cara instal windows 7

Panduan Cara Instal Windows 7 Lengkap Dan Mudah

Komputer maupun laptop menawarkan banyak fungsi menarik bagi setiap pengguna. Dalam sistem kerjanya, komputer sendiri di lengkapi dengan sistem operasi dimana saat ini windows banyak sekali menjadi rujukan terbaik. Sedangkan varian windows pun tersedia cukup beragam dan windows 7 adalah salah satunya. Namun, tidak semua orang mengetahui cara instal windows 7 yang tepat.

Sejauh ini, windows 7 menjadi salah satu versi yang sangat diminati. Mengingat akan hal itu, untuk menghindari harus merujuk ke salah satu jasa untuk menginstal windows 7 Anda, tentu cukup menarik jika bisa menginstal sendiri.

Untuk itu, mengenal langkah-langkah dalam instalasi ini menjadi sangat penting dan berikut beberapa ulasan terkaitnya yang bisa Anda simak.

Persiapan Sebelum Instalasi Windows 7

Sebelum melakukan instalasi windows 7, ada beberapa persiapan yang harus di lakukan.

Persiapan ini meliputi pengamanan data di laptop atau komputer sendiri, maupun persiapan beberapa alat bantu.

Lalu, persiapan apa saja yang harus di lakukan? Lihat dalam daftar di bawah ini.

1. DVD Windows 7 / Flashdisk

media instalasi windows 10
pixabay.com

Sebelum melakukan penginstalan, terlebih dahulu Anda perlu menyiapkan DVD Windows 7 ini jika Anda akan menginstal menggunakan DVD.

Nah, selain DVD, khususnya juga untuk laptop yang tidak bisa di pasangi DVD, maka bisa menggunakan flasdisk yang sudah berisi sistem operasi ini sebagai pengganti dari DVD tersebut.

2. Backup Data Penting Anda

Backup Computer Key In Blue For Archiving And Storage
blog.dogrubilisim.com

Dalam rangka pengamanan perangkat Anda, jangan lupa melakukan backup terlebih dahulu terhadap data-data penting.

Biasanya, instal windows ini akan menghilangkan data-data, khususnya yang berada di drive C.

Oleh sebab itu, sebagai antisipasi, maka mengamankannya terlebih dahulu jauh lebih baik.

3. Siapkan Charger Jika Yang Di Instal Adalah Laptop

Siapkan charger laptop untuk instal ulang
Photo by rawpixel on Unsplash

Bagi yang sedang mengaplikasikan cara instal windows 7 untuk laptop, maka jangan lupa mempersiapkan chargernya sekalian.

Hal ini untuk menghindari posisi laptop yang kehabisan daya saat proses instalasi karena itu cukuk buruk untuk kondisi laptop Anda sendiri.

Masuk ke Bios Terlebih Dahulu

boot option bios

Setelah mengenal beberapa persiapan penting yang memang harus di lakukan sebelum proses instalasi, kini saatnya mulai mempelajari langkah langkah menginstal Windows 7.

Proses tersebut sebenarnya cukup simpel dan tidak akan begitu sulit di lakukan. Hanya saja membutuhkan langkah yang benar sehingga lebih maksimal.

Meski demikian, sebelum masuk pada langkah inti instalasi windows 7, jangan lupa untuk masuk ke bios terlebih dahulu.

Setelah memastikan bahwa DVD maupun flashdisk yang akan di gunakan sudah menancap.

Jika sudah berhasil masuk ke BIOS silahkan langsung menuju ke menu boot dan memilih lokasi instalasinya sebgaai boot device yang pertama.

Jadi, disini bisa memilih antara DVD atau flashdisk.

Langkah-Langkah Dalam Proses Instal Windows 7

Ketika booting sudah berhasil, kini tinggal melanjutkan ke beberapa langkah inti dari penginstalan windows 7 tersebut.

Baik cara instal windows 7 dengan flashdisk maupun dengan DVD. Nah, berikut daftar langkah lebih lanjutnya.

  1. Setelah proses booting, langsung tekan tombol mana saja sehingga instalasi bisa dimulai “Press any key“.
  2. Ketika proses akan berjalan, Anda akan diminta memasukkan pilihan bahasa dan silahkan pilih Indonesian time and currency format. Sedangkan pada kolom language to instal silahkan dibiarkan default saja, lalu tekan next.
  3. Kini saatnya memulai proses instalasi Anda dan silahkan tekan instal now untuk memulainya. Kemudian centang kolom i accepted the license terms dan tekan next lagi.
  4. Selanjutnya akan ada beberapa pilihan yang harus di pilih. Diantaranya adalah upgrade dan custom. Disini silahkan Anda pilih yang custom dalam cara instal windows 7.
  5. Untuk penginstalan pertama kali, layar selanjutnya bisa di tinggalkan saja. Namun, perlu di isi untuk yang sedang melakukan instal ulang dan akan di jelaskan pada poin berikutnya.
  6. Langkah berikutnya, kini saatnya membuat ruang hardisk dengan memilih drive options (advanced) lalu pilih new dan tentukan ukurannya. Jika sudah selesai, bisa langsung pilih apply.
  7. Selanjutnya, pilih ok dalam rangka pembuaan sistem files windows.
  8. Berikutnya, Anda bisa membuat dua partisi secara otomatis dimana partisi ini akan menjadi disk 0 partition 2 dan partisi ini akan di pilih sebagai lokasi instalasi lalu pilih next. Meskipun banyak pilihan lokasi instalasi, namun untuk yang satu ini lebih recommended.
  9. Nah, kini proses instalasi akan berjalan dalam beberapa waktu. biasanya akan memakan 20 menit atau bahkan lebih. Dalam proses tersebut perangkat pun akan restart dengan sendirinya beberapa kali. Namun, pastikan tidak menekan tombol apapun selama proses tersebut agar Anda tidak harus memulai prosesnya dari awal lagi.
  10. Ketika proses sudah selesai, Anda akan diminat mengisi beberapa hal dan setting pengaturan perangkat. Mulai dari password, product key wondows 7, pengaturan waktu dan lain sebagainya. Setelah pengisian data ini selesai, maka usai sudah panduan proses instal windows 7 ini.

Mengenal Tentang Instal Ulang Windows 7 Dan Caranya

Paparan yang sudah diberikan di atas merupakan cara instal windows 7 bagi yang baru pertama kali melakukan instalasi.

Lalu, bagaimana untuk proses instal ulang? Dalam hal ini ada beberapa pilihan yang bisa menjadi rujukan Anda.

Namun, masing-masing memiliki karakteristik berbeda sehingga harus jeli akan memilih yang mana. Sedangkan diantaranya adalah sebagai berikut.

1. Menggunakan Update

makeuseof.com

Bagi yang sudah menggunakan Windows 7, salah satu cara yang bisa di tempuh untuk mengatasi beberapa masalah adalah dengan update.

Akan tetapi, update ini bukanlah cara instal ulang windows 7 sebagaimana yang mungkin Anda bayangkan.

Peranannya adalah untuk mengganti file yang lama dengan yang baru sehingga penggunaan Windows sendiri akan lebih maksimal.

2. Menggunakan Upgrade

tombol upgrade windows
computers-uk.com

Hampir sama dengan update, upgrade ini juga belum masuk tahapan instal ulang. Akan tetapi lebih pada mengganti software yang lama dengan sofware yang baru.

Pada umumnya, setelah melakukan update tampilan dan fitur pada perangkat akan berubah. Sedangkan untuk datanya sendiri, baik dalam update maupun upgrade akan aman-aman saja.

Instalasi upgrade akan merubah versi windows ke versi yang lebih baru, cara ini digunakan ketika ingin melakukan instal windows 10 dan instal windows 8.

3. Dengan Clean Instal

tombol clean windows
123rf.com

Nah, jika perangkat Anda mengalami masalah yang cukup berat, dalam hal ini clean instal adalah pilihan yang tepat.

Disini cara instal ulang laptop maupun komputer yang di lakukan menggunakan windows 7 sama dengan langkah instalasi yang sudah di sebutkan sebelumnya.

Hanya saja, Anda perlu delete disk 0 partition 2 dan disk 0 partition 1 untuk menghapus data di Drive C dan system reserved.


Usai sudah panduan cara instal windows 7, baik yang masih pertama kali maupun instal ulangnya untuk Anda.

Dalam prosesnya pastikan Anda melakukannya dengan teliti sehingga berbagai proses tersebut pun berjalan dengan lancar.

Yang paling penting adalah, jika Anda menginstal ulang, maka usahakan membackup data terlebih dulu agar data anda aman.

Ayo Komentari Artikel Ini