serunya hidup di era digital

Cara Mendulang Rupiah yang Hanya Bisa Dilakukan di Era Digital

Era Digital dapat diartikan sebagai jaman dimana hampir seluruh aktivitas manusia menggunakan perangkat dan media digital khususnya teknologi informasi komputer. Dimana pada jaman sekarang kamu pasti merasakan bagaimana serunya hidup di era digital, seperti mengetahui cara mendulang rupiah melalui internet.  

Banyak aspek dari kehidupan masyarakat yang mengalami perubahan karena kemunculan Teknologi Digital seperti aspek ekonomi,  politik, psikologis, gaya hidup, tren, dan lain sebagainya.

Perubahan paling signifikan yang sangat kita rasakan adalah peralihan dari media cetak menjadi media digital seperti memanfaatkan aplikasi produktivitas untuk menunjang kinerjamu.

Hal ini sangat terlihat ketika para perusahaan media cetak seperti media massa seperti koran, majalah dan tabloid yang tidak mengikuti perkembangan zaman ( teknologi digital ) dengan sendirinya mengalami gulung tikar.

Dalam artian mereka tidak melakukan scaleup bisnisnya untuk merambah ke media digital, tetap kekeh dan yakin pada bisnis yang sedang berjalan sedangkan kebutuhan masyarakat sudah mulai menggunakan media digital. 

Hal ini menunjukkan betapa besar pengaruhnya era digital dan dampak internet pada kehidupan manusia. Ini baru saja dari sisi media berita, selain itu ada juga aspek utama yang begitu penting bagi manusia yaitu shoping.

serunya hidup di era digital 4

Dulu sebelum masuknya  teknologi komputer dan internet ke Indonesia, semua orang berbelanja segala kebutuhan hidup dari mulai sandang dan pangan di pasar tradisional, toko atau super market.

Sekarang kamu pasti tahu sendiri dimana orang jaman sekarang membeli segala kebutuhan hidupnya, Marketplace yap betul yang selama ini lebih dikenal sebagai Toko Online.

Mungkin kamu sendiri juga sering berbelanja di marketplace. Ini juga adalah salah satu contoh bagaimana teknologi digital dapat merubah berbagai macam aspek dalam kehidupan manusia.

Di nilai dalam aspek bisnis, Era Digital adalah aset yang sangat bernilai untuk perkembangan suatu perusahaan, karena teknologi digital dapat dimanfaatkan dalam segala lini usaha sehingga sangat besar perannya dalam mendorong kemajuan sebuah perusahaan.

Namun ketika di lihat dari segi individu masyarakat indonesia atau sekarang bisa disebut sebagai netizen, masih banyak yang tidak dapat memanfaatkan nilai positif dari kemunculan era digital.

Mayoritas orang malah terjebak dalam penggunaan teknologi digital yang menjadikan menurunnya kualitas etika, moral dan budaya manusia.

Terlepas dari hal negatif tersebut sebenarnya ada ribuan manfaat yang bisa kamu semai dari kemunculan era digital, salah satunya yaitu menghasilkan uang.

Cara Mendulang Rupiah Melalui Internet

Siapa sih yang tidak mau uang?, hampir semua orang didunia ini membutuhkannya apalagi kalau didapatkan dengan cara yang cukup mudah. 

Di era digital ini kamu bisa dengan mudah mendulang rupiah bahkan dollar sekalipun, tidak peduli kamu itu seorang sarjana atau lulusan SD sekalipun.

Karena mendapatkan uang dengan berbisnis di era digital ini tidak menuntutmu untuk memiliki gelar pendidikan. Skill dan Attidude adalah faktor utama dalam persaingan bisnis di era digital.

Banyak cara mudah yang bisa kamu gunakan untuk menghasilkan uang di era digital tidak harus mengeluarkan modal besar apalagi sampai ngutang.

Kamu hanya perlu gadget dan koneksi internet untuk bisa melakukannya, berikut beberapa metode atau cara mendulang rupiah yang hanya bisa dilakukan di era digital.

Menjadi Youtuber

mendapatkan uang dari youtube
pixabay.com

Dimana sih tempat kamu melihat video dari internet ?, sudah pasti kamu akan menjawab Youtube. Bahkan mayoritas orang sudah beralih dari yang sebelumnya menonton televisi sekarang lebih sering menonton video di Youtube.

Tahukah kamu kalau Youtube tidak hanya sekedar platform untuk menonton video saja?. 

Sebenarnya Youtube juga bisa dijadikan salah satu sumber penghasilan loh.

Ketika kamu menonton video di Youtube terkadang kamu akan di sela dengan iklan yang beraneka ragam dengan durasi yang bervariasi dari yang sebentar sampai yang lama (mirip sama di TV gitu).

Mungkin tidak semua orang tahu kalau sebenarnya video yang terdapat iklan didalamnya dapat menghasilkan uang untuk si pengunggah video tersebut.

Ini merupakan salah satu peluang yang cukup mudah untuk Kamu yang ingin mencoba cara mendulang rupiah dari internet. Yang perlu Kamu lakukan hanya membuat sebuah video yang menarik untuk di upload ke Youtube.

Kamu tidak harus merogoh kocek yang dalam sebagai modal untuk bisnis ini. Dengan hanya bermodalkan kamera smartphone kamu sudah bisa mendapatkan penghasilan besar.

Jika semakin banyak orang yang tertarik untuk menonton videomu, maka penghasilan besar akan menantimu.

Ada dua sumber penghasilan yang diberikan oleh Google yaitu dari iklan yang ada di video dan dari subscriber Youtube Red.

Baca Juga Cara Screenshoot Laptop.

Menjadi Selebgram

menjadi selebgram
vik.kompas.com

Salah satu aplikasi media sosial yang sangat digandrungi di era digital ini adalah Instagram, dimana Instagram merupakan aplikasi gratis yang bisa digunakan untuk saling sharing dokumentasi foto atau video dari moment yang penting.

Dari foto dan video tersebut, Instagram juga dapat menjadikan Kamu sebagai selebritis lho. Nah, inilah yang awal dari istilah selebgram.

Kriteria untuk bisa menjadi selebgram yaitu memiliki akun Instagram dengan jumlah follower mencapai ribuan sampai jutaan dan followingnya yang lebih sedikit daripada followernya.

Dari segi ini juga masih bisa dimanfaatkan orang lain yaitu dengan menjual follower instagram, sebagai cara singkat meningkatkan follower sehingga cara mendulang rupiahnya akan menjadi begitu mudah.

Selain itu foto dan video yang di unggah pasti menuai banyak like dan comment. Hal inilah yang menjadikan seorang selebgram menjadi sangat terkenal seperti artis yang ada di TV.

Dengan menjadi selebgram yang memiliki jutaan follower kamu bisa mendapatkan keuntungan jutaan rupiah dari endorse suatu produk.

Para penjual produk biasanya akan menggunakan jasa para selebgram untuk mempromosikan produknya melalui akun Instagram selebgram.

Jadi para selebgram dapat mematok tarif untuk endorse produk lho.

Sebenarnya tidak hanya dari Instagram saja kamu juga bisa menjadi selebgram melalui Youtube dengan membuat konten Video yang menarik dan bermanfaat.

Menjadi Dropshiper

dropshipping
pixabay.com

Salah satu cara mendulang rupiah pada era digital adalah dengan berjualan online. Berjualan online dapat memaksimalkan pendapatan secara langsung ke dompet kamu.

Namun kebanyakan orang masih kebingungan bagaimana cara memulai berjualan online.

Ada satu cara yang mudah untuk dipraktekan yaitu dengan menjadi seorang Dropshipper. Sistem berjualan online secara dropship Sangat mudah untuk Dilakukan.

Dropship memungkinkan untuk berjualan tanpa mengeluakan modal sepeserpun.

Bagi kamu yang belum tahu dropship, Dropship merupakan sebuah sistem jualan atau bisnis dimana kamu tidak harus memiliki stok produk tapi kamu bisa menjual produk tersebut dari toko orang lain.

Bisa dikatakan kalau Dropshiper adalah Sales, cuman dalam bentuk online. Cukup menjual produk dari orang atau produsen yang memiliki produk tersebut (Supplier), Kamu sudah bisa mendapatkan keuntungan dari margin yang telah kamu tentukan.

Jualan Foto

jual foto online
pixabay.com

Bagi kamu yang hobi fotografi kamu bisa memanfaatkan hasil jepretanmu untuk meraup uang di internet.

Foto yang kamu hasilkan bisa kamu jual dengan mudah, tapi bukan sembarangan foto yang dapat dengan mudah di jual di internet, foto yang memiliki kualitasla yang dapat memberikan keuntungan.

Tidak semua orang tahu cara menjual foto di internet, sebenarnya caranya cukup mudah, kamu hanya perlu mengunggah hasil jepretanmu pada website penyedia gambar dan foto, kemudian tinggl menunggu seseorang yang berminat untuk membeli foto kamu, konsepnya sama seperti jualan barang pada umumnya.

Sebagian dari kita pasti masih berfikir kok bisa foto dijual ? padahal kita masih bisa mengkopinya dengan mudah siapa sih orang yang mau membeli foto.

Pada era digital ini banyak perusahaan media yang memerlukan beraneka ragam jenis foto secara online, yang biasanya digunakan untuk periklanan dan desain.

Berikut ini website yang dapat digunakan sebagai tempat kamu menjual gambar  atau  foto hasil jepretan kamu.

  • shutterstock.com
  • alamy.com
  • bigstockphoto.com
  • picturestock.com
  • istockphoto.com
  • etsy.com

Daftar website diatas baru sebagian kecil saja dari ratusan website penyedia foto online yang bisa memfasilitasi kita dalam memasarkan foto di internet.

Sistemnya menggunakan pembagian komisi jika ada yang membeli foto tersebut. Biasanya komisi yang didapat berkisar antara 0,2 sampai 0,3 dollar setiap gambar yang didownload.

Membuat Website

membuat website
pixabay.com

Cara lainnya untuk bisa menghasilkan uang dari internet adalah dengan membuat Website, bagaimana website menghasilkan uang ?.

Ada 3 jenis website yang mampu mejadikanmu seorang jutawan.

1. Website Bisnis

Website seperti ini adalah website yang dikhususkan untuk bisnis seperti Ecommerce, pengenalan produk dan Website company profile suatu perusahaan.

2. Website Niche (Blog)

Website niche merupakan website yang berupa blog informasi yang fokus dan konsisten pada satu topik pembahasan.

3. Website Personal

Sebenarnya website jenis ini hampir sama dengan website niche hanya saja konten didalamnya lebih ke hal-hal pribadi seseorang seperti pengalaman, cerita pribadi, review suatu hal dan lain sebagainya yang terkait dengan hal pribadi, contohnya seperti website personal para artis.

Dari ketiga jenis website diatas semuanya dapat digunakan untuk menghasilkan uang, dimana ketiga website tersebut dapat difungsikan sebagai berikut. 

Menjadi Publisher

publisher
pixabay.com

Kamu bisa menjadi seorang publisher dengan menggunakan website, publisher adalah orang yang memiliki website niche yang dijadikan blog.

Dengan selalu konsisten memposting konten berkualitas secara teratur, kamu bisa menarik pengunjung ke website kamu untuk bisa membaca informasi didalamnya.

Kamu bisa memberikan konten yang bermanfaat dan gratis untuk pengunjung website kamu sehingga pengunjung website kmu bisa meningkat.

Memang disini harus ada kerja keras yang tinggi karena didalamnya memerlukan ilmu SEO, karena jika sudah mendatangkan pengunjung yang banyak maka akan menghasilkan uang yang banyak.

Menjadi publisher memiliki resiko yang kecil karena tidak membutuhkan modal yang besar  hanya membutuhkan effort yang tinggi.

Jadi bagi kamu yang ingin menjadi publisher tidak peru takut rugi, karena kamu hanya perlu berusaha keras dan bersabar.

Jualan Website dan Domain

trafik web
pixabay.com

Bagi kamu yang sudah memiliki website dengan pengunjung hingga ribuan tiap bulannya kamu bisa mejual website tersebut.

Dengan menjual website kamu tidak bisa menghasilkan uang dengan cepat karena kamu harus membangun authority dari website dan domain tersebut untuk bisa mendatangkan pengunjung yang banyak.

Selain itu ada lagi cara yang lebih menghasilkan yaitu dengan membuka jasa pembuatan website, kamu bisa mendapatkan bayaran dari 500 ribu sampai puluhan juta rupiah.

Namun kamu harus mengetahui cara membuat website terlebih dahulu sebelum membuka jasa pembuatan website, kamu juga harus tahu provider-provider penyedia layanan hosting dan domain seperti domainesia.    

Menjadi Content Writer

cara mendulang rupiah dengan menjadi penulis
pixabay.com

Jika kamu memiliki kemampuan menulis yang baik kamu bisa menyalurkan bakatmu untuk menjadi kontributor konten di website-website yang membayar penulis.

Kamu hanya perlu menulis menulis artikel dengan tema yang sesuai dengan niche blog tersebut, karena menulis juga merupakan cara mendulang rupiah cukup menggiurkan.

Dengan menjadi penulis kamu dapat memperoleh bayaran yang tinggi, kamu juga bisa menentukan tarif sendiri seperti mulai dari dibayar per kata, perseribu kata, per artikel atau sampai mendapatkan komisi langsung dari penghasilan blog tersebut.

Beberapa website yang bisa menjadikanmu seorang content writer antara lain Babe, UC News, Jalan Tikus, Best Tutorial dan lain-lain.


Itulah sedikit pembahasan tentang bagaimana cara mendulang rupiah di era digital, sebenarnya masih banyak lagi ratusan metode lainnya yang bisa digunakan, namun tidak semua bisa saya paparkan disini. 

Semoga bisa bermanfaat, See you on next article . . .:D

Ayo Komentari Artikel Ini