pengertian komputer

✔5+ Cara Melihat Spesifikasi Laptop

Cara melihat spesifikasi laptop – Laptop merupakan sebuah perangkat elektronik yang terdiri dari software dan hardware yang digunakan sebagai alat untuk membantu sebagian dari beberapa pekerjaan manusia, seperti mengetik, membuat animasi, gambar, video, membuat laporan, dan lain sebagainya.

Didalamnya terdapat berbagai fitur aplikasi dan menu-menu yang lainya untuk membantu mengakses hal apa yang akan kita gunakan.

Laptop bisa dibilang juga sebagai komputer bergerak yang bisa dipindahkan kemana saja dan kapan saja, karena laptop lebih praktis dan mudah dibawa dilihat dari bentuk dan ukuranya dibandingkan komputer.

pengertian komputer
pixabay.com

Berat dari laptop kisaran 1-6 kg, tergantung ukuran, bahan, serta spesifikasi yang dimiliki dari laptop tersebut. Ada beberapa bagian dari laptop diantaranya: layar, keyboard, dan trackpad atau trackball, yang berfungsi sebagai mouse.

Untuk menggunakan sesuatu tentunya kita harus mengerti apa saja hal – hal yang harus kita ketahui sebelum kita menggunakan sesuatu itu.

Didalam perangkat laptop ada beberapa hal dasar yang harus kita ketahui terlebih dahulu seperti apa perangkat laptop tersebut dan apa saja yang menjadi bagian dari perangkat laptop tersebut, serta bagaimana spesifikasi laptop di windows yang ada didalam laptop tersebut.

Manfaat Mengetahui Spesifikasi Laptop

cara melihat spesifikasi laptop
pixabay.com

Semua hal tersebut yang harus kita ketahui sebelum menggunakan laptop, mungkin untuk sebagian orang sudah mengerti untuk menentukan spesifikasi yang baik dalam melihat atau memilih sebuah laptop.

Namun terkadang itu hanya beberapa orang saja yang mengetahuinya. Bisa jadi hal itu karena mereka mengerti ilmunya, atau mereka biasa mempelajari atau memang bidang ilmu yang ditekuninya.

Kebanyakan dari orang awam yang tidak mengerti atau bahkan tidak mengetahui sama sekali mengenai spesifikasi laptop.

Sehingga hal itu memungkinkan seseorang tidak mengerti untuk membedakan jenis laptop mana yang mereka butuhkan atau seperti apa laptop yang baik untuk mereka agar sesuai dengan kebutuhan yang ada.

Manfaat dalam mengetahui spesifikasi laptop yang akan kita gunakan nantinya, diantaranya:

1

Dalam mengetahui spesifikasi laptop, tentunya kita akan mengetahui apa saja masalah yang terdapat didalam laptop. Sehingga dengan kita mengetahui spesifikasi laptop tersebut kemungkinan besar kita dapat mengetahui apa yang menjadi masalah dalam laptop dan kemungkinan juga kita dapat mengatur dan memperbaiki masalah yang ada. Sebagai contoh ketika komputer berbunyi “beep” saat dinyalakan dan tidak bisa masuk ke Windows. Saat komputer tersebut dicek ternyata salah satu hardwarenya rusak, sehingga mengharuskan kamu membeli hardware yang sesuai dengan mainboard komputer atau laptopmu.

2

Untuk mengetahui program yang ada dilaptop, dimana untuk dapat menggunakan laptop kita secara optimal software memiliki ketentuan minimal atau system requiremen yang ada. Hal ini berkaitan dengan pemilihan software yang cocok untuk kita gunakan pada spesifikasi laptop kita.

3

Untuk keperluan upgrade, dimana laptop dilengkapi dua slop RAM. Dengan mengetahui spesifikasi laptop sehingga menghindarkan ketidaksesuaian laptop yang akan kita beli. Spesifikasi laptop juga akan menentukan tingkatan perfoma laptop menjadi lebih baik serta menjalankan lebih banyak program.

4

Sebagai langkah awal sebelum melakukan instalasi sistem operasi, seperti instalasi sistem operasi windows 10, sehingga tahu kemampuan laptop dalam menjalankan sistem operasi yang sesuai.  

Aneka Cara Mengetahui Spesifikasi Laptop

Langkah-langkah atau cara untuk dapat mengetahui spesifikasi laptop, antara lain bisa menggunakan beberapa cara dibawah ini:

Baca Cara Instal Aplikasi Whatsapp di Laptop.

1. Pada Bagian Stiker Laptop

label spesifikasi laptop
anandtech.com

Cara melihat spesifikasi laptop kita dengan mudah dan tanpa mengeklik atau membuka menu apapun, kamu cukup melihat spesifikasi laptop kamu melalui stiker yang terpasang pada laptop kamu.

Biasanya terletak pada pojok kanan laptop, sedangkan untuk stiker kecil pada pojok bagian kiri itu merupakan jenis prosesor yang digunakan. Contoh; AMD atau intel.

Namun terkadang di stiker hanya disebutkan hanya bagian inti dari spesifikasi laptop yang kamu miliki.

2. Cara Melihat Spesifikasi Laptop Melalui Menu Setting Windows 

cara melihat spesifikasi laptop menu setting
cara melihat spesifikasi laptop menu setting

Baca Cara Screenshoot Layar Laptop Kamu.

Jika kamu menggunakan laptop dengan windows 10 atau windows 8, kamu tinggal pergi ke menu setting => klik system => klik about.

Setelah menu tersebut nanti akan muncul gambar seperti dibawah. Dari sini kamu bisa melihat jenis windows, processor, RAM, CPU yang kamu gunakan.

3. Tekan Windows + Pause Break

cara melihat spesifikasi laptop
cara melihat spesifikasi laptop

Untuk melihat spesifikasi laptop kamu bisa juga dengan menekan tombol windows + pause break yang terdapat pada keyboard laptop kamu. Tombol tersebut ditekan secara bersamaan.

Maka akan secara otomatis muncul spesifikai laptop kamu baik jenis windows, RAM, CPU yang digunakan pada laptop kamu.

Namun tombol pause break hanya digunakan pada laptop yang memiliki tombol pause break tersebut, karena ada beberapa jenis laptop yang tidak memiliki tombol pause break, seperti laptop Lenovo.

4. Melalui System Properties Di Windows Explorer

cara melihat spesifikasi laptop
cara melihat spesifikasi laptop

Langkah pertama untuk meihat spesifikasi laptop melalui windows explorer adalah dengan masuk ke berkas => pilih this PC / my computer => klik kanan => pilih properties. Selanjutnya jendela spesifikasi akan terbuka dan kamu bisa melihat spesifikasi laptop kamu sendiri melalui langkah ini.

5. Melalui DxDiag

cara melihat spesifikasi laptop
run DxDiag

Cara melihat spesifikasi ini adalah dengan menekan tombol windows + R secara bersamaan dikeyboard laptop kamu.

Kemudian akan muncul seperti gambar dibawah lalu ketikan kata dxdag kemudian tekan tombol enter atau mengklik kata ok.

cara melihat spesifikasi laptop
DxDiag Windows

Nanti akan muncul spesifikasi laptop kita yang tertera pada bagian gambar yang ditampilkan.

6. Melihat Stiker Dibawah Laptop

label spesifikasi laptop
anandtech.com

Untuk melihat dengan mudah tanpa harus memilih menu ataupun menekan menu apapun kita bisa melihat stiker yang terdapat dibawah laptop kita.

Kebanyakan laptop memiliki stiker/label deskripsi spesifikasi laptop tersebut dibawahnya. Di stiker itu dapat diketahui pula processor, RAM, Ukuran Harddisk, Jenis VGA dan lain – lainnya yang dapat kita ketahui.


Demikian pembahasan mengenai tutorial mengetahui spesifikasi laptop yang terdiri dari beragam cara yang bisa kamu coba untuk bisa lebih mengenali laptopmu, semoga bermanfaat.

See you on next article . . . . .:D

Ayo Komentari Artikel Ini