memilih kebiasaan baik

Pengertian Seni Rupa 2 Dimensi Dan Beragam Contohnya

Dunia seni memang sangat identik dengan keindahan dan kebahagiaan. Karena itulah banyak yang mengaguminya. Salah satu jenis karya seni yang simple dan banyak di jumpai sejauh ini adalah seni rupa. Seni rupa tersebut, berdasarkan bentuknya adakalanya 2 dimensi dan tiga dimensi. Dalam hal ini mengenal pengertian seni rupa 2 dimensi cukup penting.  

Seni rupa 2 dimensi ini sangat mudah di jumpai. Tidak hanya di pameran seni, namun juga di beberapa wilayah yang bahkan tidak ada event seninya sama sekali. Baik untuk jenis seni rupa dua dimensi yang murni maupun yang terapan. Hal ini menunjukkan bahwa ketertarikan masyarakat terhadap seni pun cukup besar.

Sekilas Wawasan Tentang Seni Rupa 2 Dimensi

lukisan van gogh

Berbicara lebih jauh tentang seni rupa, khususnya yang dua dimensi, sebagaimana namanya, seni rupa ini hanya dapat dinikmati sebagaimana karya dua dimensi serupa.

Sedangkan pengertian seni rupa dua dimensi selebihnya adalah seni rupa yang di batasi oleh dua sisi saja. Dengan demikian, artinya seni rupa dua dimensi tidak memiliki ruang sebagaimana yang tiga dimensi.

Mengingat akan perbedaan mendasar dari bentuknya, tentu saja dalam pembuatannya seni rupa dua dimensi ini berbeda dari yang tiga dimensi.

Namun, tetap saja ada beberapa teknik yang bisa di gunakan dimana pilihannya tergantung pada bentuk seni rupa yang bagaimana yang akan di wujudkan.

Diantara teknik pembuatan seni rupa dua dimensi ini adalah teknik plakat dengan melukis menggunakan cat tidak cair.  Teknik lainnya adalah teknik transparan dengan lukisan menggunakan cat cair.

Teknik kolase dengan melukis yang realis atau abstrak dimana pembuatannya dari potongan kertas kecil-kecil yang kemudian di tempel.

Selain itu, untuk menghasilkan karya seni dua dimensi, bisa juga dengan menggunakan teknik 3 M, yakni merekat, menggunting dan menempel.

Teknik di luar beberapa teknik diatas diantaranya adalah dengan linear, block, arsir, mozaik, menganyam, dussel, aquarel dan masih banyak lagi.

Unsur-Unsur Seni Rupa 2 Dimensi

pengertian seni rupa 2 dimensi
pixabay.com

Setiap seni rupa memiliki unsurnya masing-masing. Secara umum, ada banyak unsur seni rupa yang di temui. Namun, tidak semuanya masuk dalam unsur seni rupa dua dimensi.

Salah satunya, sesuai dengan pengertian seni rupa dua dimensi yang hanya dibatasi dua sisi, maka unsur seni rupa berupa ruang tidak di temukan disini kecuali ruangan dari luas antara dua sisi tersebut.

Sedangkan daftar unsur seni rupa yang satu ini diantaranya adalah titik dan garis. Sebagai dua hal pokok sebagai dasar wujud dari seni rupa, tentu saja titik dan garis tidak boleh ketinggalan disini.

Unsur selanjutnya yang juga penting adalah bidang dan bentuk. Selain itu ditemui pula adanya tekstur, baik yang nyata maupun yang semu.

Dalam karya seni rupa dua dimensi, ada juga unsur warna yang terbagi dalam beberapa macam. Diantaranya adalah warna primer, sekunder, tersier, analogus dan komplementer.

Terakhir, terdapat pula unsur gelap terang untuk memberikan kesan hidup dan unsur kedalaman.

Media Pembuatan Karya Seni Rupa 2 Dimensi

Sebelum masuk dalam pembahasan contoh seni rupa 2 dimensi, terlebih dahulu harus di ketahui bahwa ada beberapa media yang bisa di manfaatkan dalam pembuatan karya seni rupa.

Media yang bisa dipilih, tergantung pada kebutuhan dan pemahaman pengertian seni rupa dua dimensi. Jadi, tinggal di sesuaikan dengan bentuk seni rupa yang akan di buat nantinya.

1. Pensil Dan Pena

pensil dan pena
pixabay.com

Pertama, untuk menciptakan karya seni rupa 2 dimensi, maka pasti membutuhkan pensil dan pena. Entah untuk menggambar konsep maupun sketsanya.

Kecuali sudah benar-benar ahli, maka tidak masalah meninggalkan keduanya. Selain itu pensil warna pun disini juga sangat penting, khususnya untuk jenis di atas kertas yang tidak bisa tampak menarik tanpa adanya warna.

2. Cat

cat
pixabay.com

Salah satu contoh karya seni rupa ini berdasarkan pengertian seni rupa 2 dimensi di atas adalah lukisan. Nah, ketika akan melukis, maka salah satu aspek penting yang di butuhkan adalah cat.

Namun, cat ini sendiri juga perlu di pilih lagi. Yakni ingin menggunakan cat air atau cat minyak. Dalam aplikasinya tetap saja kembali pada kebutuhan masing-masing.

3. Kanvas, Kuas Dan Palet

kanvas, kuas dan palet
pixabay.com

Masih berbicara mengenai teknik dengan melukis, media lain yang tidak boleh ketinggalan adalah kanvas sebagai dasar lukisannya. Selain itu, untuk membantu mengaplikasikan cat, baik air maupun minyak, Anda membutuhkan kuas sehingga bisa lebih rapi.

Terakhir, jangan lupa juga menyediakan palet sebagai tempat menuangkan cat sehingga warnanya lebih mudah di pisahkan.

4. Komputer

berbagai cara screenshot di laptop
Laptop | pixabay.com

Media lain yang bisa di gunakan dalam pembuatan karya seni rupa 2 dimensi adalah komputer. Saat ini sudah sangat marak pemanfaatan teknologi termasuk dalam dunia seni.

Sebenarnya komputer perkembangan konsep dari pengertian seni rupa dua dimensi bahkan, seseorang bisa berkarya lebih cepat, lebih mudah dan indah dengan memanfaatkannya. Salah satu contoh karya yang di maksud dengan media komputer ini adalah design grafis.

Daftar Contoh Seni Rupa Dua Dimensi

Setelah mengenal berbagai aspek penting terkait seni rupa dua dimensi, baik pengertian seni rupa 2 dimensi, media pembuatan karya maupun unsur-unsurnya, jangan sampai meninggalkan contohnya. Kali ini akan di ulas lebih jauh beberapa contoh dari karya seni rupa dua dimensi ini sebagaimana berikut.

1. Seni Lukis

lukisan van gogh

Seni rupa 2 dimensi yang sangat populer disini adalah seni lukis. Seni lukis selain mendatangkan keindahan tersendiri, dalam pembuatannya juga membutuhkan keahlian khusus. Seni lukis sendiri terdiri dalam beberapa kategori sesuai aliran seni rupa 2 dimensi yang di anut oleh senimannya.

2. Seni Grafis

kepala rusa
pixabay.com

Sebagaimana telah di singgung, seni grafis saat ini sudah sangat populer. Penggunaannya dalam dunia seni rupa dua dimensi juga sangat banyak diminati sehingga akan banyak di jumpai keberadaan seni grafis ini sebagai salah satu contoh dari seni rupa yang dua dimensi.

3. Seni Ilustrasi

melukis tembok
Photo by Aman Bhargava on Unsplash

Seni Ilustrasi yang merupakan salah satu jenis seni rupa terapan juga di jumpai sebagai contoh karya seni rupa 2 dimensi. Seni ilustrasi ini pada umumnya menggambarkan sebuah keadaan  yang sedang di ceritakan. Tentu saja dengan tujuan untuk komunikasi maupun mengungkapkan perasaan sang seniman.

4. Fotografi

memotret
Photo by Jakob Owens on Unsplash

Fotografi saat ini juga semakin berkembang saja. Dengan nilai keindahannya yang tinggi, seni fotografi ini masuk dalam salah satu daftar contoh karya seni dengan bentuk dua dimensi. Seni sangat mudah di jumpai. Apalagi jika mengingat semakin hari terus bermunculan para fotografer handal.

5. Kaligrafi

kaligrafi
pixabay.com

Terakhir, seni rupa dua dimensi ini juga hadir dalam bentuk kaligrafi. Kaligrafi adalah salah satu bentuk seni yang berasal dari tulisan Al-Quran dan di bentuk sedemikian rupa sehingga tampak indah. Namun, seni kaligrafi menggunakan kaidah tertentu sesuai panduan yang di ikuti.


Beberapa contoh diatas hanya sebagian dari wujud karya seni rupa yang ada di berbagai penjuru yang menginterpretasikan pengertian seni rupa 2 dimensi. Selain itu masih banyak bentuk lain yang bisa di jumpai. Namun, setidaknya contoh di atas bisa memberikan gambaran bagaimana sebenarnya wujud dari karya seni rupa dua dimensi ini.

Ayo Komentari Artikel Ini