jurusan kuliah terbaik

11 Jurusan Kuliah Terbaik di Dunia

Memilih jurusan kuliah terbaik tentu menjadi salah satu hal yang sangat penting. Karena mempertimbangkan berbagai macam faktor dari minat, bakat dan masa depan.

Kadang jurusan kuliah juga penentu dimana kita akan bekerja kelak setelah lulus kuliah.

Jangan sampai merasa telah salah masuk jurusan. Untuk itu, penting memilih jurusan kuliah terbaik yang tepat, di mana keyakinan akan menjadi penentu masa depan.

Ada banyak pilihan jurusan kuliah, namun tidak tahu mana sih jurusan kuliah yang terbaik. Terutama bagi yang mempunyai prestasi belajar tinggi, sehingga lebih leluasa memilih jurusan tertentu.

Usahakan jurusan kuliah yang dipilih bisa mendukung karir dan masa depan cerah.

Beberapa jurusan kuliah memiliki potensi prospek kerja yang begitu luas, namun beberapa jurusan lainnya justru menjanjikan pendapatan besar yang membuat keuangan mapan.

Oleh karena itu pahami terlebih dulu dengan baik jurusan-jurusan ini agar bisa memilih salah satu jurusan yang paling sesuai.

Berikut ini jurusan-jurusan kuliah terbaik yang diminati banyak orang, diantaranya:

1. Teknologi dan Engineering

jurusan kuliah terbaik teknik mesin
pixabay.com

Bidang Teknologi dan Teknik merupakan salah satu bidang yang paling bayak diminati oleh para akademisi. Karena Teknologi dan Teknik lah yang paling berpengaruh dalam perkembangan jaman dari waktu ke waktu.

Ada berbagai jurusan kuliah dalam bidang teknik dan teknologi diantaranya mencakup lima cabang keteknikan dan teknologi yang berbeda-beda.

Dari data yang didapat dari Top Universities, menunjukkan bahwa jurusan dalam bidang keteknikan yang paling populer dicari oleh para kalangan akademisi dari seluruh dunia adalah sebagai berikut,

  • Ilmu Komputer & Sistem Informasi
  • Teknik Kimia
  • Teknik Sipil & Struktural
  • Teknik Elektro & Elektronik
  • Teknik Mesin
  • Teknik Pertambangan & Mineral

Dari berbagai Universitas yang memiliki jurusan dalam bidang keteknikan dan teknologi dari seluruh dunia, ada satu universitas yang selalu menduduki peringkat 1 universitas terbaik dalam hal teknik dan teknologi.

Universitas yang mendominasi tersebut adalah Institut Teknologi Massachusetts (MIT), mungkin sudah cukup jelas ya kalau seluruh bidang diatas yang terbaik adalah dari MIT. Sedangkan peringkat 2 dan 3 ditempati oleh Universitas Stanford dan Cambridge. 

Peringkat Universitas ini bisa berubah setiap tahunnya, tidak menutup kemungkinan bidang teknik dan teknologi tingkat populernya menurun.

2. Ilmu Komputer dan Sistem Informasi

jurusan kuliah terbaik ilmu komputer
pixabay.com

Bidang keilmuan dari jurusan kuliah terbaik kedua adalah Ilmu Komputer dan Sistem Informasi yang sebenarnya masih termasuk dalam bidang keteknikan dan teknologi.

Namun karena tingkat kepopulerannya yang melebihi jurusan lainnya sehingga bisa dijadikan kategori peringkat tersendiri. Selain itu bidang ini merupakan subjek kuliah yang memiliki perkembangan yang paling cepat dibanding subjek kuliah lainnya.

Bidang ini lebih ditekankan dalam hal Kecerdasan buatan (Artificial Intelligence) dan Pengolahan Big Data. Maka dari itu MIT masih menduduki peringkat satu dalam subjek ini, karena kontribusi tingginya dalam Ilmu Komputer. 

3. Bisnis dan Manajemen 

jurusan kuliah terbaik manajemen bisnis
pixabay.com

Jurusan kuliah terbaik ketiga adalah studi tentang Manajemen dan Bisnis, yang memiliki banyak peminat sebagai jurusan kuliah yang begitu potensial dan prospek kerja yang meyakinkan. 

Data dari program Peringkat QS Business Masters dari To Universities, Universitas peringkat satu dunia memili fokus khusus terhadap tiga spesialisasi jurusan diantaranya keuangan, manajemen, dan analisis bisnis.

4. Farmasi dan Kedokteran

jurusan kuliah terbaik farmasi
pixabay.com

Dunia akan selalu membutuhkan yang namanya dokter dan staf kesehatan yang berkompeten dalam bidangnya. Hal ini yang menunjukkan bahwa ilmu farmasi dan Kedokteran sangat dibutuhkan sehingga banyak peminat yang ingin memasuki jurusan kuliah terbaik ketiga ini yaitu jurusan farmasi dan kedokteran.

Selain itu bidang farmasi yang berhubungan dengan kedokteran juga memiliki prospek kerja yang menjanjikan dengan iming-iming bayaran yang lumayan tinggi.

Universitas yang menduduki peringkat satu terkait dengan jurusan farmasi dan kedokteran adalah Universitas Harvard, selain itu karena Harvard juga merupakan salah satu Universitas Top Dunia yang disusul oleh Oxford dan Cambridge.

5. Ekonomi dan Ekonometrika

jurusan kuliah terbaik ekonomi
pixabay.com

Ekonomi merupakan hal yang pokok bagi sebuah negara, negara dapat dikatakan maju jika perekonomiannya stabil. Inilah kenapa banyak orang ingin masuk ke jurusan ekonomi.

Dalam bidang ekonomi terdapat Ekonometrika, yang membahas tentang hubungan perekonomian, mencakup teori ekonomi, statistika dan matematik dalam yang menjadi satu kesatuan konsep keilmuan tersendiri.

Pemecahan masalah ekonomi dalam ilmu ekonomi menggunakan teorama-teorama dalam bentuk model matematik yang kemudian dilakukan pengujian.

Model matematik ini menjadi model ekonometri sebagai pembantu penyelesaian prediksi dalam bentuk forecasting yang bersifat kuantitatif sehingga dapat memudahkan pengambilan keputusan.

Ada bagian yang penting dari ekonometri yaitu analisis regresi yang berfungsi sebagai penentu kaitan antar variabel. Selain itu juga ada 3 analisis lagi yaitu

  • Runtun Waktu (time series),
  • Antar Wilayah (Cross Section),
  • Analisi Data Panel.

Universitas dari Singapura yang bernama National University of Singapore (NUS) merupakan Universitas dengan jurusan Ekonomi dan Ekonometrika terbaik di Asia. Yang diikuti oleh Universitas Tokyo Jepang, Universitas Hongkong, Universitas Sains dan Teknologi Hongkong serta Universitas Peking China.

6. Ilmu Hukum

Dari data Top Unniversities didapat bahwa Universitas Harvard dari Amerika Serikat merupakan Universitas yang meduduki peringkat pertama sebagai perguruan tinggi yang mengajarkan ilmu hukum terbaik di dunia. 

Sampai kurun waktu 8 tahun terakhir ini Universitas Harvard bertahan di peringkat satu. Sampai saat ini belum ada yang mampu menggeser posisi peringkat pertama tersebut. Disusul oleh beberapa universitas ternama dunia lainnya, berikut datanya.

RankingNama UniversitasLokasi
1Harvard UniversityAmerika Serikat
2University of OxfordInggris
3University of CambridgeInggris
4Yale UniversityAmerika Serikat
5New York UniversityAmerika Serikat
5Stanford University *Amerika Serikat
7London School of Economic and Political Science (LSE)Inggris
8The University of MelbourneAustralia
9University of California, Berkeley (UCB)Amerika Serikat
10Columbia UniversityAmerika Serikat
11The University of SydneyAustralia
12University of ChicagoAmerika Serikat
13The University of New South Wales (UNSW)Australia
14University College London (UCL)Inggris
15The Australian National UniversityAustralia
16National University of SingaporeSingapura
17King’s College LondonInggris
18The University of Hong KongRRC
19University of TorontoKanada

7. Teknik Mesin, Teknik Industri dan Teknik Penerbangan

jurusan kuliah terbaik teknik
pixabay.com

Dari berbagai cabang teknik dan teknologi yang menjadi favorit mayoritas orang, ada 3 jurusan teknik yang jelas difavoritkan kebanyakan orang setelah ilmu komputer yaitu Teknik Mesin, Aeronautika dan Teknik Industri.   

Bidang ini memiliki propek kerja yang menjanjikan seperti Teknik Penerbangan Angkasa, Otomotif dan berbagai sektor lainnya.

MIT merupakan universitas dengan jurusan Teknis Mesin, Aeronautika dan Teknik Industri terbaik di dunia.

8. Humaniora dan Kesenian

jurusan kuliah terbaik seni
pixabay.com

Kesenian dan humaniora merupakan bidang keahlian yang semakin populer di berbagai kalangan selama beberapa kurun waktu terakhir ini.

Beberapa jurusan yang termasuk dalam bidang Kesenian dan humaniora adalah 

  • Arkeologi
  • Arsitektur 
  • Seni & Desain
  • Klasik & Sejarah Kuno
  • Bahasa & Sastra Inggris
  • Sejarah
  • Ilmu bahasa
  • Bahasa modern
  • Seni Drama
  • Filsafat
  • Teologi, Ketuhanan & Studi Agama

Seperti biasa Universitas yang menduduki peringkat pertama sebagai jurusan kuliah Kesenian dan Humaniora adalah Oxford dan Cambridge.

9. Akuntansi dan Keuangan

jurusan kuliah terbaik akuntansi
pixabay.com

Jurusan kuliah terbaik nomor sembilan adalah Akuntansi dan keuangan, kenapa Akuntansi ?

Di masa sekolah SMA sudah pernah dikenalkan tentang ilmu Akuntansi yang merupakan cabang dari ilmu ekonomi, akuntansi tidak hanya tentang keuangan tapi lebih luas lagi.

Ilmu yang dipelajari dalam akuntansi adalah pencatatan, pengukuran, pengolahan data serta segala hal yang berurusan dengan keuangan. Ilmu Akuntansi dan keuangan dimanfaatkan di berbagai macam bisnis di seluruh dunia.

Jadi prospek kerja jurusan Akuntansi cukuplah besar. Dengan perkembangan ilmu Akuntansi yang semakin pesat sehingga memunculkan berbagai macam cabang spesialisasi tersendiri diantaranya :

  • Akuntansi anggaran (budgeting accounting)
  • Akuntansi biaya (cost accounting)
  • Akuntansi internasional (international accounting)
  • Akuntansi keuangan (financial accounting)
  • Akuntansi lembaga nirlaba (non-profit accounting)
  • Akuntansi manajemen (Management accounting)
  • Akuntansi pajak (tax accounting)
  • Akuntansi pemeriksaan (auditing)
  • Akuntansi pemerintah/sektor publik (government accounting)
  • Sistem akuntansi (Accounting system)

Dalam jurusan Akuntansi yang menduduki peringkat nomer satu adalah Universitas Harvard.

10. Manajemen dan Ilmu Sosial

jurusan kuliah terbaik sosial
erabaru.net

11. Kesehatan

jurusan kuliah terbaik ilmu kesehatan
pixabay.com

Jurusan kuliah terbaik peringkat 11 adalah jurusan dalam bidang kesehatan, bagi para mahasiswa yang belajar dalam bidang kesehatan akan mampu dan menguasai seluk beluk dunia medis.

Keuntungan lain adalah peluang kerja d masa depan yang sangat menjanjikan. ini juga alasan kenapa tingkat keminatan bidang kesehatan semakin meningkat.

Universitas Helshinki adalah salah satu universitas terbaik dalam bidang kesehatan.


Itulah 11 Jurusan Kuliah Terbaik yang dapat dijadikan sebagai referensi dalam memilih jurusan kuliah, bagi kamu yang mau melanjutkan studi lanjut di luar negeri.

Ada juga loh kuliah gratis bagi kamu yang suka gratisan , hihihi, kamu bisa dapatkan secara online dan tentunya FREE

Sedangkan bagi kamu yang ingin kuliah di dalam negeri kamu bisa mencari beberapa referensi jurusan kuliah di beberapa jurusan kuliah di berbagai Universitas ternama di Indonesia, seperti Jurusan Kuliah di UGM, UI, ITB dan lain-lain.

Demikian Artikel tentang 11 Jurusan Kuliah Terbaik di Dunia semoga bisa bermanfaat bagi kamu yang ingin melanjutkan studi lanjut.  

See you on next article . . . . .:D

Ayo Komentari Artikel Ini