Ajang Bergengsi Anak SMK

lomba-kompetensi-siswa-smk
cahbrogo.net

Bagi kamu yang menimba ilmu di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), sekolah setingkat SMA yang terdiri dari berbagai macam jurusan bisa disebut sebagai anak SMK, ada ajang bergengsinya loh yaitu LKS SMK.

Tidak seperti di SMA yang hanya memiliki dua jurusan saja IPA dan IPS, paling banyak tiga IPA, IPS dan Bahasa. Berbeda dengan SMK yang lebih bervariasi, kamu bisa memilih jurusan yang sesuai dengan pasion kamu.

Mayoritas orang yang masuk SMK adalah orang yang ingin segera bekerja setelah menyelesaikan pendidikan menengah atas. Karena di SMK langsung di ajarkan kemampuan yang lebih spesifik dalam dunia kerja. 

Di SMK kamu akan menemukan berbagai macam jurusan, hampir 130-an jurusan yang ada di SMK yang terbagi dalam 38 bidang.

lomba LKS siswa smk
tribunnews.com

Tidak bisa saya sebutkan satu persatu karena saya sebenarnya tidak mengetahui sepenuhnya apa saja jurusan di SMK. Yang akan saya ceritakan disini adalah jurusan saya sendiri.

Yaitu jurusan Teknik Komputer dan Jaringan.

Teknik Komputer dan Jaringan

LKS SMK TKJ
smkmuhaboja.sch.id

Kamu tahu apa itu jurusan Teknik Komputer dan Jaringan atau biasa disingkat TKJ. Dari judulnya saja kamu mungkin sudah mengetahuinya, yaitu jurusan yang mempelajari komputer dan jaringan komputer.

Yap di jurusan inilah saya belajar, di jurusan ini juga saya mengenal lebih dalam tentang dunia komputer. Semakin dipelajari semakin luas, apa lagi perkembangan ilmu komputer begitu cepat.

Seperti pepatah yang mengatakan,

“Semakin banyak yang kita tahu,

Semakin banyak hal yang tidak kita ketahui”

Maka dari itu jika kamu sudah merasa sangat pintar,  artinya sudah lama kamu tidak mempelajari sebuah bidang ilmu yang baru.

Ilmu komputer memiliki cabang ilmu yang begitu banyak, namun yang saya pelajari di jurusan TKJ hanya sebatas dasarnya saja seperti bagaimana memasang sistem operasi mengoperasikan, troubleshouting,  merakit dan membongkar komputer.

Semua dasar tentang komputer diajarkan di kelas X SMK, dikelas XI sudah mulai diajarkan tentang bagaimana membangun jaringan komputer. Dimulai dari antar meja, antar ruangan, antar bangunan, antar kota, antar provinsi sampai antar benua.

Ilmu tentang jaringanlah yang menjadi pokok materi di jurusan TKJ, karena itulah dalam ajang perlombaan SMK Jurusan TKJ, Ilmu jaringan menjadi poin utama dalam perlombaan. Perlombaan yang sudah menjadi adat diselenggarakan tiap tahun untuk seluruh siswa SMK se-Indonesia yaitu Lomba Kompetensi Siswa (LKS).

Lomba Kompetensi Siswa

Related image
mbarepset.blogspot.com

Untuk meningkatkan kemampuan siswa SMK, pemerintah mengadakan kompetensi antar siswa SMK se-Indonesia. Seluruh siswa diadu untuk menunjukan siapa yang paling menguasai kemampuan di jurusannya masing-masing.

Kompetisi ini dinamakan Lomba Kompetensi Siswa atau biasa disingkat LKS. Lomba ini setara dengan lomba OSN (Olimpiade Sains Nasional).

Bagi pemenang tingkat nasional OSN maupun LKS akan diikutsertakan dalam kompetisi tingkat Internasional.

Siswa yang mewakili sekolahnya untuk mengikuti kompetisi ini akan sangat merasa bangga. Namun menanggung tanggung jawab yang cukup besar karena diberi kepercayaan oleh sekolah untuk mengharumkan nama sekolahnya.

Kamu yang sudah pernah mengikuti kompetisi atau lomba apapun pasti pernah merasakannya. 

Ada sekitar 51 cabang ilmu yang di lombakan kamu bisa melihat data tersebut di situs Ditpsmk.

LKS Tingkat Sekolah anak SMK

LKS ANAK SMK TKJ
smkmuhaboja.sch.id

Sejak saya belajar di jurusan TKJ, saya sudah mulai menguasai beberapa materi tentang jaringan dari mulai megkrimping kabel jaringan sampai membangun jaringan skala WAN.

Apa itu jaringan WAN ?. Hal itu akan saya bahas dilain waktu dalam artikel lain.

Di Sekolah saya terkenal pemalas orangnya, rajin terlambat dan sering tidur di kelas. Namun teman-teman menganggap anak yang beruntung karena selalu bisa menangkap materi pelajaran dengan cepat.

Karena itulah saya bisa menguasai materi dengan cukup cepat apalagi pada saat praktikum.

Praktikum adalah sesi mata pelajaran yang sangat disukai anak SMK. Dalam praktikum kita bisa mempraktikan seluruh teori yang telah didapatkan sebelumnya dari guru.

Di kelas selain terkenal unggul oleh teman-teman, guru saya juga menganggapnya begitu. Jadi pada suatu hari ketika kelas XI saya diberitahu teman saya untuk menghadap ketua program studi TKJ saya.

Saya bertanya pada teman saya tersebut, kenapa pak guru memanggil saya?.

Namun, dia tidak tahu menahu soal itu, dia hanya mengikuti perintah dari guru. Tanpa pikir panjang saya datang ke ruang Kaprodi untuk menemui Ketua Program Studi TKJ.

Di ruang Kaprodi saya tidak melihat adanya Bapak Kaprodi yang saya lihat malah teman-teman dari jurusan yang sama dari kelas lain dan lima teman sekelas saya.

Setelah menunggu beberapa saat Bapak Kaprodipun datang dan langsung memberi penjelasan kepada kami kenapa kami dikumpulkan di ruang kaprodi.

Lets The Battle Begin

Competition

Tadinya saya sempat berfikir kalau ada masalah yang kami buat sehingga sampai dikumpulkan di ruang kaprodi. Ternyata kami dikumpulkan untuk mengikuti seleksi LKS SMK tingkat sekolah untuk menentukan siapa yang pantas untuk mewakili sekolah untuk berlomba di ajang LKS SMK tingkat Kabupaten.

Seminggu setelah kami dikumpulkan kami langsung diseleksi dalam berbagai aspek dari kepribadian, kemampuan dan pengetahuan.

Singkat cerita saya setelah melewati beberapa sesi seleksi, tibalah waktunya pengumuman pemenang. Saya menebak bahwa teman saya yang bernama candra akan diumumkan sebagai pemenang. Karena dia lebih pintar dari semua kandidat yang ada.

Namun ternyata nama saya yang malah keluar sebagai pemenang. Saya benar-benar tidak menyangka kalau saya bakal menang. Karena banyak teman saya yang menjaadi kandidat yang memiliki kemampuan lebih.

Saya tetap bersyukur karena dengan menjuarai LKS SMK tingkat sekolah saya mendapatkan prestasi baru dan biaya pendidikan tambahan untuk menunjang sekolah saya.

Sebagai anak SMK saya begitu bersyukur dengan prestasi ini.

Disamping itu saya menjadi perwakilan Sekolah untuk mengikuti Kompetisi LKS SMK dalam bidang IT Networking Support tingkat Kabupaten.

Tingkat Kabupaten

Kabupaten Tegal

Selang beberapa hari setelah pengumuman LKS tingkat Sekolah, saya difokuskan untuk belajar dan praktik materi jaringan selama dua minggu.

Karena pada dua minggu kedepan LKS tingkat kabupaten akan segera dilaksanakan. Jadi selama dua minggu saya hanya belajar materi untuk LKS saja.

Di hari yang telah lama ditunggu-tunggupun tiba, saya mempersiapkan seluruh perlengkapan lomba yang wajib dibawa peserta. Berikut peralatan yang wajib dibawa oleh peserta :

kumpulan perangkat keras komputer
Hardware Komputer | pixabay.com
  • 2 Unit Personal Computer
  • 2 Unit Hub/Switch
  • 1 Set Toolkit
  • Kabel UTP

Perlombaan (LKS SMK) dimulai dengan acara pembukaan dan sambutan dari Kepala Dinas Pendidikan. 

Setelah itu kompetisi langsung dimulai dengan membongkar PC sampai semua hardware terlepas dari casing-nya. Kemudian dirakit kembali sampai bisa menyala seperti sebelum dibongkar.

Langkah berikutnya membuat kabel jaringan LAN yang digunakan untuk menghubungkan komputer dengan hub dan komputer dengan modem internet.

Jika kabel LAN sudah berhasil dibuat selanjutnya adalah melakukan konfigurasi jaringan antara dua PC yang dirakit ulang sebelumnya.

Satu PC digunakan sebagai Server dan satu PC lagi sebagai Router. Apabila konfigurasi koneksi antar dua PC tersebut sudah berhasil. Hal berikutnya yang perlu dilakukan adalah konfigurasi proxy pada router.

Konfigurasi Server

Konfigurasi proxy adalah tahap terakhir dalam perlombaan, jika hal ini berhasil maka tinggal dinilai oleh Juri apakah konfigurasinya benar atau ada kekeliruan.

Dari 40 peserta yang mengikuti LKS, saya selesai lebih cepat dari peserta yang lain dengan konfigurasi yang benar. Karena hal itu saya mendapatkan juara satu dalam perlombaan ini. 

Dengan kemenangan ini sebagai anak smk dari kontingen Kabupaten untuk mengikuti LKS tingkat Provinsi. 

Singkat cerita saya mengikuti LKS Tingkat Provinsi dan tersisihkan oleh peserta dari daerah lain. Dalam LKS Tingkat Provinsi ini sebenarnya banyak kejadian yang seru yang belum sempat saya ceritakan. Jadi akan saya ceritakan di artikel selanjutnya.

See You On Next Article……:D

0 Shares:

Ayo Komentari Artikel Ini

You May Also Like
pengalaman menulis pengalaman pribadi
Kepoin Yuk

Pengalaman Menulis Pengalaman

Banyak orang berpendapat bahwa menulis itu sesuatu kegiatan yang sulit. Menurut saya sih tidak sulit, tapi sangat sulit. Namun…