sejarah sistem operasi

Rangkuman Sejarah Sistem Operasi Secara Lengkap

Pengertian Sistem Operasi

Tahukah kamu bagaimana Sejarah Sistem Operasi dibuat?

Sistem Operasi adalah program yang berisi jutaan perintah yang berupa perangkat lunak yang ditugaskan untuk mengontrol dan mengelola kerja perangkat keras komputer sehingga mudah digunakan manusia.

Dalam bahasa Inggris Sistem Operasi disebut Operating System dengan singkatan OS, singkatan inilah yang biasa kita gunakan.

Sebagai perangkat lunak lapisan dasar komputer yang berlokasi di hardisk untuk bisa menjalankan berbagai aplikasi yang ada di komputer.

Jadi untuk bisa menjalankan berbagai macam aplikasi pembantu, Sistem Operasi harus berjalan terlebih dahulu.

Karena Sistem Operasi menjalankan perintah dasar berupa membaca memori hardsik, manajemen memori, penjadwalan tugas, dan interface pengguna.

sistem operasi komputer
pixabay.com | Sistem Operasi Komputer

Selain beberapa fungsi tersebut, ada fungsi lainnya yaitu :

  • Resource manager, merupakan pengelolaan memori seperti CPU, Disk Drive dan perangkat lainnya
  • Interface berupa perantara antara user dengan hardware dengan menyediakan tampilan kepada pengguna yang lebih user friendly.
  • Mengkoordinasi dan menyediakan fasilitas sehingga aktifitas yang kompleks dapat diatur dan dapat diproses secara berurutan .
  • Mengendalikan hak akses pengguna siapa saja yang berhak masuk ke sistem dan mengawasi aktifitasnya.

OS pada Komputer menjadikan software lainnya bisa mempergunakan memori degan efisien, melakukan input dan output melalui perangkat lain.

Jika ada software yang berjalan bersamaan, maka OS akan menjadwalkan waktu yang tepat, sehingga seluruh proses pada komputer yang berjalan membutuhkan waktu yang cukup bagi CPU untuk memprosesnya dan tidak akan saling bertabrakan.

Sejarah Sistem Operasi Komputer

sejarah sistem operasi
panictank.net | Sejarah Sistem Operasi

Ada perbedaan definisi komputer antara komputer jaman dulu dengan komputer jaman sekarang begitu jauh. Sehingga anak jaman sekarang mungkin tidak akan menyangka kalo komputer jaman dahulu ukurannya begitu besaar.

Hal ini berhubungan dengan sejarah Sistem Operasi yang berkembang mengikuti kebutuhan perangkat komputer yang meningkat. Sistem Operasi mengalami perkembangan yang sangat pesat yang dibagi kedalam lima generasi:

sejarah sistem operasi komputer
scienceaid.net | Sejarah Sistem Operasi

1. Generasi Pertama (1945-1955)

Pada masa perang dunia dua perkembangan sistem komputasi elektronik dimulai dengan sistem komputasi mekanik sampai kemudian beralih ke sistem komputasi elektronik.

sejarah sistem operasi komputer generasi pertama
cipherfacts.com | Komputer Generasi Pertama

Hal ini bertujuan untuk membantu manusia dalam berhitung, terutama menghitung keakuratan senjata dalam perang.  Karena dulu tujuan diciptakan komputer untuk membantu menyusun strategi perang, untuk meminimalisir kekeliruan.

Pada masa ini baru ada sistem komputasi elektronik belum ada sistem operasi, sehingga komputer jaman dulu harus diberi instruksi manual yang dikerjakan langsung.

2. Generasi Kedua (1955-1965)

Pada generasi Sistem Operasi yang kedua, perintah yang dikerjakan oleh sistem komputer sudah lebih sistematis, yaitu dengan adanya Batch Processing System.

Batch Processing System merupakan pengerjaan perintah yang dieksekusi secara berurutan dalam satu rangkaian proses.

Namun sistem ini belum bisa disebut sebagai Sistem Operasi, tetapi sudah ada beberapa fungsi dasar Sistem Operasi yang digunakan.

sistem operasi komputer generasi kedua
slideshare.com | Komputer Generasi Kedua

Fungsi tersebut diantataranya FMS (Fortran Monitoring System) dan IBSYS.

FMS fungsi dasar Sistem Operasi dari bahasa pemrograman pada komputer generasi kedua yang dikembangkan oleh IBM yang sistem kerjanya memproses suatu perintah yang dieksekusi secara berurutan.

Begitu juga dengan IBSYS, namun funsi ini dikhususkan untuk menjalankan program monitor dasar yang ditanamkan pada komputer IBM 7090 dan IBM 7094.

Jadi bisa dikatakan pada generasi ini Sistem Operasi pertama baru terbentuk.

3. Generasi Ketiga (1965-1980)

Generasi Sistem Operasi ketiga lebih mengarah kepada peningkatan usabilitas yaitu multiuser dan multitasking.

komputer generasi ketiga
tutorialspoint.com | Komputer Generasi Ketiga

Multiuser dimaksudkan agar komputer dapat digunakan oleh banyak pengguna agar pengguna bisa berkomunikasi secara interaktif. Konsep iilah yang kemudian berkembang menjadi jaringan komputer atau online.

Multitasking adalah kemampuan komputer dalam mengeksekusi berbagai macam perintah atau program secara bersamaan.

sistem operasi komputer generasi keempat
Prosesor dan Jaringan

Pada generasi inilah perkembangan Sistem Operasi cukup signifikan.

4. Generasi Keempat (Pasca 1980an)

Perkembangan Sistem Operasi di era 90an merupakan perkembangan yang cukup signifikan yaitu terkait dengan tampilan Sistem Operasi yang sudah berupa Grafik dan Gambar.

Para pengguna komputer di generasi keempat begitu excited dengan perubahan Sistem Operasi yang sebelumnya hanya berupa layar hitam disertai dengan tulisan putih yang disebut Command Line Interface (CLI).

komputer generasi keempat
tutorialspoint.com |Komputer Generasi Keempat

Interfacenya berubah menjadi lebih menarik dengan adanya grafik dan gambar yang disebut dengan Graphical User Interface (GUI).

Selain dalam hal interface, perkembangan lainnya adalah tentang konsep koneksi antar komputer atau jaringan komputer yang lebih luas lagi.

5. Generasi Kelima (2001 sampai Sekarang )

komputer generasi kelima
tutorialspoint.com | Komputer Generasi Kelima

Definisi komputer menjadi lebih berkembang lagi kearah robot, karena pada awal abad milenium ini Sistem Operasi sudah memiliki kemampuan kecerdasan buatan atau biasa disebut sebagai Artificial Intelegence (AI).

Kegunaan Sistem Operasi sudah lebih meluas lagi, tidak hanya dalam hal hitung-menghitung dan dokumentasi saja. Sekarang Sistem Operasi sudah terbagi menjadi berbagai jenis menyesuaikan bidang dan fungsinya.

 

SEJARAH SISTEM OPERASI DARI WINDOWS, MAC dan LINUX

sejarah sistem operasi
computingforever.com | sejarah sistem operasi

Perkembangan komputer dari generasi pertama sampai generasi sekarang ini menyebabkan banyaknya macam-macam sistem operasi yang tercipta untuk memenuhi kebutuhan pengguna dan menyesuaikan kemampuan komputer yang ada, berikut ini sejarah perkembangannya.

Tahun 1980

Sejarah sistem operasi pertama dimulai ketika komputer pertama yang memiliki Sistem Operasi adalah Microsoft. Pemiliknya yang bernama Bill Gates membeli sebuah Sistem Operasi ber-interface CLI bernama QDOS.

QDOS (Quick and Dirty Operating System) adalah rancangan tim Peterson dari perusahaan Seattle Computer yang sebelumnya memiliki nama 86-DOS, karena sebelumnya dirancang untuk prosesor Intel 8086.

Sampai kemudian lisensinya dibeli oleh Bill Gates dan Dia meraup keuntungan besar dengan menjualnya keberbagai perusahaan komputer, ini merupakan sejarah awal dari sistem operasi windows.

 

Tahun 1981

Bill Gates menggunakan nama MS DOS (Microsoft DOS) untuk Sistem Operasi QDOS yang dibelinya, dan dia menjualnya dengan nama tersebut.

Microsoft juga menjalin kerja sama dengan perusahaan komputer yang terkenal pada saat itu yaitu IBM, dengan meluncurkan produk yang sama namun berbeda nama yaitu PC DOS.

Jadi IBM dan Microsoft menjual Sistem Operasi yang sama berupa DOS, namun dengan nama produk yang berbeda yaitu PC DOS dan MS DOS.

Tahun 1983

Pada tahun 1983 Microsoft mengeluarkan versi baru dari Microsoft DOS yaitu MS DOS 2.0.

Sistem Operasi ini diluncurkan bersamaan dengan komputer PC XT, sebuah komputer rancangan IBM dengan internal harddrive. Seperti namanya, XT (Extended Technology) adalah komputer yang khusus dirancang untuk para pebisnis.

Tahun 1984

Microsoft kembali meluncurkan versi 3.0 dan versi 3.1 dari MS DOS yang dikhususkan untuk PC AT yang menggunakan Prosesor Intel 80286 dan kapasitas hardisk lebih dari 10 MB.

PC AT merupakan versi lebih canggih dari PC XT seperti namanya yaitu AT singkatan dari Advance Technology. PC AT didukung dengan Fitur jaringan yang disokong lagi oleh MS DOS versi 3.1.

Tahun 1985

Pada tahun inilah dunia sudah mulai mengenal Sistem Operasi berbasis GUI dengan produk keluaran Microsoft yaitu Windows 1.0. dan produk keluaran Apple yaitu Mac 1.

Kedua-duanya mempunyai kemampuan multitasking yang sama, namun Windows 1.0 masih kalah dengan Mac 1.

 

Tahun 1986

Microsoft terus melakukan pengembangan Sistem Operasinya, setelah mengalami kegagalan pada produk Windows 1.0. Microsoft kembali meluncurkan MS DOS 3.2 dengan fitur pembacaan memori floppy 3.5 inch 720 KB.

Tahun 1987

IBM mulai kembali bersaing dengan mengeluarkan Sistem Operasi berbasis GUI bernama OS/2 untuk meggantikan Sistem Operasi IBM PC DOS yang berbasis CLI.

Disamping itu Microsoft mengeluarkan versi terbaru dari MS DOS yaitu versi 3.3 yang merupakan versi terpopuler dari versi-versi sebelumnya.

Microsoft juga meluncurkan versi Windows 2.0 bersamaan dengan MS DOS 3.3.

Tahun 1988

Di tahun 1988, Microsoft memeperkenalkan Sistem Operasi DOS berbasis GUI  yaitu dengan meluncurkan MS DOS versi 4.0.

Tahun 1990

Karena versi 4.0 MS DOS mulai beralih ke interface GUI, mejadikan Sistem Operasi Windows  mulai diminati dengan diluncurkannya Windows versi 3.0.

Pada versi Windows 3.0 Microsoft melengkapinya dengan aplikasi perkantoran berupa Word, Excel dan Powerpoint. Sehingga membuat aplikasi perkantoran lainnya seperti Lotus 123, Wordstar, Word Perfect dan Quattro tersingkir.

Dilain sisi perusahaan bernama Digital Research mengeluarkan OS baru bernama DR DOS 5.0.

Tahun 1991

Dengan meningkatnya kebutuhan bisnis dan perkantoran yang selalu mengutamakan keamanan data membuat Microsoft berinovasi lagi pada MS DOS versi 5.0 dengan menambahkan fitur fullscreen editor, undelete, unformat dan Qbasic.

Tahun 1992

Pada tahun ini Microsoft tidak meuncurkan versi terbaru dari Sistem Operasi MS DOS, Namun tetap merilis versi erbaru dari Windows yaitu Windows 3.1. disusul dengan Windows workgroup.

Tahun 1993

Tahun 1993 Microsoft mulai berfokus mengembangkan Sistem Operasi khusus untuk Server Jaringan dengan melucurkan Sistem Operasi Jaringan Windows NT.

Pada tahun yang sama dirilis juga versi MS DOS 6.0 Upgrade dan MS DOS 6.2. Dengan Fitur kompresi hardisk Double Space.

Tahun 1994

Ini adalah tahun untuk mengucapkan sayonara pada Sistem Operasi MS DOS, dengan diluncurkan versi terakhirnya yaitu MS DOS versi 6.22.

Karena Microsoft  berhenti mengembangkan MS DOS dan menggantikannya dengan MS Windows 95, Seorang Mahasiswa dari Universitas Wisconsin River Falls bernama Jim Hall membuat versi gratis dari MS DOS yaitu Free DOS.

Tahun 1995

Dengan berhentinya pengembangan MS DOS, muncullah Windows versi terbaru yaitu Windows 95, karena diluncurkan pada tahun 1995 menjadi sejarah sistem operasi windows yang gemilang.

Peluncuran Windows 95 bersamaan dengan rilisnya lagu baru dari Rolling Stones yaitu Start Me Up. Selain itu diluncurkan juga Sistem Operasi terbaru Windows yaitu Windows CE.

Disamping itu IBM mengeluarkan versi terakhir dari Sistem Operasi PC DOS yaitu PC DOS 7 yang dilengkapi dengan program pengkompres data bernama data Stacker.

Tahun 1996

Pada tahun 1996 Microsoft meluncurkan Sistem Operasi Windows NT versi 4.0.

Tahun 1997

Pada tahun ini perusahaan Rival Microsoft yaitu Apple Inc memperkenalkan nama Sistem Operasi terbarunya yaitu Mac OS versi 7.6.

Tahun 1998

Dengan dikeluarkannya versi Windows baru ditahun 1998 yaitu Windows 98, Microsoft membuat fitur baru untuk melengkapinya yaitu Internet Explorer.

Internet Explorer (IE) merupakan web browser buatan Microsoft yang telah berhasil menyaingi aplikasi browser Netscape Navigator.

Tahun 2000

Sejarah sistem operasi pada tahun Milenium ini Apple memodifikasi Sistem Operasinya Mac OS yang sebelumnya menggunakan basis kernel DOS diganti mejadi BSD UNIX.

Pada saat yang sama Microsoft merilis Windows 2000 sebagai versi terbaru dari Windows NT dan Windows Me sebagai Versi terakhir dari Windows 95 setelah versi 98.

Tahun 2001

Tahun 2001 merupakan tahun dimana Sistem Operasi Windows XP dilahirkan sebagai pengganti Windows Me.

Tahun 2003

Tahun 2003 merupakan tahun dimana Sistem Operasi Windows 2003 Server dilahirkan sebagai pengganti Windows 2000 Server.

Tahun 2007

Sejarah sistem operasi pada tahun 2007 biasanya Microsoft selalu mengeluarkan versi terbaru dari salah satu produk Sistem Operasinya setiap tahun. Namun setelah OS Windows XP dan Windows 2003 Server, Microsoft tidak mengeluarkan versi terbaru apapun sampai tahun 2007.

Setelah tertunda selama 4 tahun akhirnya Microsoft meluncurkan Sistem Operasi Windows Vista, dengan fitur 3D Desktop dan Aero Glass, SideBar, dan Flip 3D.

Sayangnya dengan grafik yang indah membutuhkan spesifikasi komputer yang sangat tinggi. Hal ini membuat Windows Vista kurang diminati bahakan disebut sebagai produk gagal.

Tahun 2009

Dua tahun kemudian Microsoft mengeluarkan versi stabil dari Windows Vista yaitu Windows 7. Dengan menjaga grafik yang bagus dari Windows Vista tapi tetap stabil seperti Windows XP.

Tahun 2012

Setelah selama 3 tahun bertahan pada Windows 7, akhirnya Microsoft mengeluarkan Versi terbaru lagi yaitu Windows 8 dengan interface yang lebih baru lagi berupa Grid.

Tahun 2013

Window 8.1 dirilis oleh Microsoft untuk menyempurnakan Windows 8, namun performanya malah berkurang.

Tahun 2015

Update versi windows intervalnya mulai lama yaitu antara 2-3 tahun baru merilis versi terbaru.

Setelah Windows 8.1 langsung muncul Windows 10 ditahun 2015 tanpa adanya versi 9-nya. Sistem Operasi Windows inilah yang sekarang sangat populer.

Ada berbagai cara untuk bisa menggunakan Sistem Operasi Windows 10 dilaptopmu, kamu bisa melakukan upgrade windows melalui windows 7 dan windows 8. Selain itu juga bisa melakukan instal Windows 10 sendiri.


Itulah Sejarah Sistem Operasi yang dapat kamu pelajari sebagai pengetahuan dasar bagaimana teknologi berkembang dengan pesat.

Jadi jangan sampai tidak mengikuti asal muasal dibuatnya suatu teknologi untuk bisa mengikuti perkembangan teknologi kedepannya.

Ayo Komentari Artikel Ini