tiba, banyak kulit-kulit hewan kurban seperti kambing dan sapi yang dijual untuk dijadikan salah satu kerajinan.

Selain kambing dan sapi ada juga kulit dari hewan lain yang bisa digunakan seperti kulit buaya, ular, dan rusa. Namun ada juga kerajinan yang menggunakan bahan dasar kulit sintetis.

Berikut ini contoh hasil karya dari kerajinan dari kulit yang berfungsi sebagai alat,

  • tas / dompet,
  • jaket,
  • sepatu,
  • wayang,
  • dan lain sebagainya.

Kerajinan Sabun

Mungkin kamu akan bertanya-tanya bagaimana bisa sabun dibuat sebagai salah satu kerajinan. Tentu saja bukan sabun cair ya, yang sering digunakan sebagai bahan kerajinan adalah sabun batang.

Ada dua cara untuk bisa membuat sabun menjadi kerajinan,

Cara pertama dengan mengukir sabun menjadi berbagai macam bentuk seperti: buah-buahan, binatang, benda-benda mati yang unik, dan lain sebagainya.

Cara kedua dengan memarut sabun hingga menjadi bubuk kemudian dicampur dengan sagu atau tepung serta sedikit air. Setelah itu buat adonan baru seperti membuat mainan dari lilin malam.

Kerajinan dari sabun hanya bisa difungsikan sebagai hiasan, kecuali kalau kamu mau memakainya untuk mandi, tapi hasil karyanya akan hilang.

Kerajinan Lilin

Salah satu kerajinan yang cukup mudah dan sederhana untuk dibuat adalah lilin, hampir semua orang dapat membuatnya karena lilin berbahan lunak sehingga cukup memahami pengertian kerajinan bahan lunak, maka sudah bisa membuat kerajinan dari lilin. Prosesnya mudah cukup lelehkan atau cairkan lilin tersebut lalu bentuk lilin sesuai dengan apa yang kamu suka.

Kerajinan Tekstil

Kerajinan tekstil merupakan kerajinan yang dibuat dari bahan tekstil sebagai bahan utamanya. Tekstil sendiri merupakan benang atau kain yang berasal dari serat yang diolah.

Dari olahan tekstil tersebut bisa dirubah menjadi salah satu bahan utama dalam pembuatan busana dan berbagai macam produk meliputi produk kain, benang, serat, pakaian, dan berbagai macam jenis benda yang terbuat dari serat.

Dikelompokkan berdasarkan jenisnya bahan tekstil terdiri dari: Serat filament, serat staple, kain, benang, produk jadi seperti kerajinan-kerajinan dan pakaian-pakaian, dll.

Berdasarkan bahan pembuatannya yaitu: serat sintetis, serat alam, dan serat campuran.

Berdasarkan jenis motif dan warnanya yaitu: bergambar atau bermotif, berwarna dan putih.

Berdasarkan jenis teknik pembuatannya yaitu: rajut, kempa, tenun, renda, benang gintir, benang tunggal.


Itulah sebagian penjelasan tentang pengertian kerajinan dan berbagai macam dan contohnya yang memiliki manfaat masing-masing dalam kehidupan sehari-hari. Masih ada banyak lagi contoh kerajinan seperti pada artikel macam-macam kerajinan dari barang bekas.

Mari bantu melestarikan budaya dan Kerajinan bangsa ini dengan mengapresisasi para seniman di nusantara.

See you on next article . . . . 😀

Ayo Komentari Artikel Ini