penerapan hukum newton

33+ Penerapan Hukum Newton di Kehidupan Sehari-hari

Penerapan Hukum Newton – Kehidupan harian manusia tidak pernah lepas dari yang namanya Hukum Newton. Dimana Hukum Newton merupakan hasil pemikiran Sir Isaac Newton yang terdiri dari tiga hukum fisika.

Untuk mengetahui seperti apa saja contoh penerapan hukum newton yang ada, alangkah lebih baiknya ketahui terlebih dahulu apa itu Hukum Newton, agar mudah materi ini nantinya.

Isaac Newton sebagai penemu hukum newton menuliskannya dalam karyanya yang berjudul Philosophiae Naturalis Principia Mathematica.

Buku ini diterbitkan pada tanggal 5 Juli 1687, yang menggambarkan hubungan antara benda dan pergerakannya dengan gaya yang bekerja dalam benda tersebut.

Didalam bukunya Newton menjelaskan bahwa ketiga hukum yang dia cetuskan semuanya berhubungan dengan gerak suatu benda.

Hukum Newton yang pertama menjelaskan tentang benda yang akan selalu mempertahankan posisinya, jika benda tersebut awalnya diam maka dia akan tetap diam, sebaliknya jika benda tersebut bergerak lurus beraturan maka posisi kecepatannya tetap, tidak akan berubah.

Sedangkan Hukum Newton yang kedua menunjukkan bahwa percepatan benda berbanding lurus dengan gayanya dan berbanding terbalik terhadap massanya.

Lalu Hukum Newton yang ketiga menjelaskan antara reaksi timbal balik dari suatu benda yang diberi sebuah gaya akan memberikan gaya yang sama besarnya pada benda yang memberinya gaya.

Untuk lebih memahami bagaimana Hukum Newton bekerja pahamilah contoh-contoh penerapan Hukum Newton berikut ini, sehingga kamu akan bisa mengetahui kriteria dari masing-masing Hukum Newton yang ada.

Penerapan Hukum Newton I

pendulum
pixabay.com

Bunyi dari Hukum Newton I menggambarkan resultan gaya yang dihasilkan adalah nol menyebabkan benda yang diam tetap diam dan benda yang bergerak lurus akan bergerak dengan kecepatan konstan.

Banyak penerapaan Hukum Newton I yang bisa kita lihat dan rasakan dalam kehidupan sehari-hari contohnya seperti berikut ini :

  1. Mesin Piston pada mesin mobil dan mesin bermotor lainnya, adanya gaya kinetik yang bekerja sehingga mesin bisa bergerak dengan kecepatan konstan.
  2. Gir pada mesin kendaran bermotor juga sama, yaitu menggunakan gaya kinetis agar bisa bergerak secara stabil.
  3. Ayunan Pendulum yang merupakan gerak harmonik, ketika diam pendulum akan tetap diam dan ketika diayunkan maka penduum akan terus memantul.
  4. Gelas yang berada diatas meja akan tetap diam jika tidak ada benda lain yang memberikan gaya pada gelas tersebut.
  5. Ketika seorang pemain Iceskiting meluncur dengan kecepatan konstan dikarenakan kecilnya gaya gesek pada sepatu dan es.
  6. Bola yang ditendang diatas es akan terus menggelinding kecuali ada gaya lain yang menghentikan karena gaya geseknya nol.
  7. Ketika menaiki mobil yang semulanya diam dan kemudian digas maka secara mendadak tubuh kita akan tersentak kebelakang karena tubuh kita berusaha mempertahankan posisinya.
  8. Begitu juga ketika mobil sedang berjalan dan kemudian direm mendadak. Maka tubuh kita akan condong kedepan karena berusaha mempertahankan kedudukan pada kelajuan tetap.
  9. Mobil yang berhenti di parkiran akan tetap diam selama gaya mekanik dalam mesin mobil belum menyala.
  10. Air akan tetap tenang jika tidak ada benda yang menyentuhnya sehingga membuat gelombang.
  11. Bola billiard tidak akan masuk lubang atau tetap diam jika tidak dipukul.

Kamu juga bisa melihat video berikut ini untuk lebih jelas mengenai penerapan Hukum Newton I.

Penerapan Hukum Newton I

Penerapan Hukum Newton II

ski salju
pixabay.com

Isaac Newton menyebutkan dalam teorinya bahwa gaya yang bekerja terhadap sebuah benda akan menimbulkan percepatan yang berbanding lurus dengan resultan gayanya dan akan berbanding terbalik terhadap massanya.

Pernyataan tersebut dikenal sebagai Hukum Newton II yang contoh penerapannya bisa kita lihat dalam berbagai aktivitas kehidupan yang kita kerjakan sehari-hari, Berikut ini contoh penerapan Hukum newton kedua,

  1. Kendaraan yang melaju diturunan kecepatannya akan semakin meningkat ketimbang dijalan yang lurus-lurus saja.
  2. Ketika orang yang memiliki tenaga lebih besar menendang bola maka bola akan melaju lebih cepat, berbeda dengan bola yang ditedang oleh orang yang bertenaga kecil maka bola cenderung lambat.
  3. Buah apel yang jatuh dari pohon ketika semakin dekat dengan tanah maka kecepatan akan semakin tinggi.
  4. Gerobak yang di dorong oleh satu orang akan lebih lambat ketimbang didorong oleh lima orang.
  5. Balok yang ringan akan lebih mudah dipindahkan dari pada balok yang memiliki beban yang lebih berat.
  6. Ketika akan memindahkan meja dengan cara mendorongnya. Maka akan timbul percepatan dorong yang lebih cepat menggunakan tenaga orang dewasa dibandingkan dengan tenaga anak kecil.
  7. Mobil bermassa dua ton dan berjalan dengan kecepatan 2 m/s.
  8. Ketika menurunkan barang dari mobil box menggunakan bidang miring.
  9. Mobil balap yang berjalan dilintasan akan memperoleh kecepatan yang berbanding lurus dengan gaya dan berbanding terbalik dengan massanya.
  10. Pemain ski di salju yang meluncur dari bukit salju akan bergerak meluncur dengan kecepatan konstan.
  11. Pergerakkan partikel bermuatan listrik akan terus bergerak jika tidak ada gaya luar yang mempengaruhinya.

Agar lebih jelas lagi ,perhatikan contoh penerapan Hukum Newton pada video berikut ini.

Penerapan Hukum Newton II

Penerapan Hukum Newton III

pukulan ke meja
pixabay.com

Aksi-reaksi merupakan gaya yang timbul karena singgungan antara dua benda yang saling bertolak belakang. Gaya inilah yang disebut Hukum Newton III.

Gaya aksi yang diberikan suatu benda terhadap benda lain akan mendapatkan reaksi gaya yang nilainya sama dengan gaya aksi yang diberikan. Hukum aksi-reaksi ini bisa kita temui di keseharian kita, berikut contoh penerapan Hukum Newton III,

Contoh Penerapan Hukum Newton 3

  1. Berjalan, berlari atau berdiri diatas tanah merupakan salah satu peristiwa terjadinya gaya gravitasi. Dimana kaki akan memberikan gaya dorong pada tanah. Gaya dari kaki merupakan aksi dan tanah akan membalikkan gaya tersebut sebagai gaya reaksi.
  2. Meluncurnya roket ke ruang angkasa merupakan peristiwa aksi-reaksi yang ditimbulkan dari roket melawan gaya gravitasi.
  3. Tangan yang menekan tembok akan membuat telapakk tangan menjadi pipih karena gaya reaksi dari tembok.
  4. Balon mainan yang berisi udara kemudian dilepaskan begitu saja akan mengeluarkan udara dari dalam balon yang akan memberikan gaya dorong terhadap udara diluar balon. Sehingga udara diluar balon akan memberikan gaya reaksi terhadap balon.
  5. Atlet lompat jauh ketika mendarat ditanah akan memberikan gaya aksi terhadap tanah yang menyebabkan tanah memberikan reaksi balik terhadap kaki atlet.
  6. Peluru yang ditembakkan dari pistol akan memberikan gaya reaksi terhadap pistol sehingga pistol akan tersentak ke belakang.
  7. Tali yang diikatkan di batang pohon kemudian ditarik maka orang yang menarik talinya memberikan gaya aksi terhadap pohon dan pohon memberikan gaya reaksi terhadap orang tersebut.
  8. Benda yang berada diatas meja akam memberikan gaya aksi terhadap meja dengan beratnya sedangkan meja akan membalikkan gaya tersebut sebagai reaksi.
  9. Burung yang terbang dengan mengepakkan sayapnya bisa terbang karena gaya aksi yang diberikkan sayap burung terhadap udara. Kemudian udara  memberikkan reaksi terhadap burung sehingga bisa terbang.
  10. Orang yang bersandar di tembok memberikan gaya terhadap tembok sebaliknya tembok memberikan reaksi gaya yang sama terhadap orang tersebut.
  11. Seperti mesin roket pada pesawat ulang alik, ada juga mesin yang gaya aksi reaksinya sama yaitu mejin jet pada pesawat jet. Gaya dorong dari msin jet yang besar menjadikkan udara memberikkan gaya reaksi yang besar sehingga pesawat bisa terbang.

Hukum Newton ketiga dapat lebih kamu pahami dengan menyimak video berikut ini.


Demikian contoh penerapan Hukum Newton di kehidupan sehari-hari semoga bermanfaat.

See you on next article . . . 😀

Ayo Komentari Artikel Ini