pengertian jaringan komputer

Pembahasan Lengkap Tentang Pengertian Jaringan Komputer dan Jenisnya

Untuk memahami tentang apa itu jaringan komputer diperlukan pemahaman mendasar mengenai pengertian komputer, sehingga akan lebih mudah dalam memahami pengertian jaringan komputer. 

Sederhananya jaringan komputer dapan didefinisikan sebagai sekelompok komputer terhubung satu sama lain.

Adanya hubungan ini bertujuan untuk memudahkan komunikasi jarak jauh dan juga sharing data dengan cepat.

pengertian jaringan komputer lanjut
pixabay.com

Dari penjelasan yang dikutip dari Techopedia bahwa secara eksplisit Jaringan Komputer dapat didefinisikan sebagai sekumpulan sistem komputer dan perangkat keras lainnya yang terhubung satu sama lain melalui channel komunikasi untuk bisa menyediakan layanan komunikasi dan sharing data diantara jutaan pengguna.

Maka secara umum dapat dipahami bahwa orang dapat saling berbagi data dan perangkat seperti printer, modem, memori penyimanan (hardisk/flashdisk) atau CD ROM.

Jaringan Komputer yang terhubung ini dapat terhubung secara lokal dan secara global.

Untuk memungkinkan komputer terkoneksi secara global (seluruh dunia) maka diperlukan yang namanya internet, yang telah disediakan oleh Provider Internet sehingga dapat melakukan pengiriman email dan pemutaran video streaming.

Sebenarnya internet juga merupakan jaringan komputer haya saja yang cakupannya begitu luas yaitu seluruh dunia. Untuk lebih memahani tentang pengertian jaringan komputer, berikut definisi dari berbagai sudut pandang. 

Pengertian Jaringan Komputer Secara Umum

pengertian jaringan komputer secara umum
pixabay.com

Sebelum menilik pengertian yang disampaikan oleh bebearapa sumber yang kredibel kita pahami dulu definisi jaringan komputer secara umum, dimana sebelumnya dijelsakan secara sederhana.

Dari sudut pandang masyarakat umum (pengertian secara umum), pengertian jaringan komputer dipahami sebagai sekumpulan alat elektronik khususnya komputer beserta dengan perangkat pendukung lainnya seperti printer dan modem, yang terhubung satu sama lain secara elektronik.

Bisa disebut jaringan komputer jika ada dua komputer atau lebih dan perangkat pedukung lainnya berupa printer dan modem yang terhubung secara bersamaan sehingga memungkinkan adanya komunikasi antara satu dengan lainnya.

Dengan demikian akan memudahkan perintah sharing data, perangkat keras komputer dan resource lainnya. “Komunikai” antar komputer maksudnya setiap komputer yang terhubung bisa mengirimkan informasi satu sama lain.

Definisi Jaringan Komputer Menurut Para Ahli

pengertian jaringan komputer menurut para ahli
pixabay.com

Pengertian jaringan komputer yang diambil dari sudut pandang beberapa ahli dalam bidang komputerisasi, berikut rangkumannya :

Jafar Noor Yudianto

Jafar Noor Yudianto menyebutkan bahwa, “Jaringan komputer adalah sebuah sistem yang terdiri atas komputer-komputer yang didesain untuk dapat berkomunikasi (surel, pesan instan), berbagi sumber daya (printer, CPU), dan dapat mengakses informasi (peramban web). Tujuan dari jaringan komputer adalah agar dapat mencapai tujuannya, setiap bagian dari jaringan komputer dapat meminta dan memberikan layanan (service). Pihak yang meminta/menerima layanan disebut klien (client) dan yang memberikan/mengirim layanan disebut peladen (server). Desain ini disebut dengan sistem client-server, dan digunakan pada hampir seluruh aplikasi jaringan komputer.”

Abdul Kadil

Menurut Abdul Kadil, Jarigan Komputer adalah “suatu hubungan dua buah simpul (umumnya berupa komputer) atau lebih yang tujuan utamanya yaitu untuk melakukan pertukaran data.”

Izaas El Said

Izaaz El Said mengutarakan pendapatnya tentang pengertian jaringan komputer, yaitu “sebuah sistem dimana terdapat beberapa komputer yang saling terhubung, untuk saling bisa berbagi informasi dan juga sumber daya yang dipunyai nya.”

Budhi Irawan

Budi Irawan menyatakan bahwa jaringan komputer adalah “suatu sistem yang terdiri atas komputer dan perangkat jaringan lainnya yang bekerja bersama-sama untuk mencapai suatu tujuan yang sama.”

Zymon Machajewski

Menurut Zymon Machajewski jaringan komputer adalah “suatu seperangkat komputer yang saling terkoneksi secara bersamaan satu sama lainnya dengan tujun utama, yakni untuk saling membagikan atau men-share resources alias sumberdaya. Salah satu sumberdaya yang saat ini banyak digunakan di dalam suatu jaringan komputer ialah sumber daya internet.”

Pengertian Jaringan Komputer Berdasarkan Wikipedia

pengertian jaringan komputer menurut wikipedia
nature.com

Dari sudut pandang situs pustaka terpopuler didunia yaitu Wikipedia, Jaringan komputer merupakan jaringan telekomunikasi yang menghubungkan komputer untuk saling berkomunikasi dengan bertukar data.

Tujuan dari jaringan komputer adalah agar dapat berkomunikasi  dan saling berbagi layanan, setiap bagian jaringan komputer dapat memberikan dan meminta layanan (service).

Komputer yang request service disebut sebagai klien (client) dan yang menyediakan dan mengirim layanan disebut sebagai server. Pola jaringan ini disebut sebagai jaringan client-server, dan digunakan dalam aplikasi jaringan komputer.

Proses terhubungnya dua buah komputer yang masing-masing memiliki interface jaringan yang disebut Ethernet dan Wi-Fi, kemudian dihubungkan melalui kabel (untuk Ethernet) maupun nirkabel (untuk Wi-Fi) sebagai medium transmisi data.

Terdapat sistem operasi jaringan yang akan membantu mengelola sebuah jaringan komputer yang sederhana seperti sistem operasi windows server. Selain itu untuk membuat jaringan komputer dengan skala lebih luas lagi, maka harus menggunakan perangkat seperti Hub, Router, Gateway, Switch, Bridge, sebagai penghubungnya.

Definisi Jaringan Komputer Menurut KBBI

buku kbbi
pixabay.com

Pemahaman mendasar lainnya tentang pengertian jaringan komputer yaitu dari Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI).

KBBI mendefinisikan Jaringan Komputer berdasarkan dua kata kata dasar yang menyusunnya, yaitu kata jaringan dan kata komputer.

Dimana jaringan berasal dari kata dasar jaring yang artinya mengikat dan menyokong beraneka susunan. Sedangkan komputer artinya alat elektronik otomatis yang dapat mengolah data secara cepat dan cermat berdasarkan perintah yang diberikan.

Dalam KBBI dijelaskan bahwa komputer berasal dari bahasa Latin yaitu “computare” yang diartikan menghitung.

Jadi secara istilah dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), jaringan komputer adalah “sekelompok alat eletronik pengolah data yang terdiri dari dua atau lebih yang dihubungkan secara bersama-sama.”

Jenis-jenis Jaringan Komputer

pengertian jaringan komputer
pixabay.com

Dari pengertian jaringan komputer yang telah dipaparkan dari berbagai sumber diatas dapat disimpulkan kalau terdapat penjabaran jenis-jenis jaringan komputer itu sendiri.

Dimana pembagian jenis-jenis jaringan komputer ini berdasarkan luas areanya yaitu antara lain PAN (Personal Area Network), LAN (Local Area Network), MAN (Metropolitan Area Network), dan WAN (Wide Area Network).

Berikut ini penjelasan dari pembagian Jenis-Jenis Jaringan Komputer tersebut.

1. Personal Area Network(PAN) 

jaringan komputer PAN
pixabay.com

Jaringan Komputer jenis PAN merupakan jaringan komputer yang dimanfaatkan sebagai transmisi data antara perangkat personal seperti smartphone, komputer, personal digital assistant (PDA), tablet, perangkat peripheral, konsol video game  dan perangkat personal lainnya.

PAN berguna untuk komunikasi berbagai perangkat pribadi sendiri, atau bisa juga menghubungkan perangkat ke jaringan Internet (uplink) dimana membutuhkan perangkat “master” yaitu router internet.

Aktivitas yang mampu dilakukan dalam jaringan PAN adalah 

  • Mengirim dan menerima data dari dan ke komputer, laptop, dan Smartphone melalui jaringan.
  • Backup file foto dari smartphone ke komputer.
  • Dan masih banyak fungsi lainnya.

2. Local Area Network (LAN)

jaringan LAN
teropongbelajar.blogspot.com

LAN merupakan salah satu jenis jaringan komputer yang skala penyebarannya terbatas di area sejauh 1 KM saja contohnya seperti rumah, sekolah, laboratorium, universitas atau kantor yang bersifat lokal.

LAN sangat efisien untuk salaing berbagi sumber daya seperti penyimpanan data dan printer. Jenis jaringan komputer jenis ini dapat dibuat dengan hardware yang relatif murah, seperti Hub, Access Point, Switch, dan kabel Ethernet.

Jaringan LAN yang paling kecil hanya terdiri dari dua komputer, sedangkan LAN dengan skala besar mencapai ribuan komputer. Karakteristik jaringan LAN biasanya biaya yang relatif murah namun kecepatannya cukup tinggi.

Contoh pemanfaatan jaingan LAN yaitu di gedung perkantoran dimana karyawan diharuskan mengakses dokumen pada server dan mencetaknya melalui satu printer. 

Jaringan LAN yang menggunakan koneksi nearkabel atau wireless disebut sebagai jaringan WLAN (Wireless Local Area Network).

3. Metropolitan Area Network (MAN)

jaringan MAN
mahmudefendi6.blogspot.com

Jaringan komputer MAN merupakan jaringan komputer yang lebih luas dari jaringan LAN dimana menghubungkan komputer pada sebuah area geografis.

Tetapi area yang dijangkau lebih kecil dari area jaringan WAN (wide area network). Jangkauan jaringannnya bisa mencapai puluhan mil, yang biasanya digunakan di wilayah Universitas yang memiliki banyak gedung yang terpisah jauh, maka biasa disebut CAN (Campus Area Network).

4. Wide Area Network (WAN)

jaringan WAN
mahen12.blogspot.com

Jenis jaringan komputer yang terakhir adalah WAN (Wide Area Network), WAN adalah jaringan komputer yang area jangkauannya sangat luas, seperti seluruh Negara bahkan sampai seluruh Dunia.

Jaringan komputer WAN merupakan sekumpulan jaringan komputer yang terdiri dari jaringan MAN dan LAN.

WAN biasa digunakan untuk Bisnis, Pendidikan dan Lembaga Pemerintahan yang memerlukan relay data antara para staf, mahasiswa, warehouse, pembeli dan supplier dari berbagai daerah.

Dengan WAN, fungsi harian dari bisnis atau lembaga pemerintahan akan menjadi efektif dimanapun lokasinya. Internet adalah wujud WAN secara publik.


Demikian penjelasan mengenai Pengertian Jaringan Komputer beserta jenis-jenis jaringan komputer secara fundamental, sebenarnya masih banyak lagi yang bisa dikupas dari jaringan komputer yang akan dibahas dalam artikel lainnya.

Terimakasih sudah membaca, jika ada kiritik atau masukkan silakan sedianya menuliskannya di komentar dan semoga artikel ini bermanfaat.

See you on next article . . . 😀 

Ayo Komentari Artikel Ini