Langkah Cepat Dalam Cara Instal Windows 8 Untuk Pemula

cara instal windows 8
tekno.kompas.com

Windows saat ini menjadi salah satu sistem operasi yang menguasai pasar. Mayoritas PC memang lebih memilih windows untuk mendukung beragam ativitasnya. Sedangkan dari jenis windows sendiri, ada banyak versi yang akan ditemui. Salah satunya adalah windows 8 yang cukup banyak pula di pilih. Hal ini membuat cara instal windows 8 banyak di pelajari penggunanya.

Jika Anda salah satu dari pengguna versi windows ini, instalasi dari windows tersebut bisa di lakukan sendiri. Bahkan, dalam waktu yang terbilang singkat sehingga lebih mudah, hemat dan menguntungkan.

Lalu, apa saja proses yang harus di lakukan?

Nah, untuk mengenal tentangnya secara lebih detail, langsung saja simak ulasan berikut.

Persiapan Sebelum Instalasi Windows 8

alat dan bahan instalasi windows 10
pixabay.com | Periperal Komputer

Sebagaimana di lakukan dalam instalasi beberapa versi windows lainnya, dalam cara instal windows 8 pun Anda perlu melakukan persiapan terlebih dahulu.

Dengan persiapan yang matang, maka instalasi tersebut bisa di lakukan dengan lebih maksimal lagi. Sedangkan beberapa hal yang harus di lakukan dalam tahap persiapan ini adalah sebagai berikut.

1. Pastikan Versi Perangkat Mendukung

membuat website
pixabay.com

Tidak dapat di pungkiri jika adakalanya beberapa spesifikasi yang kurang mendukung tidak dapat digunakan untuk instalasi windows 8.

Oleh karena itu, disini sangat penting bagi Anda untuk memastikan spesifikasi baik dari laptop maupun komputer sehingga tidak akan mengecewakan.

Namun, untuk perangkat yang keluar akhir-akhir ini, mayoritas sudah support untuk windows 8.

2. Siapkan Media Instalasi

media instalasi windows 10
pixabay.com

Untuk melakukan instalasi, maka Anda memerlukan yang namanya CD maupun flashdik. CD atau flashdisk tersebut adalah yang berisikan file dari windows 8 ini.

Karena beberapa laptop atau notebook tidak support DVD room, maka flashdisk akan menjadi alternatifnya.

Namun, usahakan flashdisknya bukan yang berisi data penting karena semua data akan hilang setelah digunakan.

Bagi Anda yang menggunakan flashdisk dalam instalasi, maka perlu menyiapkan flashdisk tersebut dengan baik.

Ada beberapa software yang bisa di gunakan untuk transfer ISO windows ke flashdisk tersebut.

Diantaranya adalah Rufus dan Wintoflash. Jadi, sebelum melakukan transfer di salah satu perangkat, Anda perlu memilikinya terlebih dahulu.

3. Jangan Lupa Backup Data untuk Proses Instal Ulang

Backup Computer Key In Blue For Archiving And Storage
blog.dogrubilisim.com

Nah, bagi yang ingin instal windows 8 di laptop yang sebelumnya sudah di gunakan, jangan lupa melakukan backup data-data penting.

Apalagi untuk file yang berada di data C. Hal ini sangat penting untuk menghindari kehilangan data-data penting Anda.

4. Pastikan Charger untuk Laptop Sudah Siap

Siapkan charger laptop untuk instal ulang
Photo by rawpixel on Unsplash

Dalam serangkaian proses cara instal windows 8, tentu saja akan memakan waktu cukup banyak.

Bahkan, bukan hanya waktu, daya dari perangkat pun juga akan menipis. Oleh karenanya, jika Anda akan menginstal windows 8 di laptop, pastikan sudah menyiapkan charger.

Jangan sampai laptop kehabisan daya karena itu akan menimbulkan efek cukup berbahaya untuk perangkat Anda.

5. Beberapa Aspek Persiapan Lainnya

cara membuat bootable flashdisk
pixabay.com | USB Flashdrive

Selain beberapa persiapan di atas, jangan lupa mempersiapkan pula beberapa hal lain. Diantaranya seperti mengenal lebih jauh spesifikasi komputer anda seperti tipe processor baik 32-bit maupun 64-bit.

Anda bisa mengetahui caranya melalui artikel cara melihat spesifikasi komputer atau laptop.

Jangan lupa juga untuk menyiapkan driver windows sehingga kerja windows 8 pun lebih maksimal. Disarankan pula disini agar Anda menyiapkan program lain yang di butuhkan sehingga bisa sekalian di instal.

Langkah-Langkah Instalasi Yang Harus Di Ikuti

identifikasi komputer
pngtree.com

Ada beberapa langkah instalasi dalam rangkaian cara instal windows 8 yang harus Anda kenali. Sebenarnya caranya hampir sama dengan cara instal windows 7 ataupun cara instal windows 10.

Mulai dari tahap awal, penginstalan, hingga tahap akhir berupa pengisian data terkait perangkat Anda.

Kali ini, Anda bisa mempelajari lebih jauh serangkaian proses tersebut sebagaimana di bahas dalam daftar berikut ini.

  1. Langkah pertama yang harus di lakukan disini adalah menyalakan laptop. Setelah itu langsung saja masuk ke BIOS dengan menekan tombol Del. Atau adakalanya mungkin beberapa merk menggunakan tombol F2.
  2. Setelah di menu BIOS ini yang perlu Anda cari adalah boot. Sedangkan tujuannya adalah untuk mengatur boot pertamanya sudah DVD atau flashdisk. Tergantung dengan apa yang Anda gunakan dalam instalasi tersebut, kamu bisa menggunakan bootable flasdisk untuk melakukan instalasinya.
  3. Ketika pengaturan boot selesai, bisa langsung menuju ke pilihan save and restart. Kemudian, untuk memulai proses instalasi Anda, langsung saja tekan enter.
  4. Ketika muncul kolom bahasa dan persetujuan, pilih saja bahasanya English lalu klik next. Setelahnya Anda akan di minta konfirmasi dengan menekan install now.
  5. Masih belum mulai proses instalasi, terlebih dahulu Anda akan di minta memasukan product key yang biasanya tertera pada bungkus DVD yang sudah di beli. Setelah itu konfirmasi lagi persetujuan Anda.
  6. Nah, untuk memastikan instalasi Anda benar-benar fresh, maka silahkan pilih custom advanced pada tahap cara instal windows 8 berikutnya.
  7. Sebelum instalasi di mulai, Anda harus mengatur partisi. Salah satu alasannya adalah untuk menentukan dimana instalasi ini akan di lakukan. Dalam tahap ini Anda bisa menghapus partisi lama dan menggantinya dengan yang baru. Sedangkan beberapa pilihannya adalah delete untuk menghapus, new untuk membuat yang baru dan format untuk pengaturannya.

Baca Juga  Cara Screenshoot di Laptop.

Mulai Instalasi Windows 8

  1. Setelah semua data di masukkan, kini saatnya proses instalasi windows 8 Anda akan berjalan. Nah, selama proses tersebut, jangan sampai melakukan ativitas apa pun pada perangkat agar instalasi berjalan sebagaimana seharunya. Jika terjadi kesalahan, Anda akan kembali melakukan proses ini dari awal.
  2. Ketika proses instalasi sudah berakhir, kini tinggal penyempurnaan saja. Dalam cara instal windows 8 tahap penyempurnaan, pertama Anda perlu pilih personalisasi untuk ibisa mengatur warna dasar sesuai pilihan hati.
  3. Selanjutnya, untuk mempercepat, pada bagian konfigurasi silahkan pilih express setting saja.
  4. Sebenarnya serangkaian instalasi diatas sudah selesai, namun kini Anda perlu memasukkan nama pengguna dengan pembuatan akun lokal. Kemudian silahkan tunggu prosesnya benar-benar berakhir setelah menyimpan.
  5. Nah, setelah muncul tampilan windows 8, maka serangkaian proses dalam cara instal windows 8 pun sudah selesai. Kini Anda bisa menggunakannya. Namun, beberapa aplikasinya mungkin hanya standart saja. Oleh karena itu, silahkan isi perangkat dengan beberapa aplikasi lain yang mungkin di butuhkan untuk sehari-hari.

Catatan Penting Setelah Instalasi Windows 8

peringatan cara instal windows 8
naturalproductsinsider.com

Sebagaimana telah di singgung, usahakan Anda sudah menyiapkan drive untuk di instal.

Beberapa drive yang sangat di sarankan untuk di instal setelah instalasi windows 8 ini adalah Graphics driver, Audio driver, dan Network driver yang sesuai merk masing-masing.

Termasuk untuk beberapa perangkat yang sudah terkonfigurasi dengan windows ini, instalasi driver tersebut harus dilakukan.

Setelah mempelajari lebih jauh proses instalasi tersebut, kini Anda pun bisa melakukannya sendiri dengan menerapkan cara instal windows 8 dengan cepat.

Pastikan dalam proses ini persiapan sudah di lakukan dengan maksimal. Selain itu, usahakan tetap berhati-hati sehingga tidak terjadi kesalahan yang bisa membahayakan perangkat Anda karena instalasi windows 8 berbeda dengan instalasi windows XP.

1 Shares:

Ayo Komentari Artikel Ini

You May Also Like