mata kuliah teknik informatika

Daftar Mata Kuliah Teknik Informatika yang Wajib Kamu Ketahui

Jurusan Teknik Informatika merupakan salah satu jurusan yang biasanya ada di Fakultas Teknik dengan beragam mata kuliah Teknik Informatika yang sangat impresif.

Dimana hal yang dipelajari adalah bagaimana memecahkan suatu permasalahan menggunakan model-model matematika yang di eksekusi menggunakan komputer.

Pengolahan data dengan menggunakan model matematika ini meliputi perubahan data dan pengolahan informasi secara digital melalui teknologi komputer semaksimal mungkin.

Karena itu Jurusan Teknik Informatika merupakan jurusan terbaik dan jurusan paling favorit di Indonesia.

Kemampuan dasar yang diperlukan untuk bisa menjadi seorang mahasiswa IT adalah pemikiran yang logis dan terstruktur.

Bagi kamu yang baru mau masuk ke jurusan Teknik Informatika atau barangkali sudah menjadi mahasiswa Teknik Informatika kamu harus terbiasa dengan yang namanya belajar mandiri melalui internet.

Karena pengembangan ilmu Teknik Informatika 80% terdapat di internet bahkan bisa dianggap 100%. Kamu pasti bisa menemukan berbagai macam materi belajar tentang IT di Internet. 

Namun dibangku kuliah juga diajarkan berbagai macam materi dasar tentang IT, bedanya ketika kita belajar secara mandiri di Internet pola belajar kita akan menjadi tidak terstruktur.

Dibandingkan dengan belajar di bangku kuliah yang kurikulumnya sudah terstruktur, dari mana yang harus dipelajari terlebih dahulu sampai ke materi yang lebih advance.

Ada berbagai macam materi kuliah yang diajarkan di jurusan teknik informatika, berikut mata kuliah jurusan teknik informatika yang wajib diketahui bagi kamu yang mau masuk jurusan IT.

Mata Kuliah Umum

Mata Kuliah Umum

Mata Kuliah Umum yang menjadi mata kuliah pendukung bagi berbagai macam jurusan kuliah adalah mata kuliah yang berkaitan dengan kegiatan sosial seperti Bahasa, Metode Penelitian, Agama, dan Kewirausahaan.

Adapun berbagai mata kuliah umum yang termasuk dalam mata kuliah teknik informatika tersebut yang juga menjadi mata kuliah dasar wajib di seluruh perguruan tinggi di Indonesia adalah sebagai berikut, 

  1. Bahasa Indonesia
  2. Bahasa Inggris
  3. Metode Penelitian /Riset Operasi
  4. Kewarganegaraan
  5. Ilmu Sosial Budaya Dasar
  6. Etika Profesi
  7. Pendidikan Agama
  8. Kewirausahaan & Manajemen

 

Mata Kuliah Sains dan Matematika

mata kuliah teknik informatika matematika dan science
pixabay.com

Dasar ilmu komputer dan Teknik Informatika adalah ilmu sains dan teknologi, jadi sudah cukup jelas kalau yang berhubungan dengan komputer adalah Matematika, Fisika, dan dasar Elektronika.

Dalam bidang ilmu komputer terbagi menjadi beberapa cabang ilmu untuk bisa memahami definisi komputer yaitu HardwareSoftware, Sistem Informasi dan Jaringan Komputer.

Dari sini sudah terlihat bahwa Teknik Informatika lebih fokus kepada pengembangan software, dimana software selalu berhubungan dengan yang namanya Algoritma yang terbentuk dari model dan logika matematika.

Sehingga sudah hal yang wajib bagi mahasiswa IT untuk mempelajari ilmu Matematika. Selain Matematika masih ada beberapa mata kuliah yang wajib di pelajari oleh mahasiswa IT terkait logika, diantaranya

  • Aljabar 
  • Fisika Dasar
  • Kalkulus I dan Kalkulus II
  • Logika Matematika (Logika Informatika)
  • Matematika Diskrit
  • Metode Numerik
  • Statistik

Mungkin bagi sebagian orang tidak suka dengan mata kuliah yang berhubungan dengan matematika, malahan hampir kebanyakan siswa SMA tidak menyukainya.

Namun bukan berarti orang yang tidak menyukai matematika tidak bisa menjadi orang IT apa lagi anak IPS yang mata pelajarannya berbeda jauh dengan anak IPA.

Bagi kamu yang ingin sekali masuk kuliah di jurusan IT tapi kamu tidak menyukai matematika dan sains, kamu masih bisa masuk di jurusan Sistem Informasi dimana tidak sesulit Teknik Informatika dalam hal matematik.

Mata Kuliah Teknik Informatika Dasar

mata kuliah teknik informatika dasar
pixabay.com
  1. Pengantar Teknologi Informasi
  2. Algoritma dan Pemprograman
  3. Struktur Data
  4. Jaringan Komputer
  5. Organisasi Komputer
  6. Multimedia

Daftar Mata Kuliah diatas adalah mata kuliah dasar Teknik Informatika yang digunakan sebagai materi pengantar atau sebagai pengetahuan dasar sebelum mempelajari materi yang lebih komplek lagi.

Mata Kuliah tersebut di fokuskan untuk pengenalan skill atau sebagai materi adaptasi yang diimbangi dengan praktikum dari setiap mata kuliah.

Salah satu contoh mata kuliah dasar yang begitu penting adalah Struktur Data, mata kuliah ini berfungsi sebagai pondasi dalam membuat aplikasi seorang Software Developer.

Jika sudah menguasai materi tentaang Struktur Data, kedepannya akan lebih mudah dalam mempelajari berbagai macam bahasa pemrograman karena semua bahasa pemrograman menerapkan Struktur Data.

Contohnya seperti Array, Object, Stack, Graph, List dan lain-lain yang biasa digunakan dalam mengembangkan aplikasi. Jadi akan mudah dalam melakukan implementasi algoritma matematis kedalam sebuah program sengan menguasai materi Struktur Data.

Mata Kuliah Inti

mata kuliah teknik informatika wajib
pixabay.com

Basis Data

Mata Kuliah Basis Data merupakan level berikutnya dari mata kuliah Struktur Data, kalau Struktur Data berbicara tentang pola, struktur dan tipe Data sedangkan Basis Data menjelaskan tentang bagaimana mengolah data yang ada. 

Mahasiswa Teknik Informatika wajib mempelajari yang namanya Database termasuk dasar-dasarnya, dari teori sampai praktik pengembangan aplikasi dengan database. 

Setiap Universitas memiliki standar masing-masing dalam menyampaikan materi basis data menyesuaikan dengan kurikulum dari masing-masing Universitas.

Sistem Operasi

Mungkin kamu akan berfikir “wah Sistem Operasi itu gampang” kalau kamu beranggapan bahwa materi yang diajarkan hanya tentang penggunaan sistem operasi seperti Linux, Windows atau Mac OS.

Sebenarnya mata kuliah teknik informatika inti lebih mempelajari tentang bagaimana sih cara kerja dari Sistem Operasi dan bagaimana cara membuatnya.

Maka dari itu seharusnya mata kuliah Sistem Operasi dapat mengajarkan mahasiswa untuk mempraktikan membuat Sistem operasi yang dimulai dari Kernel, pengelolaan memori, System Call dan pengembangan driver untuk perangkat tertentu. 

Namun tidak semua Universitas dapat menerapkan hal tersebut karena terbatas pada Sumber daya pengajar yang kompeten dalam hal ini. Hanya beberapa materi praktik instalasi sistem operasi yang dimulai dengan pemilihan metode instalasi sistem operasi yang akan digunakan.

Jaringan Komputer

Jaringan Komputer juga merupakan mata kuliah yang lebih komplek lagi sampai dibagi dalam beberapa sub mata kuliah lagi yaitu dimulai dengan,

  • Pengantar Jaringan Komputer
  • Keamanan Jaringan
  • Cloud Computing
  • Implementasi Server

Bagi kamu yang pernah mengenyam pendidikan di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dengan jurusan Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ) pasti sudah sangat familiar dengan materi ini. Biasanya untuk dapat mengikuti mata kuliah ini harus memahami dulu tentang berbagai perangkat keras komputer yang digunakan dalam jaringan komputer.

Pemrograman Berorientasi Objek

Mata Kuliah ini merupakan mata kuliah lanjutan dari mata kuliah dasar Struktur data, dimana dalam mata kuliah ini dituntuk untuk mengembangkan aplikasi dengan struktur pemrograman yang lebih fleksibel. 

Organisasi dan Arsitektur Komputer

Pada mata kuliah ini akan mendalami ilmu tentang bagaimana suatu prosesor dari komputer bisa berkerja. Karena itu mata kuliah ini memilikki keterkaitan erat dengan mata kuliah Sistem Operasi.

Soalnya dalam pengembangan Sistem Operasi harus memperhatikan bagaimana Arsitektur Komputer yang akan digunakan untuk menjalankan Sistem Operasi yang kita buat.

Hal yang umum kita ketahui tentang prosesor adalah Intel Prosesor dan AMD padahal keduanya itu hanyalah produsen perancang dan pembuat prosesor yang sangat terkenal. Sebenarnya masih ada berbagai perusahaan lain yang mengembangkan Prosesor dengan Arsitektur yang berbeda-beda.

Bahasa Pemrograman  

Banyak bahasa pemrograman yang ada di dunia ini, tidak semuanya bisa dikuasai oleh seorang programmer. Jadi tidak semua Bahas Pemrograman diajarkan di jurusan Teknik Informatika. Semuanya tergantung universitas dalam mengembangkan kurikulum yang diajarkan kepada mahasiswanya.

Mata Kuliah pemrograman Teknik Informatika ada berbagai macam pemrograman seperti C, Java, PHP, HTML dan lain-lain.

Pemrograman Web

Mata kuliah pemrograman web berfokus pada bagaimana cara mengembangkan aplikasi berbasis web dari pembangunan sebuah server sampai jadi sebuah aplikasi berbasis web.

Makanya mata kuliah ini memiliki keterkaitan erat dengan mata kuliah Jaringan Komputer.

Mata Kuliah Pilihan / Spesialisasi

mata kuliah teknik informatika pilihan
pixabay.com

Mata kuliah pilihan merupakan bagian dimana seorang mahasiswa dituntut untuk menjadi seorang expert dalam salah satu bidang IT. 

Karena dalam mata kuliah pilihan semuanya memiliki tingkat kompleksitas yang sangat tinggi dibandingkan mata kuliah dasar dan mata kuliah inti sebelumnya.

Sebagai contoh mata kuliah Kecerdasan Buatan atau Artificial Intelligence, merupakan mata kuliah pengembangan dari berbagai macam ilmu exact matematika dan fisika yang dipadukan dengan bahasa pemrograman serta elektronika dan mikroprosesor.

Karena untuk bisa membangun suatu AI diperlukan perhitungan matang yang presisi agar kecerdasan yang diciptakan bisa seperti yang diharapkan, semisal berupa robot atau mesin produksi yang juga berhubungan dengan alat elektronik dan mikroprosesor.

Berikut ini beberapa mata kuliah pilihan yang dipelajari diberbagai universitas,

  • Biometric
  • Cloud Computing
  • Computer Vision
  • Data Mining
  • Keamanan Jaringan
  • Kecerdasan Buatan
  • Kriptografi
  • Mobile Programing
  • Mekantronika /Robotika
  • Machine Learning
  • Sistem Terdistribusi
  • Sistem Pakar
  • Semantic Web
  • Teori Bahasa dan Otomata

 Referensi Jurusan Teknik Informatika

referensi mata kuliah teknik informatika
pixabay.com

Jika kamu memiliki cita-cita menjadi seorang pakar IT dalam salah satu bidang IT sehingga kamu ingin mengambil studi di perguruan tinggi yang berakreditasi baik dalam hal Ilmu Komputer maupun Teknik Informatika.

Kamu bisa memilih jurusan Teknik Informatika ataupun jurusan Sistem Informasi dari berbagai kampus di Indonesia.

Namun sebelum menentukan pilihan alangkah lebih baiknya untuk mengenal lebih jauh tentang jurusan-jurusan yang ada di kampus tersebut.

Seperti bagaimana sih jurusan di UGM, Jurusan di ITB, atau Jurusan di beberapa Universitas ternama di Indonesia, agar bisa mengetahui bagaimana kualitas Universitas-universitas tersebut.

Ada banyak Universitas atau perguruan tinggi yang memiliki jurusan Teknik Informatika atau Sistem Informasi, berikut daftar Universitas dengan jurusan teknik informatika yang kami rekomendasikan yang bisa kamu jadikan sebagai referensi.

  • ITB (Institut Teknologi Bandung)
  • ITS (Institut Teknologi Surabaya)
  • UGM (Universitas Gadjah Mada)
  • Universitas Diponegoro (UNDIP)
  • Universitas Atmajaya Yogyakarta

Ayo Komentari Artikel Ini