Cara Video Call Menggunakan Whatsapp, Facebook, Line, Dan Google Duo

cara video call

Semakin hari aktivitas komunikasi di berbagai wilayah dengan jarak jauh sekalipun semakin mudah saja. Bahkan, tidak hanya telepon, tetapi sudah tersedia video call melalui berbagai aplikasi yang bisa dengan mudah di instal. Baik itu WA, FB, Line maupun google duo. Berkaitan dengan ini, ada cara video call menggunakan whatsapp, facebook, line, dan google duo masing-masing.

Untuk bisa melakukan video call sebagaimana di sebutkan, disini ada beberapa langkah yang perlu di lalui lebih lanjut. Tentu saja dengan list langkah yang berbeda-beda. Sedangkan dalam penggunaan, Anda bisa memilih salah satu atau beberapa untuk di jadikan Andalan. Nah, berikut merupakan informasi terkait lebih lanjut yang bisa Anda simak.

Cara Video Call Dengan Whatsapp

Tidak dapat di pungkiri bahwa saat ini WA, menjadi salah satu aplikasi yang sangat populer dalam berbagai hal. Khususnya jika berbicara mengenai sosial media yang menyediakan enkripsi end-to-end. Mengingat akan hal tersebut, maka tidak heran jika WA menjadi salah satu yang sangat di minati. Di tambah lagi dengan akses dan penggunaan yang sangat mudah.

Selain itu pengguna WA pun sangat luas sehingga semakin mudah lagi Anda berkirim pesan maupun melakukan panggilan dengan sesama rekan apa lagi wa juga dapat digunakan di PC dengan cara instal WA di PC dengan benar. Selanjutnya, berbicara mengenai panggilan, aplikasi ini pun menawarkan fitur video call yang menarik. Tentunya dengan berbagai kelebihan yang di miliki pula. Namun, sebelumnya Anda perlu tahu  daftar cara video call menggunakan Whatsapp di bawah ini.

  1. Pastikan Anda Memiliki Akun

Hal yang paling mendasar saat Anda akan melakukan video call melalui WA adalah memiliki akun WA terlebih dahulu. Caranya mudah saja, tinggal download aplikasi di playstore atau appstore, kemudian daftarkan nomor yang aktif dan lakukan verifikasi. Jika sudah memiliki akun dan tidak punya aplikasi, maka setelah download Anda tinggal masuk saja.

  1. Simpan Kontak Nomor Yang Akan Di Hubungi

Sistem kerja WA ini adalah menghubungkan Anda dengan kontak yang Anda miliki atau kontak lain yang bisa di akses melalui grup. Oleh karena itu sebelumnya Anda perlu memastikan bahwa nomor yang akan di hubungi sudah tersimpan. Pastikan juga bahwa nomor tersebut sudah memiliki akun WA juga sehingga bisa di hubungkan dengan mudah melalui WA itu sendiri.

  1. Buka Aplikasi Dan Geser Ke Menu Panggilan

Setelah tahap persiapan berkaitan dengan kontak dan aplikasi selesai, kini saatnya masuk ke menu panggilan. Caranya sangat mudah karena disini Anda tinggal masuk ke aplikasi dan geser ke kanan dari menu utama  hingga masuk ke menu panggilan. Pada menu ini di tampilkan riwayat panggilan Anda sebelumnya jika sudah pernah di gunakan.

  1. Cari Kontak Yang Akan Di Hubungi

Ketika sudah masuk ke menu panggilan, langsung saja klik kolom cari dan ketik nama kontak yang di inginkan. Jika sebelumnya nomor ini sudah pernah masuk ke riwayat panggilan, maka tanpa harus mencari Anda bisa langsung mencari di daftar panggilan. Namun jika belum, maka tetap harus mencarinya.

  1. Klik Icon Video Untuk Memanggil

Langkah terakhir, ini adalah langkah inti dalam cara video call menggunakan Whatsapp. Caranya sangat mudah karena Anda tinggal tekan saja icon video call yang di lambangkan dengan gambar video. Disini nanti Anda akan menemukan dua pilihan yakni panggilan biasa dan video, sedangkan yang di pilih untuk video call adalah yang panggilan video.

Selain cara di atas, masih ada cara lain yang juga sangat mudah untuk di terapkan. Langkahnya adalah dengan membuka chatt nomor yang akan di hubungi, kemudian langsung klik ikon video yang tersedia. Untuk versi yang terbaru, icon tersebut berada di bagian kanan atas layar dan berampingan dengan icon panggilan suara.

Cara ini bisa di katakan lebih simpel dan lebih cepat. Bahkan, perlu di ketahui bahwa bagi yang tidak memiliki kontak nomor atau hanya menemukannya melalui salah satu grup, maka untuk memanggil Anda hanya bisa menggunakan cara ini. Kecuali jika sebelumnya nomor tersebut sudah masuk riwayat panggilan.

Selanjutnya, disini ada beberapa hal yang perlu di ketahui terkait panggilan video whatsapp ini. Diantaranya, panggilan ini menggunakan koneksi internet sehingga akan mengurangi kuota internet Anda. Meski demikian ada yang menarik disini karena dengan Whatsapp Anda bisa melakukan video call dengan satu orang atau lebih sehingga lebih asyik lagi.

Cara Video Call Menggunakan FB

Selain WA, bagi yang lebih sering menggunakan Facebook untuk berkomunikasi bisa memanfaatkannya juga untuk kebutuhan video call. Cara video call menggunakan Facebook pun sangat mudah dan bisa Anda lakukan kapan saja. Tentu saja dengan catatan selama terdapat jaringan internet di kawasan Anda.

Sebagaimana ketika akan melakukan video call menggunakan WA, disini ada beberapa langkah yang harus Anda lalui ketika akan video call menggunakan Facebook dengan urutan sebagai berikut.

 

  1. Buat Akun Terlebih Dahulu

Langkah pertama yang perlu dilakukan tentu saja adalah membuat akun Facebooknya terlebih dahulu. Ketika Anda sudah memiliki akun facebook, maka secara otomatis sudah terdaftar pula di messenger karena nantinya proses video call akan melalui aplikasi tersebut yang terhubung langsung dengan akun facebook Anda.

 

  1. Download Aplikasi Messenger

Sebagaimana disebutkan bahwa aktivitas video call kali ini akan dilakukan melalui aplikasi messenge. Jadi, tidak cukup hanya memiliki akun facebook, Anda pun  harus download aplikasi messenger terlebih dahulu. Apalagi saat ini facebook tidak menyediakan halaman chatting di aplikasinya sehingga untuk mengirim atau membuka chatt pun Anda harus melalui messenger.

 

  1. Buka Halaman Chatt Dengan Akun Yang Di Tuju

Jangan lupa disini untuk memastikan bahwa akun tujuan Anda sudah memiliki facebook juga sehingga bisa di hubungi. Untuk menghubunginya, tinggal cari saja namanya di kolom pencarian dan masuk ke halaman chatt Anda dengan akun tersebut. Pada halaman tersebut akan di temukan beberapa icon dimana salah satunya adalah icon untuk video call.

 

  1. Lakukan Video Call Dengan Klik Icon Video

Langkah terakhir dalam cara video call menggunakan facebook adalah dengan klik icon video untuk melakukan panggilan. Jika video call di akun yang Anda tuju tersedia, biasanya pada icon video tersebut ada tanda aktif berwarna hijau dan ketika di klik pun terhubung langsung. Aktivitas ini juga menggunakan sambungan internet sehingga akan mengurangi kuota data Anda.

Cara Video Call Menggunakan Line

Saat ini Line juga menjadi salah satu media yang tidak kalah populerm termasuk untuk melakukan video call. Anda juga bisa memanfaatkan video call dengan line untuk berkomunikasi dari jarak jauh. Lalu, bagaimana cara video call menggunakan line yang tepat dan mudah? Untuk mengetahuinya Anda bisa simak langkah tersebut di bawah ini.

  1. Lakukan Pendaftaran Aplikasi Atau Langsung Buka Aplikasinya

Bagi Anda yang belum memiliki aplikasi ini, tentu harus download terlebih dahulu. Setelah itu masuk ke akun line atau lakukan pendaftaran untuk bisa login dengan mengikuti petunjuk yang di sediakan. Sedangkan bagi yang sudah biasa menggunakan line dengan akun aktif di ponselnya, bisa langsung buka aplikasi.

  1. Tekan Icon Kontak Di Layar Anda

Untuk cara video call menggunakan line selanjutnya, silakan Anda cari ikon kontak di layar ponsel. Layar kontak ini berisi daftar kontak line yang terhubung dengan Anda. Kemudian langsung klik saja untuk masuk ke daftar tersebut.

  1. Pilih Kontak Tujuan Untuk Video Call

Untuk bisa melakukan panggilan, kini saatnya Anda mencari kontak yang akan dituju. Pencarian bisa dilakukan secara manual maupun melalui kolom pencarian asalkan Anda bisa mengetikkan nama yang benar. Jika sudah ketemu kontak tujuannya, klik kontak tersebut dan pilih icon video call.

  1. Nikmati Fitur Ini Di Lokasi Dengan Jaringan Mendukung

Tunggu hingga panggilan Anda terhubung dan diterima oleh nomor tujuan. Selanjutnya Anda bisa menikmati fitur video call ini sebaik mungkin. Pastinya dengan jaringan internet yang mendukung juga sehingga tidak sering terputus dan kualitasnya bisa semakin jernih baik suara maupun videonya.

Cara Video Call Menggunakan Google Duo

Media selanjutnya yang bisa di gunakan untuk video call adalah google duo. Google duo sendiri memiliki keunggulan dengan suara jernih serta gambar yang lebih jelas ketika di manfaatkan. Oleh karena itu Anda perlu mengenal lebih jauh lagi cara video call menggunakan google duo yang mudah dan tepat. Berikut langkah-langkahnya

 

  1. Miliki Akun Terlebih Dahulu

Sebelum Anda melakukan video call melalui google duo, mengingat ini adalah milik google, maka Anda harus memiliki akun google terlebih dahulu. Selanjutnya, Anda juga perlu terdaftar di google duo. Sedangkan caranya sangat mudah, Anda tinggal masuk saja, setujui semua persyaratannya dan berikan izin pada aplikasi dan aplikasi sudah bisa di manfaatkan.

Nah, bagi yang bingung dimana google duo ini bisa di temukan, jangan khawatir karena untuk kategori ponsel baru, maka aplikasi biasanya sudah tersedia. Namun, bagi pengguna ponsel lama, Anda bisa download terlebih dahulu di plyastore.

 

  1. Pastikan Nomor Tujuan Anda Terhubung Google Duo

Untuk bisa menikmati fasilitas google duo, termasuk dalam video call, maka jangan lupa memastikan bahwa nomor tujuan Anda juga sudah menjadi pengguna. Biasanya ketika ada nomor yang terhubung dengan google duo secara rutin google akan memberikan notifikasi.

 

  1. Pilih Mode Panggilan Video

 Cara video call menggunakan google duo selanjutnya adalah memanggil nomor tujuan. Disini Anda perlu memastikan bahwa sudah memilih mode panggilan video call. Ketika masuk aplikasi, maka Anda akan menemukan dua pilihan mode dengan dua icon, yakni telepon suara dan video call. Jika masih dalam mode panggilan suara, maka langsung geser saja ke video call.

 

  1. Lakukan Video Call Dengan Klik Kontak Tujuan Anda

Sampai disini Anda sudah bisa melakukan video call. Langkahnya sangatlah mudah dan simple. Anda hanya perlu klik nomor tujuan saja dan panggilan akan segera terhubung. Sedangkan untuk mencari nama kontaknya, Anda bisa mengetik nama di kolom pencarian.

 

  1. Jangan Lupa Pastikan Jaringan Internet Bagus

Video call ini menggunakan jaringan internet. Oleh karena itu, semakin bagus jaringannya maka akan semakin bagus juga kualitasnya, termasuk ketika menggunakan google duo. Oleh karena itu pastikan Anda sudah memilih lokasi yang jaringan internetnya bisa di andalkan.

 

Sangat mudah bukan cara video call menggunakan whatsapp, facebook, line, dan google duo ini. Untuk penggunaannya secara real, Anda bisa memilih salah satu yang paling mudah dan di favoritkan. Akan lebih mudah juga pastinya menggunakan aplikasi yang banyak diminati relasi Anda dan memang sudah terbiasa di gunakan setiap harinya.

3 Shares:

Ayo Komentari Artikel Ini

You May Also Like