Doa Mendapatkan Jodoh yang Diinginkan, Insya Allah Segera Diijabah

doa mendapatkan jodoh yang diinginkan 3
nupringsewu.or.id

Mengenal Jodoh

doa mendapatkan jodoh yang diinginkan
pixabay.com

Bicara tentang jodoh kayaknya tidak akan pernah habisnya ya, karena sebenarnya jodoh tidak hanya tentang pasangan hidup tapi juga terkait takdir. Terkadang dalam mencari jodoh orang juga harus rajin berdoa dengan doa mendapatkan jodoh yang diinginkan, agar dapat memperoleh jodoh seperti yang diinginkan.

Dalam hal rumah tangga, apakah pasanganmu saat ini merupakan jodohmu?

Jika suatu saat nanti berpisah misalnya bercerai, apa masih bisa dikatakan sebagai jodoh?

Jadi Apa itu jodoh ?

buku menantimu diujung rindu

 

Pertanyaan semacam itu yang sering ditanyakan oleh banyak orang, namun satu hal yang jelas, Jodoh adalah Takdir.

Jodoh merupakan takdir yang sudah ditetapkan oleh Allah. Jadi jodoh sudah ditetapkan sejak manusia masih berada dalam kandungan, begitu juga rezeki dan maut.

Jodoh memang telah ditakdirkan oleh Allah maka jodoh tidak akan pergi kemana-mana. Tapi jodoh itu harus dicari sama halnya dengan rezeki.

Maka dari itu kita dianjurkan untuk serius dalam hal jodoh ini, seperti sabda Rosulullah SAW.

Doa Mendapatkan Jodoh yang Diinginkan, Insya Allah Segera Diijabah 1

Allah memberikan manusia seorang jodoh adalah sebagai anugerah. Jika kamu menikahi seseorang sebut aja “Mawar”, maka Allah takdirkan orang itu sebagai jodoh kamu.

Namun jika suatu saat kamu menentukan untuk bercerai dengannya bukan berarti orang tersebut bukan jodoh kamu. Hanya saja kamu tidak dapat mempertahankan jodoh yang telah kamu pilih dari ribuan jodoh yang disediakan oleh Allah.

Jadi Pilih Jodohmu dan Jagalah baik-baik Jodoh mu serta jangan lupa untuk doa minta jodoh dengan si dia tentunya “dia” yang Allah kehendaki.

Jodoh yang Baik dan Soleh

doa mendapatkan jodoh yang diinginkan 3
nupringsewu.or.id

Mencari jodoh bukanlah perkara mudah, butuh pertimbangan yang matang dan memiliki kriteria yang sesuai. Kriteria bukanlah masalah selera dan perasaan saja, untuk membangun keluarga yang samawa (sakinah mawadah warahmah) memerlukan kesolehan didalamnya.

Dalam agama Islam ada 4 kriteria untuk memilih jodoh lebih tepatnya istri sehingga terbentuk rumah tangga yang samawa.

4 kriteria tersebut terdapat dalam hadis Nabi Rasulullah SAW yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari,

Doa Mendapatkan Jodoh yang Diinginkan, Insya Allah Segera Diijabah 2

Ada juga hadis yang diriwayatkan oleh Tirmidzi tentang kriteria suami yang baik.

Doa Mendapatkan Jodoh yang Diinginkan, Insya Allah Segera Diijabah 3

Dari kedua hadis tersebut secara jelas kita dianjurkan untuk mencari jodoh yang solih dan solihah. Sehingga kriteria yang lain akan mengikuti seperti paras fisik, nasab (keturunan), harta kekayaan.

Doa Minta Jodoh Sholeh

Setiap orang tentu menginginkan jodoh terbaik. Jodoh yang terbaik dalam Islam adalah orang yang sholeh. Sehingga, sebaiknya mintalah orang sholeh saat memanjatkan doa minta jodoh. Berikut ini adalah doa agar mendapatkan jodoh yang sholeh.

“Robbi hablii min ladunka zaujatan thoyyibatan akhbutuhaa wa atazawwaju bihaa wa takuunuu shoohibatan lii fii al-diini wa al-dunyaa wa al-aakhiroti”

Artinya: Rabbi, berikanlah kepada hamba isteri yang terbaik menurut pandangan Engkau. Istri yang nantinya akan aku khitbah kemudian aku nikahi dirinya, serta seorang istri yang nantinya akan menjadi sahabat terbaikku, di dalam agama, dunia dan juga akhirat

Apa itu jodoh yang terbaik untuk seseorang, adalah yang terbaik menurut pandangan Allah. Dalam lafadz doa ini, seseorang yang mendapatkan jodoh terbaik akan menjadi pasangan yang terbaik pula, baik dari segi agama, dunia dan akhirat.

Doa minta jodoh yang sholeh ini harus dibaca secara rutin dan istiqomah. Disertai dengan kesungguhan dalam berdoa. Karena Allah sangat menyukai hambaNya yang berkenan memanjatkan doa dengan baik. Namun, pastikan lafadz doanya benar-benar tepat agar tidak terjadi kesalahan makna.

 

Penghambat Datangnya Jodoh

penghambat jodoh
pixabay.com

Jodoh dan rezeki adalah sama-sama takdir yang kedua-duanya harus kita cari dan kita jemput.

Mungkin kamu pernah mengalami yang namanya seret rezeki, begitu juga jodoh bisa mengalami kesusahan dalam mencarinya. Kadang orang yang sudah mencapai umur 30 sampai 40an belum juga mendapatkan jodohnya.

Hal seperti bukan hal yang bisa kita abaikan begitu saja, bisa jadi ada sesuatu yang menghambat rezeki dan jodoh kita. Seperti yang dijelaskan dalam sebuah hadist yang diriwayatkan oleh Nasai, Ahmad, Ibnu Hibban, dan Al-Hakim.

hadis penghambat jodoh dan rezeki

Hadist diatas menjelaskan kalau dosa dapat menghambat turunnya rezeki, karena jodoh juga merupakan rezeki yang diberikan oleh Allah, maka jodoh yang tidak kunjung datang juga bisa disebabkan karena dosa yang kita lakukan.

Oleh karena itu, hukum sebab akibat pasti berlaku dalam hidup manusia, jika kita melanggar larangan Allah maka Allah akan menutup pintu kebaikan bagi kita, Termasuk pintu jodoh.

Agar kita dapat menerima jodoh dan rezeki dari Allah, kita harus bertaubat kepada Allah SWT dari dosa yang telah kita lakukan. Berikut sebagian dosa besar yang dapan menjadi penghambatnya jodoh.

Dosa Besar Penghambat Jodoh

  • Berbuat Syirik
    Ketika kita merasa kesulitan dalam mencari jodoh, terkadang malah mencari bantuan melalui peramal atau dukun. Hal ini membuat kita menyekutukan Allah, sehingga membuat kita mendapatkan dosa yang besar.
  • Meninggalkan Sholat
    Sholat adalah ibadah yang wajib dan utama, karena itulah sholat disebut sebagai “tiang agama” . Jika kita sering melalaikan sholat maka kita termasuk dalam melakukan dosa besar dan itu juga yang menyebabkan jodoh tidak kunjung bertemu.Seperti yang dijelaskan dalam Al Quran Surat Al-Maun ayat 4-5, yang berbunyi,
Doa Mendapatkan Jodoh yang Diinginkan, Insya Allah Segera Diijabah 4

Artinya : Maka celakalah bagi orang-orang yang shalat (yaitu) Orang-orang yang lalai dalam sholatnya. QS. Al-Maun 4-5.

  • Melakukan Zina
     Jika kamu pernah melakukan suatu perbuatan zin, maka segeralah untuk meminta ampun kepada Allah. Taubatlah denga sebenar-benarnya taubat (taubat nasuha), karena perbuatan zina adalah salah satu dosa besar yang menghambat datangnya rezeki dan jodoh.
doa mendapatkan jodoh yang diinginkan 2
pixabay.com
  • Durhaka Pada Kedua Orang Tua
    Ridho Allah tergantung pada ridho Orang tua, hal ini menunjukkan Allah memerintahkan kita untuk patuh terhadap kedua Orang tua. Jika kita menyakiti perasaan Orang tua maka kita melakukan dosa besar. Inilah salah satu penyebab terhalangnya jodoh.
  • Memutuskan Tali Silaturahim
    Memutuskan tali silaturahmi dapat berakibat putusnya rahmat dari Allah SWT sehingga terhalangnya rezeki dalam bentuk jodoh. (QS AL-Hujurat ayat 10).
  • Bergunjing atau Mengadu Domba
    Firman Allah dalam Quran Surat Al-Hujurat ayat 12 yang artinya “Hai orang-orang beriman, jauhilah kecurigaan, sebab sebagian dari kecurigaan itu adalah dosa besar. Janganlah kamu mencari-cari keburukan orang lain serta janganlah kamu menggunjingkan satu sama lain”.
  • Makanan Haram
    Dosa besar lainnya adalah memakan makanan yang haram sehingga dapat menghambat datangnya jodoh. Karena makan makanan haram juga dosa besar.
  • Kikir atau Pelit
    Sulitnya mendapatkan rezeki dan jodoh dapat disebabkan karena seorang tersebut memiliki sifat kikir (pelit) dalam hal bersodakoh, meskipun dirinya berkecukupan. Namun dalam masalah beramal ataupun bersedekah malah jarang, hal tersebut merupakan dosa besar. Maka secara otomatis rezeki atau jodoh semakin sulit untuk didapat.
  • Melakukan Maksiat
    Maksiat adalah sesuatu yang sudah jelas dilarang oleh Allah, maka dari itu apabila melakukannya termasuk dosa besar yang bisa menghambat didekatkannya jodoh.
  • Ghibah
    Ghibah merupakan perilaku yang berujung pada fitnah dan adu domba, sehingga jika kamu melakukan ghibah dapat menjauhkan rezeki dan jodoh.

Bertaubat

Itulah beberapa dosa besar yang dapat menghambat rezeki dan jodoh. Apabila kamu pernah melakukan salah satu dari dosa tersebut diatas, maka segeralah bertaubat kepada Allah SWT dengan melakukan amalan berikut ini.

doa mencari jodoh
pixabay.com
  1. Minta Ampunan kepada Allah atas kesalahan yang telah diperbuat melalui taubatan nasuha.
  2. Lebih giat lagi dalam beribadah, khususnya sholat 5 waktu.
  3. Berserah diri sepenuhnya kepada Allah.
  4. Luruskan niat untuk mencari ridho Allah SWT.
  5. Bertawakal pada Allah SWT.
  6. Menyambung ukhuwah islamiyah.
  7. Menutup aurat tentunya wajib dilakukan sebagai umat muslim.

Amalan Untuk Mempermudah dapatnya Jodoh

Ada beberapa amalan yang harus dilakukan bersamaan dengan berdoa kepada Allah SWT, berikut ini amalannya

doa mendapatkan jodoh yang diinginkan
pixabay.com
  1. Sholat tahajud di sepertiga malam, dekatkanlah diri sama Allah melalui sholat tahajud, sehingga memudahkan Doa kita untuk dikabulkan.
  2. Sholat hajat, untuk menyampaikan keiinginan kita kepada Allah, agar Allah mengabulkan keinginan Kita.
  3. Menjaga Wudhu, wudhu memiliki banyak manfaat loh, salah satunya menjaga wajah tetap bersih berseri dan enak dipandang.
  4. Menjaga sholat 5 waktu, Janganlah sekali-kali melalaikan sholat wajib 5 waktu.
  5. Pererat silaturahim, mempererat silaturahim merupakan salah satu kuncir agar Doa kita di ijabah oleh Allah.
  6. Tawakal. Jika Ikhtiyar dan Doa sudah dilakukan dengan istiqomah maka saatnya untuk bertawakal dan menyerahkan semuanya pada Allah, yakinlah Allah mempunyai rencana yang lebih baik untuk kita.

Panjatkan Doa dari Al Quran Surat Al-Anbiya ayat 89 berikut ini, untuk doa mendapatkan jodoh yang diinginkan, ayat ini merupakan do’a yang direkomendasikan oleh para ulama sebagai doa minta jodoh yang diinginkan.

Doa Mendapatkan Jodoh yang Diinginkan, Insya Allah Segera Diijabah 5

Artinya : Dan (ingatlah kisah) Zakaria, tatkala ia menyeru Tuhannya:”Ya Tuhanku janganlah Engkau membiarkan aku hidup seorang diri dan Engkaulah waris yang paling Baik“. QS. Al-Anbiya ayat 89.

Doa ini juga bisa digunakan sebagai doa mendapatkan jodoh idaman.

Doa Mendapatkan Jodoh Untuk Laki-laki

Doa Mendapatkan Jodoh yang Diinginkan, Insya Allah Segera Diijabah 6

Doa diatas adala doa mendapatkan jodoh yang diinginkan yang dikhususkan bagi laki-laki yang mencari seorang perempuan untuk menjadi jodoh dia.

Doa Mendapatkan Jodoh Untuk Perempuan

Doa Mendapatkan Jodoh yang Diinginkan, Insya Allah Segera Diijabah 7

Doa ini dikhususkan untuk perempuan muslimah sebagai doa mendapatkan jodoh yang diinginkan bagi para akhwat yang mencari jodohnya.

Doa Agar Segera Menikah dalam Alquran

Selain doa minta jodoh yang diajarkan di atas, ada juga doa minta jodoh yang diinginkan menurut Alquran. Lafadz doa ini terdapat di dalam QS. Al-Anbiya ayat 89 yang telah dipaprkan sebelumnya.

Doa agar cepat menikah pada QS. Al-Anbiya : 89 merupakan doa yang sangat mujarab untuk diterapkan. Salah satu faktornya adalah bersumber dari Alquran. Sehingga, Anda yang kebetulan sudah berusia lebih dan sangat cukup untuk menikah harus membaca doa ini. Khususnya setiap selesai menjalankan shalat.

Doa Minta Jodoh yang Panjang

Doa minta jodoh yang telah dijelaskan di atas adalah doa yang tergolong pendek. Namun demikian, ada juga doa yang lafadznya panjang dengan harapan doanya benar-benar dapat dikabulkan oleh Allah. Berikut adalah bacaan doa untuk minta jodoh yang panjang beserta maknanya.

doa minta jodoh panjang

“Allaahumma innii uriidu an atazawwaja, faqoddirlii min al-nisaa’i a’affahunna farojan. Wa ahfadzohunna lii fii nafsihaa wa fii maalii. Wa ausa’ahunna rizqon wa a’dzomahunna barokatan. Wa qoddirlii minhaa waladan thoyyiban taj’aluhuu khofan shoolihan fi hayaati wa ba’da mautii”

Artinya: Wahai Allah, hamba ingin menikah. Maka, berikan kepada hamba wanita yang kehormatannya paling mulia. Wanita yang nantinya selalu menjaga dirinya, hartaku, tetapkan yang rezekinya luas dan berkahnya paling banyak. Berikanlah pula kepadaku darinya anak yang baik sehingga ia akan menjadi penerus hamba di saat hamba masih hidup maupun sesudah mati.

Doa minta jodoh wanita sholehah dibaca agar benar-benar mendapatkan jodoh terbaik. Doa minta jodoh terbaik ini bertujuan untuk mendapatkan wanita yang senantiasa menjaga kehormatannya. Di samping itu, juga wanita yang diluaskan rezeki serta keberkahan. Dan akhirnya dapat memperoleh keturunan yang baik dan berguna.

Waktu Terbaik untuk Memanjatkan Doa Minta Jodoh

mengatur waktu kebiasaan baik
Photo by Icons8 team on Unsplash

Doa minta jodoh harus dilakukan dengan baik dan sempurna agar benar-benar dikabulkan oleh Allah. Adapun cara terbaik untuk berdoa adalah dengan mengangkat kedua tangan. Namun, doa-doa sebaiknya di panjatkan pada saat-saat tertentu. Berikut ini waktu berdoa terbaik agar cepat mendapatkan jodoh.

  1. Sebelum Salam dalam Shalat Fardhu

Di antara waktu terbaik untuk memanjatkan doa mendapatkan jodoh adalah sebelum salam ketika Anda melaksanakan shalat fardhu. Berdoa ketika sebelum salam ini di praktikkan oleh para sahabat dan ulama’ generasi setelahnya.

  1. Saat Sepertiga Malam Terakhir

Adapun waktu berikutnya adalah ketika memasuki sepertiga malam yang terakhir. Hal ini berdasarkan kepada ayat suci Alquran Al-Dzariyat: 18. Di dalam ayat ini diperintahkan untuk memohon ampunan kepada Allah.

  1. Ketika Adzan dan Iqomah

Selain utama dilakukan pada kedua waktu di atas, doa minta jodoh juga sangat utama dilakukan pada saat adzan dan iqomah. Hal ini sesuai dengan Hadis shahih yang diriwayatkan oleh Imam Tirmidzi. Hadis ini menerangkan bahwa doa antara adzan dan juga iqomah tidak akan ditolak.

  1. Ketika Sedang Turun Hujan

Di samping itu, doa ini sebaiknya juga di panjatkan ketika turun hujan. Hal ini juga berdasarkan kepada sebuah Hadis yang isinya adalah terdapat dua waktu dimana doa seorang hamba tidak akan ditolak. Yaitu pada saat adzan dan turun hujan.

  1. Saat Hari Jumat

Berikutnya, doa agar cepat mendapatkan jodoh sebaiknya juga dilakukan ketika hari Jumat. Dalam Islam, hari Jumat memang terbilang hari yang berbeda dan utama. Sehingga, pernah ada sebuah riwayat yang menyebutkan bahwa doa yang dipanjatkan di hari tersebut pasti dikabulkan.

  1. Ketika Meminum Air Zam-Zam

Selain itu, doa agar mendapatkan jodoh juga dapat dilakukan saat meminum air zam-zam. Lebih afdhal lagi jika dilakukan saat melaksanakan ibadah umroh. Hal ini sesuai dengan Hadis Nabi Muhammad Saw, bahkan khasiat air zam-zam sesuai dengan niat orang yang meminumnya.

  1. Saat Malam Lailatul Qadar

Adapun waktu selanjutnya untuk memanjatkan doa cepat mendapatkan jodoh adalah pada waktu malam Lailatul Qadar. Ini adalah malam utama yang ada pada malam ganjil di sepuluh hari bulan Ramadhan. Melaksanakan ibadah dan memanjatkan doa pada hari tersebut sangat utama.


Selain berdoa dan melakukan berbagai amalan yang disebutkan diatas kamu juga bisa berikhtiar dan berusaha dengan memanfaatkan teknologi pada jaman sekarang. Kamu bisa memanfaatkan teknologi yaitu dengan menggunakan aplikasi cari jodoh yang bisa kamu instal di hpmu. Nmaun kamu harus selektif dan bijak dalam menggunakan aplikasi untuk mencari jodoh tersebut.

11 Shares:

Ayo Komentari Artikel Ini

You May Also Like