macam-macam sistem operasi komputer

Pengertian Komputer dari Berbagai Sumber Beserta Jenis dan Fungsinya

Hampir seluruh orang di dunia bahkan anak-anakpun mengetahui apa yang namanya komputer, bahkan dapat mengoperasikannya dengan baik. Sehingga sudah semestinya semua orang tau pengertian komputer secara fundamentalnya, apa lagi komputer merupakan pondasi dari mata kuliah jurusan TI.   

Dari berbagai sektor di kehidupan manusia tidak pernah terlepas dari yang namanya komputer dari mulai pusat pertokoan, kantor, perbankan, pendidikan bahkan di rumah sekalipun.

Perkembangan sejarah komputer beriringan dengan perkembangan sejarah sistem operasi, yang dimulai generasi pertama sampai sekarang . 

pengertian komputer
pixabay.com

Penggunaan komputer sudah tren semenjak tahun sembilan puluhan dari jenis komputer yang cuma berlayar hitam (berbasis DOS) saja sampai komputer dengan tampilan fullcolor (berbasis GUI) seperti jaman sekarang.

Dari bentuk komputer yang dulunya besar-besar hingga sekarang ada yang tipis dan portabel yaitu laptop, yang bisa dibawa pergi kemanapun kita suka.  

Dari berbagai macam penggunaan komputer di segala aspek kehidupan, membuat pengertian dasar komputer menjadi berubah dari yang sebelumnya hanya sebuah alat hitung menjadi alat yang memiliki kegunnaan lebih kompleks lagi.

Untuk itu mari simak perkembangan mengenai pengertian komputer pada zaman sekarang dari berbagai sumber dan para ahli. 

Apa Itu Komputer

komputer generasi keempat
tutorialspoint.com |Komputer Generasi Keempat

Komputer merupakan salah satu mesin yang berupa perangkat keras elektronik yang dapat digunakan untuk mengelola berbagai macam informasi, berupa angka dan data.

Kemampuan yang dimiliki Komputer sangat beragam yang dapat merubah pengertian komputer diantaranya menghitung, mengambil, menyimpan dan mengelola data untuk diolah.

Selama ini mungkin kebanyakan orang telah menggunakan komputer  sebagai alat membuat dokumen, gambar, mengirim surat elektronik, internetan dan bermain game. Untuk memahami lebih jelas tentang apa itu komputer, bisa dilihat dalam video di bawah ini.

Apa Itu Komputer?

Sebenarnya istilah komputer merupakan kata serapan dari bahasa inggris yaitu kata “to compute” yang bermakna “untuk menghitung”. Berbeda dengan bahasa latin yang menggunakan kata “computare”, namun memiliki makna yang sama.

Pada umumnya komputer merupakan perangkat elektronik yang digunakan untuk melakukan berbagai perhitungan matematis yang rumit, sehingga segala macam perangkat yang memiliki kemampuan menghitung segala rumus matematis, maka perangkat tersebut tergolong dalam komputer. 

Seiring dengan perkembangan teknologi yang semakin pesat apalagi teknologi komputer, membuat pengertian komputer mengalami perluasan makna, dari berdasarkan fungsinya, komponen komputer tersebut bahkan bentuknya.  

Untuk memperdalam pemahaman tentang pengertian komputer maka alangkash baiknya untuk membaca pengertian komputer dari berbagai literatur dibawah ini, dari pengertian yang singkat, definisi dari ahli, dan beberapa sumber lainnya. 

Pengertian Komputer Secara Singkat

Pengertian Komputer

Komputer adalah alat hitung

Definisi secara singkat dari komputer adalah alat hitung karena fungsi komputer sejak pertama kali diciptakan adalah untuk mempermudah manusia dalam melakukan perhitungan dari perhitungan yang mudah sampai yang perhitungan rumit sekalipun.

Tugas umum yang biasa dilakukan sebuah komputer diantaranya :

  • Menerima Input (masukkan data)
  • Mengolah data Input berdasarkan perintah (copy, edit atau delete)
  • Menyimpan data yang telah diolah
  • Menampilkan data hasil olahan berupa grafik, gambar atau teks. 

Definisi Komputer Menurut Para Ahli

identifikasi komputer
pngtree.com

Robert H Blissmer

Komputer adalah salah satu perangkat elektronik yang dapat melakukan berbagai macam tugas seperti menerima masukan, mengolah masukan tersebut sesuai programnya, menyimpan instruksi berikut hasilnya serta menghasilkan keluaran berbentuk informasi.

Fouri 

Komputer adalah suatu alat yang digunaka sebagai pemroses data yang bisa menghitung dengan skala perhitungan dalam jumlah besar serta cepat, termasuk perhitungan logika matematika dan aritmatika, tanpa memerlukan perhitungan dari manusia.

Jhon J. Longkutoy

Komputer merupakan pengolah data atau pencari solusi yang dapat menunjukkan hasil berupa informasi yang dibutuhkan.

Donald H.Sanders

Komputer adalah sistem elektronik yang berfungsi sebagai alat memanipulasi data yang cepat dan tepat serta dirancang dan diorganisasikan supaya secara otomatis menerima dan menyimpan data input, memprosesnya dan menghasilkan output di bawah pengawasan suatu instruksi program yang tersimpan dalam memori.

V.C. Hamacher, Z.G. Vranesic. S.G. Zaky

Komputer adalah mesin yang digunakan untuk menghitung, berupa elektronik yang cepat dapat menerima informasi input digital, memprosesnya sesuai dengan program yang tersimpan di dalam memori dan menghasilkan output berupa informasi.

Gordon B. Davis

Komputer adalah alat penghitung berjenis khusus yang memiliki karakter yang pasti.

Elias M Awad

Komputer adalah alat hitung yang dapat memproses data yang ditampilkan dalam bentuk data diskrit (digital) dan data kontinyu (analog).

Larry Long & Nancy Long

Komputer merupakan perangkat hitung elektronik yang dapat menginterpretasikan dan mengeksekusi instruksi terprogram untuk masukan, keluaran, matematis, dan operasi logika.

June Parsons

Komputer adalah alat elektronik serba guna yang mampu menerima masukan, memproses data, menyimpan data, dan menghasilkan output, semua berdasarkan rangkaian instruksi tersimpan.

Garry b. Shelly & Randolph E. Gunter

Komputer merupakan perangkat elektronik, beroperasi di bawah kendali instruksi yang tersimpan dalam memori, sehingga dapat menerima data, mengolah data sesuai dengan instruksi yang diberikan untuk memproduksi sebuah output.

Definisi Komputer Menurut Wikipedia

pengertian kerajnan menurut wikipedia
pixabay.com | Wikipedia

Wikipedia merupakan sebuah situs literasi istilah dari segala bahasa yang selalu digunakan orang sebagai sumber pengetahuan dari segala istilah yang ada di seluruh dunia. Wikipedia menjelaskan pengertian komputer seperti sebagai berikut.

Komputer adalah alat yang dipakai untuk mengolah data menurut prosedur yang telah dirumuskan. Kata computer pada awalnya dipergunakan untuk menggambarkan orang yang perkerjaannya melakukan perhitungan aritmetika. Dengan atau tanpa alat bantu, tetapi arti kata ini kemudian dipindahkan kepada mesin itu sendiri. Asal mulanya, pengolahan informasi hampir eksklusif berhubungan dengan masalah aritmetika. Tetapi komputer modern dipakai untuk banyak tugas yang tidak berhubungan dengan matematika.

wikipedia.co.id

Dari penjelasan situs wikipedia mengenai pengertian komputer dapat diambil kesimpulan bahwa makna komputer secara luas addalah untuk mengolah informasi.

Berbeda lagi dengan definisi komputer yang dikutip dari Buku Barnhart Concis Dictionary of Etymology. Barnhart menerangkan bahwa istilah komputer juga digunakan untuk orang yang melakukan 

Pada masa perang dunia dua istilah komputer juga digunakan kepada orang yang menghitung dan juga alat hitung mekanis.

Orang pertama yang disebut sebagai pencipta mesin komputer bernama Charles Babbage. Dimana dia mendesain sebuah mesin analitikal untuk menganalisis suatu perhitungan. 

Pengertian Komputer Secara Umum 

pengertian komputer
pixabay.com

Komputer dalam pengertian secara umumnya adalah susuan dari sekumpulan alat elektronik yang dirangkai mejadi bentuk suatu mesin dengan teknologi canggih dengan bantuan dari sistem operasi beserta program-program didalamnya.

Mesin ini mampu menerima dan mengolah data serta memberikan hasil berupa informasi dalam berbagai bentuk (gambar, teks dan grafik) sesuai perintah program yang dijalankan.

Pengertian Komputer Berdasarkan Penggunaannya

pengalaman mahasiswa it
pixabay.com

Definisi komputer dapat diklasifikasikan berdasarkan penggunaannya, yaitu penggunaan secara khusus (Special Purpose Computer) dan penggunaan secara umum (General Purpose Computer), berikut ini detailnya.

a. Komputer Untuk Penggunaan Khusus (Special Purpose Computer)

Komputer yang dirancang guna menyelesaikan permasalahan yang lebih spesifik atau khusus, dimana biasanya dikhususkan untuk menyelesaikan satu masalah saja.

Dengan program khusus yang sudah tersimpan di dalam komputer yang dapat berupa komputer digital ataupun komputer analog,

Special Purpose Computer itu lebih cenderung kepada komputer analog.

Special Purpose Computer sering digunakan dalam hal mesin kontrol otomatis di bidang industri-industri. Bahkan dalam bidang kemiliteran guna membantu navigasi kapal laut dan pesawat terbang.

Jadi komputer jenis ini hanya diprogram untuk satu tugas saja seperti contoh diatas yaitu untuk navigasi. Sehingga tidak memerlukan perubahan untuk menambahkan tugas yang berbeda pada komputer tersebut.

b. Komputer Untuk Penggunaan Umum (General Purpose Computer)

Komputer jenis ini dibuat untuk menemukan solusi dari berbagai macam masalah, sehingga bisa menjalankan bermacam-macam program untuk menyelesaikan berbagai jenis permasalahan yang berbeda.

Karena general pupose computer  tidak didesain untuk menyelesaikan masalah yang khusus atau satu masalah saja, maka dari itu rancangannya memiliki spesifikasi dibawah dari Special Purpose Computer serta kecepatannya lebih rendah.

General Purpose Computer digunakan dalam berbagai bidang yang umum seperti aplikasi perkantoran dan pendidikan dan lain sebagainya. Komputer jenis ini umumnya berupa komputer digital. 

Fungsi Komputer

media instalasi windows 10
pixabay.com

Seperti yang dilansir dari Techwalla, Fungsi Komputer yang perlu diketahui untuk lebih memahami tentang pengertian komputer yaitu,

Komputer sebagai alat pengolah data yang bekerja berdasarkan prosedur yang telah tersusun rapi untuk memudahkan pekerjaan manusia,

Selain itu komputer juga dapat berfungsi sebagai media komunikasi antar manusia dari dua tempat yang berbeda,

Komputer juga dapat difungsingkan sebagai hiburan, entah itu untuk nonton film, main game, karaoke dan mendengarkan musik.

Sebagai media belajar juga sangat bagus, karena sekarang sumber pngetahuan bisa didapatkan diinternet dengan mudah melalui komputer.

Jenis-jenis Komputer

computer
pixabay.com

Komputer dapat digambarkan dengan berbagai macam istilah. Istilah tersebut kebanyakan untuk menunjukkan ukuran komputer, fungsi serta kemampuan komputer.

Walaupun sebenarnya seluruh perangkat yang memiliki chip mikroprosesor dapat dikatakan sebagai komputer. Mayoritas orang memahami komputer sebagai perangkat penerimaan input dari brainware melalui mouse dan keyboard, diolah dan mengeluarkan hasil di layar.

Berikut jenis-jenis komputer yang perlu diketahui untuk memahami definisi komputer lebih dalam.

Personal Computer (PC)

Dari namanya sudah jelas bahwa PC dikhususkan untuk digunakan oleh satu orang. Tipe komputer inilah yang sering digunakan kebanyakan orang yang memiliki sistem operasi windows atau MacOS.

PC dulunya dikenal sebagai mikrokomputer karena didesain untuk penggunaan skala yang lebih kecil yaitu satu orang saja, berbeda dengan komputer yang digunakan untuk keperluan bisnis.

Desktop

Desktop dapat dikatakan sebagai nama lain dari PC, yang tidak dapat digunakan secara mobile, karena mengharuskan pemakaian di satu tempat yang permanen. Desktop lebih ungul dalam kekuatan, serta penyimpanan yang besar dengan biaya lebih murah dibandingkan dengan komputer portabel.

Laptop

Laptop merupakan salah satu jenis komputer portabel yang juga sering disebut sebagai notebook. Laptop merupakan rangkaian integrasi dari monitor, keyboard, touchpad (sebagai mouse), prosesor,memori dan hardisk serta baterai sebagai sumber daya listriknya.

Netbook

Netbook merupakan salah satu komputer portabel atau ultra-portable karena lebih kecil dari laptop pada umumnya. Biaya yang cenderung lebih murah untuk mendapatkannya dibanding dengan laptop.

Namun, ada harga ada rupa, spesifikasi internal netbook lebih minim dibandingkan dengan laptop karena diperuntukkan bagi kebutuhan yang minim.

PDA

PDA (Personal Digital Assistant) hampir sama dengan laptop namun lebih sering mengutamakan penggunaan flash memory ketimbang hardisk sebagai penyimpanan data.

Komputer jenis ini hampir sama dengan smartphone jaman sekarang karena menggunakan teknologi layar sentuh sebagai perangkat  input pengguna. 

Workstation

workstation adalah desktop dengan kemampuan prosesor yang lebih kuat, serta memori tambahan dengan peningkatan kapabilitas dalam melakukan beberapa kumpulan program, misalnya pembuatan animasi 3D atau pengembangan game.

Server

Server merupakan komputer dengan pengoptimalan terhadap penyampaian layanan kepada komputer lain (komputer cilen) melalui jaringan komputer. Server sudah seharusnya memiliki prosesor, memori dan hard drive yang besar sehingga mampu mengakomodir seluruh komputer clien yang terhubung.

Mainframe

Awal terbentuknya komputer dengan ukuran yang sangat besar sampai melebihi satu ruangan dan hanya memiliki kemampuan yang minim inilah yang disebut sebagai komputer mainframe.

Namun sekarang istilah mainframe berubah menjadi komputer utama dalam sebuah perusahaan besar yang digunakan sebagai mesin pengolah jutaan transaksi yang ada tiap harinya.

Supercomputer

Jenis komputer ini biasanya sangat mahal, harganya bisa sampai ratusan ribu dolar bahkan jutaan. Mahal karena memiliki spesifikasi yang benar-benar tinggi beratus-ratus kali lipat komputer pada umumnya.

Superkomputer dapat terdiri dari beberapa komputer berspesifikasi tinggi yang dikombinasikan menjadi satu kesatuan komputer yang terhubung secara paralel. Salah satu contoh superkomputer yang terkenal adalah rancangan dari Cray Supercomputers.

Wearable computer

Jenis komputer yang memiliki kemampuan penggunaan tanpa kabel yang dapat terhubung dengan berbagai macam perangkat seperti jam tangan(smartwatch), smartphone, dan perangkat wearable lainnya.


Demikian penjelasan mengenai pengertian komputer dari berbagai sumber beserta fungsi dan jenisnya untuk mengenali fundamental dari teknologi komputer, semoga bermanfaat.

See you on next article . . . . 😀

Ayo Komentari Artikel Ini