cara instal windows xp lengkap

Cara Instal Windows XP Cepat Dengan Rincian Langkah-Langkahnya

Penggunaan sistem operasi bagi PC memang menjadi hal wajib. Saat ini pun sistem operasi yang paling di minati di pasaran tentu saja adalah windows. Sedangkan versi untuk windows sendiri cukup banyak. Salah satunya adalah windows XP yang pasarannya pun cukup banyak di minati. Nah, untuk bisa menggunakannya, maka Anda perlu mengenal cara instal Windows XP yang tepat.

Tidak hanya masalah tepat atau tidak, dalam hal ini usahakan juga tidak mengulur waktu. Oleh karena itu Anda perlu melakukan persiapan sebaik mungkin pula.

Sedangkan untuk mengenal lebih jauh bagaimana saja langkah-langkah yang harus di lakukan dalam proses instalasi tersebut, silahkan simak ulasan di bawah ini.

Syarat Minimun Untuk Penginstalan Windows XP

membuat website
pixabay.com

Untuk bisa melakukan instalasi di windows XP, maka Anda perlu memenuhi syarat minimum bisa menggunakannya. Syarat tersebut diantaranya adalah

  • Usahakan komputer sudah memiliki Processor Intel Pentium 4 keatas.
  • Selain itu, di sarankan pula memorynya 512 MB keatas,
  • VGA minimal 128 MB.
  • Sedangkan drive C, paling tidak kapasitasnya lebih dari 30 GB dengan minimumnya 10 GB.

Berbeda dengan versi windows lainnya seperti instalasi windows 8 dan instalasi windows 10 yang membutuhkan spesifikasi minimum yang lebih tinggi dibandingkan windows XP.

Begitu juga instalasi windows 7 yang spesifikasi minimumnya hampir sama dengan windows xp.

Selain mengenali perangkat Anda sendiri, disini perlu juga mempersiapkan hal-hal yang memang di perlukan dalam proses instalasi. Diantaranya adalah memastikan bahwa Anda memiliki product key.

Pada umumnya, product key ini di sertakan dengan CD nya dengan wujud berupa kode yang jumlahnya ada 25 karatkter. Product key ini akan di gunakan selama proses instalasi jadi harus ada.

Beberapa persiapan di atas masuk dalam cara instal Windows XP yang paling awal. Ketika persiapan ini sudah di pastikan dengan baik maka instalasi bisa segera di lakukan.

Namun, pastikan juga Anda sudah ada CD untuk instalasi dan berisi file dari Windows XP ini. Sedangkan bagi yang melakukan instalasi di laptop, jangan lupa menyiapkan chargernya juga.

Langkah-langkah Instalasi Windows XP Di Perangkat Anda

pengertian jaringan komputer menurut para ahli
pixabay.com

Kini saatnya melakukan instalasi melalui proses yang cukup panjang. Instalasi yang di bahas kali ini akan merujuk pada proses instal windows XP bagi yang menginstal dari awal.

Nah, untuk langkah instalasi lebih lengkapnya adalah sebagai berikut.

  1. Pada langkah pertama, proses instalasi akan di mulai dari menyalakan komputer atau laptop Anda.
  2. Ketika sudah menyala, bisa langsung tekan DEL atau menekan F2 tergantung merek komputer atau laptopnya. Karena, tidak semua merek sama. Adakalanya juga beberapa merek menggunakan F1 atau Esc. Sedangkan hal ini di lakukan untuk memastikan booting windowsnya di mulai dari mana.
  3. Selanjutnya, Anda bisa masuk setup dan masuk ke setting booting pertama. Pastikan CD di arahkan ke booting pertama (first boot option) untuk instalasi menggunakan CD. Setelahnya Anda bisa keluar dari halaman tersebut, tapi jangan lupa menekan save. Biasanya untuk tanpilan masing-masing perangkat akan berbeda, namun pada intinya tujuan proses pun sama.

Mulai Instalasi

  1. Sebagaimana proses instalasi di versi lainnya, dalam daftar cara instal windows XP Anda bisa menekan tombol mana saja untuk mengawali instalasi tersebut dalam selang waktu 5 detik.
  2. Kemudian akan muncul halaman windows setup, dan disini Anda tidak perlu melakukan apa-apa. Barulah di halaman selanjutnya menekan enter. Kemudian bisa menekan F8 untuk melakukan proses instalasi.
  3. Langkah selanjutnya, disini Anda perlu melakukan pembersihan partisi pada perangkat dengan masuk ke halaman partisi. Biasanya setiap perangkat jumlahnya akan berbeda. Namun, yang pasti adalah Anda perlu melakukan pembersihan, khususnya di partisi C dengan delete lalu tekan L.
  4. Setelah pembersihan, saatnya membuat partisi baru dengan tekan enter lalu menekan C setelah mengarahkan kursor ke partisi yang ingin di instal. Nah, ketika ingin membuat partisi lain, caranya pun sama. Akan tetapi, karena D dan seterusnya pada umumnya berisi data-data penting, maka harus berhati-hati.
  5. Kemudian Anda perlu memasukkan angka untuk mengatur luasnya partisi C ini kemudian tekan enter. Selanjutnya proses instalasi akan berjalan secara otomatis dan Anda tinggal menunggu saja hingga proses restart maupun tahap penyempurnaan.
  6. Selama proses dalam cara instal windows XP di atas, jangan melakukan apa pun atau proses akan kembali ke awal lagi. Ketika prosesnya sudah selesai, selanjutnya Anda akan di minta memasukkan data-data untuk menyempurnakan proses instalasi tersebut.
  7. Data yang perlu di masukkan diantaranya adalah nama perangkat, product key, pengaturan waktu dan akan di lanjutkan dengan instalasi data-data tersebut.
  8. Setelah proses ini, Anda tinggal mengikuti petunjuk di layar perangkat saja. Terakhir, masukkan nama sesuai keinginan Anda, tekan next , lalu tekan finish dan proses instalasi pun sudah selesai. Kemudian, silahkan keluarkan CD Anda, dan restart ulang perangkat.

Instal Ulang Windows XP Menggunakan CD

Cara Instal Windows XP Cepat Dengan Rincian Langkah-Langkahnya 1

Untuk proses instal ulang Windows XP ini, langkah-langkahnya tidak jauh berbeda dari cara instal windows XP yang sudah di jabarkan diatas.

Hanya saja, mengingat bahwa perangkatnya sudah di gunakan sebelumnya, maka ada yang perlu di perhatikan, yakni untuk backup datanya.

Disini Anda perlu melakukan backup data penting terlebih dahulu untuk menghindari hal yang tidak di inginkan.

Setelah berhasil melakukan backup data, kini saatnya memasukkan CD ke perangkat Anda. Kemudian bisa langsung masuk ke setup dan lakukan langkah-langkah sebagaimana penginstalan yang sudah di paparkan.

Terakhir, Anda pun akan di minta memasukkan kembali data-data seperti nama komputer atau laptop, product key dan pengaturan-pengaturan dasar lainnya.

Instal Windows Tanpa Menggunakan CD

Berbicara mengenai cara instal windows XP, disini Anda pun bisa melakukan instalasi tanpa harus menggunakan CD.

Sedangkan daftar pilihannya ada dua yang bisa di aplikasikan. Yakni menggunakan partisi recovery dan menggunakan instalasi dari windows. Untuk keterangan lebih lanjutnya ada di bawah ini.

1. Melakukan Instalasi dari Partisi Recovery

Beberapa perusahaan komputer mengirim komputer yang sudah di lengkapi dengan prartisi recovery yang didalamnya ada file instalasi windows. Partisi ini bisa Anda manfaatkan juga.

Sedangkan untuk bisa mengaksesnya, tinggal boot saja ke partisi recovery. Pada umumnya, untuk masuk ke partisi ini perangkat menggunakan F11.

2. Melakukan Instalasi dari Windows

Selain itu, bisa juga melakukan instalasi dari windows. Untuk instalasi dari windows tersebut, Anda bisa menggunakan salah satu file yang bernama winnt32.exe.

Sedangkan untuk menemukannya, Anda bisa mencari di menu start. Ketika menjalankannya, Anda akan masuk ke setup windows. Selanjutnya, tinggal lakukan langkah instalasi. Dalam proses ini Anda akan memerlukan product key.


Cara instal windows XP di atas tentu saja bisa di lakukan dalam waktu yang sangat cepat. Bahkan, hanya beberapa menit saja sudah berhasil melakukan instalasi.

Namun, usahakan untuk memperhatikan langkah-langkahnya dengan baik sehingga proses berjalan dengan maksimal. Pastikan juga selama proses instalasi berjalan benar-benar tidak menekan apa pun.

Sending
User Review
0 (0 votes)

Ayo Komentari Artikel Ini