Informatika

Panduan Cara Update Driver Laptop Di Semua Versi Windows

Dalam beberapa panduan instalasi windows, mungkin Anda sering menemukan saran untuk menyiapkan driver laptop. Driver laptop ini merupakan salah satu aspek penting yang memang harus di perhatikan sehingga kinerja laptop pun bisa maksimal. Oleh karena itu, Anda perlu mempelajari lebih jauh baik cara instal maupun cara update driver laptop di semua versi Windows.

Berbicara mengenai cara update driver laptop, bagi Anda yang memiliki banyak perangkat atau mungkin sering mengalami masalah, tentu menjadi lebih penting.

Termasuk dalam rangka mengenal cara yang tepat dan bisa digunakan untuk semua versi windows. Nah, untuk memahami berbagai hal terkaitnya lebih lanjut, silahkan langsung simak ulasannya di bawah ini.

Pentingnya Melakukan Update Driver

peringatan cara instal windows 8
naturalproductsinsider.com

Mengapa update untuk driver laptop sangat penting? pertanyaan ini mungkin sekilas terbesit bagi Anda yang belum banya mengenal dunia PC.

Perlu diketahui bahwa driver ini adalah penghubung software dan hardware yang sama-sama berperan penting dalam fungsi laptop sendiri.

Ketika keduanya berjalan dengan baik, maka kondisi laptop pun akan semakin baik pula.

Nah, berkaitan dengan itu, tentu saja sebagai penghubung keduanya, driver laptop haruslah tetap up to date secara berkala. Jika sampai kadaluarsa, maka akan menghambat kinerja laptop secara umum.

Dengan demikian, update driver menjadi begitu penting dan harus di perhatikan. Semakin up to date driver laptop Anda tentu saja akan semakin baik pula untuk kinerjanya.

Update Driver Melalui Windows Update

tombol update windows
makeuseof.com

Cara yang sangat mudah di lakukan dalam rangka update driver laptop pertama adalah melalui windows update. Bahkan cara update driver laptop di semua versi windows hanya membutuhkan beberapa klik saja dan driver laptop sudah terupdate dengan sendirinya.

Dalam hal ini yang perlu Anda ketahui adalah, windows update ini tidak hanya update untuk fitur dan software saja.

Terkait dengan windows update lebih jauh lagi, perlu diketahui bahwa ada salah satu kekurangan karena update driver jarang sekali muncul di windows update tersebut.

Sedangkan yang paling sering muncul adalah security update. Meski demikian, tidak ada yang perlu di khawatirkan karena ketika sekali windows update menawarkan update untuk driver, maka akan keluar yang terbaik.

Dalam update driver melalui windows update ini ada beberapa langkah yang bisa Anda lakukan. Untuk rinciannya ada di bawah ini.

  1. Buka aplikasi setting di layar laptop Anda.
  2. Masuk di pilihan update & security.
  3. Temukan windows update.
  4. Download jika tersedia dan klik check for updates
  5. Pilih opsi driver update jika ada

Dari langkah-langkah diatas, jika Anda menemukan pilihan driver update, berarti saat itu juga driver laptop bisa di update.

Akan tetapi, sangat kecil kemungkinannya hal ini di temukan karena memang jarang sekali driver terinstal yang di kenali oleh windows update.

Dengan demikian, bagi yang sudah sangat membutuhkan update driver laptop tidak recommended menggunakan cara yang satu ini.

Update Driver Dari Situs Resmi Manufaktur

update driver laptop dari situs resmi
acerid.com

Cara update driver laptop melalui windows update diatas memang sangat mudah. Namun, dengan kekurangan yang dimilikinya, maka Anda terpaksa harus menempuh jalan lain yang lebih pasti.

Sedangkan cara yang paling pas bagi yang sudah cukup membutuhkannya adalah langsung di update di situs resmi manufaktur sehingga kebutuhan pun segera terpenuhi.

Berbeda dari penggunaan windows update diatas, cara yang satu ini terbilang cukup rumit sehingga perlu lebih jeli, teliti dan cukup lama juga.

Selanjutnya yang dikatakan cukup merepotkan sebenarnya adalah karena setiap driver yang di inginkan harus di cari secara manual.

Anda harus mengetahui spesifikasi laptop Anda secara detail dari setiap perangkatnya, untuk mendapatkan data driver yang diperlukan.

Dalam hal ini, misalnya Anda ingin update driver laptop dari salah satu merk, maka harus mengunjungi situs resmi dan mendownloadnya disana. Mungkin hal ini bisa di katakan akan lebih memakan waktu.

Nah, kalau untuk driver VGA, Cara Update Driver Laptop Di Semua Versi Windows secara khusus bisa dilakukan dengan mendownloadnya di beberapa manufaktur.

Diantara manufaktur yang dimaksud untuk update driver VGA ini adalah seperti intel, AMD, dan NVIDIA. Bagi para gamers, update VGA ini akan sangat bermanfaat sehingga memang sangat di sarankan pula.

Sedangkan untuk cara updatenya sendiri ada dua cara masing-masing yang tersedia sebagai berikut.

  1. Update driver VGA langsung dari situsnya langsung.
  2. Update driver dari masing-masing manufaktur secara otomatis baik download maupun instalasinya.

Update Driver Melalui Aplikasi

aplikasi driver booster
unduhsoft.net

Selain cara update driver laptop yang sudah di sebutkan diatas, masih ada lagi satu cara yang cukup mudah.

Bahkan mungkin ini bisa menjadi solusi untuk Anda. Cara tersebut adalah dengan memanfaatkan aplikasi.

Namun, tidak semua aplikasi memiliki fungsi, manfaat dan menawarkan keuntungan yang sama sehingga Anda harus berhati-hati.

Adakalanya update driver menggunakan aplikasi malah akan membawa dampak buruk bagi PC jika tidak sesuai yang seharusnya. Sedangkan salah satu aplikasi yang recommended di gunakan disini adalah driver booster.

Aplikasi ini bisa di sebut sebagai salah satu software pembaharuan paling canggih yang bisa Anda manfaatkan. Versi drivernya pun tergolong hampir sangat lengkap.

Yang lebih menarik lagi, Anda bisa menggunakannya secara otomatis dan semua driver pun bisa langsung terupdate.

Namun, jangan lupa bahwa dalam proses updatenya sendiri, perangkat harus tetap terhubung dengan jaringan internet. Ketika sudah terhubung dan Anda sudah memiliki driver booster ini, maka proses update pun akan segera berjalan.

Nah, disini memang ada beberapa langkah penting yang harus di lalui dalam proses update melalui aplikasi driver booster. Langkah-langkah cara update driver laptop melalui driver booster tersebut adalah sebagai berikut.

  1. Download terlebih dahulu softwarenya di situs resminya IOBit.
  2. Lanjutkan dengan instalasi software sebagaimana pada umumnya, kemudian buka aplikasi
  3. Lakukan scan untuk mendeteksi driver apa saja yang saat ini ada di perangkat Anda. Saat melakukan scan ini, perlu dipastikan bahwa laptop sudah tersambung dengan jaringan internet.
  4. Klik pada pilihan update dan tunggu hingga proses update driver selesai.
  5. Restart laptop Anda dan driver Anda sudah terupdate dengan sempurna.

Setelah sekali mendownload software tersebut, pada update driver berikutnya sudah tidak perlu melakukan penginstalan lagi.

Disini tentu akan semakin mudah karena Anda tinggal lakukan scan saja kemudian bisa langsung update semua driver yang dimiliki sekaligus tersedia di driver booster dan update akan berjalan secara otomatis.


Dari ketiga cara update driver laptop di semua versi windows yang sudah di paparkan diatas, Anda bisa memilih mana yang paling mudah dan sesuai dengan kebutuhan.

Sebenarnya jika tidak segera membutuhkan update, maka lebih simpel menggunakan windows update. Apalagi bagi pengguna yang instal windows 10. Namun, jika ingin update rutin, menggunakan driver booster juga bisa.

Ayo Komentari Artikel Ini

Share this product!
%d blogger menyukai ini: