Jenis-jenis Musik dari Klasik Hingga Modern yang Menarik dan Enak Didengar

jenis-jenis musik
pixabay.com

Musik merupakan salah satu karya yang bernilai seni tinggi. Musik telah muncul sejak lama dan senantiasa mengalami perkembangan dari masa ke masa. Sehingga, hingga saat ini sudah banyak sekali ragam dan jenis-jenis musik terbaik.

Antara satu jenis musik dengan yang lain tentu memiliki perbedaan tersendiri. Sehingga, setiap orang dapat menentukan aliran musik mana yang paling disukai. misalnya Jenis-jenis musik tradisional.  Baik itu jenis musik yang slow hingga jenis musik rock yang memiliki kesan semangat dan ramai.

 

Pengertian Musik

pengertian seni musik
pixabay.com

Sebelum lebih jauh mengulas tentang apa saja Jenis-jenis musik, alangkah lebih baiknya jika diulas terlebih dahulu tentang pengertian musik. Musik sendiri dikenal sebagai salah satu jenis kesenian. Dimana, di dalam musik tercermin suatu kebudayaan dalam masyarakat setempat.

Di dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, musik dapat diartikan sebagai suatu ilmu maupun seni dalam menyusun suara dan juga nada. Selain itu, juga diartikan dengan hubungan temporal serta kombinasi dalam rangka menghasilkan suatu suara yang seimbang dan menyatu.

Nada dan juga suara yang tersusun di dalam jenis genre musik tersebut kemudian diatur sedemikian rupa hingga akhirnya menghasilkan lagu, irama dan juga keharmonisan tersendiri.

Dalam pengertian yang lain, musik dimaknai sebagai suara yang disusun dari alat yang bisa menghasilkan suatu irama. Musik juga disusun dari hasil olah suara, ritme, melodi, tempo, vokal dan juga harmoni. Sebagaimana Quote, “Musik memberikan kesempurnaan hidup seperti undur yang membawanya”

Menurut beberapa pendapat, musik mengandung suatu norma dan nilai yang menjadi wujud adanya akulturasi budaya, baik secara formal maupun secara informal. Bentuk dari musik sendiri terbilang sangat khas, baik itu dari segi jenisnya maupun secara struktural dalam sebuah kebudayaan masyarakat.

Fungsi Musik

jenis-jenis musik dan fungsinya
pixabay.com

Musik memiliki beragam fungsi dalam kehidupan manusia. Tentu saja tidak hanya untuk keindahan, namun juga untuk pendidikan dan aneka fungsi yang lain. Dan berikut ini adalah beberapa fungsi musik tradisional dan lain sebagainya yang wajib Anda ketahui.

  1. Sebagai sarana mengungkapkan emosi yang ada. Baik emosi yang dimiliki oleh pemilik lagu ataupun pendengar musik. Sebagaimana fungsi dari Jenis-jenis tari.
  2. Sebagai sarana untuk hiburan karena jika dimainkan dengan baik akan menghasilkan suara yang terbaik, ramai dan juga menghibur para khalayak umum.
  3. Sebagai sarana bisnis karena musik yang diolah dengan beragam kreasi akan menjadi ladang bisnis menguntungkan.
  4. Sebagai sarana untuk menenangkan jiwa karena ragam Jenis-jenis musik memiliki efek penenangan dan relaksasi tersendiri.
  5. Sebagai sarana untuk berkomunikasi, sebagai contoh ketika upacara dan musik dibunyikan, maka itu adalah pertanda bahwa upacara sudah dimulai.
  6. Sebagai sarana untuk menyambut tamu, seperti halnya ketika para pemain sepak bola mulai memasuki lapangan.
  7. Membantu meningkatkan kecerdasan, khususnya untuk jenis musik klasik.
  8. Sebagai sarana untuk mengiringi tarian, drama dan aneka pertunjukan yang lain.
  9. Sebagai sarana untuk pendidikan, misalnya dalam memberikan nasihat untuk anak dan sebagainya.
  10. Sebagai pertanda akan ciri khas dari kebudayaan masing-masing. Misalnya aneka Jenis-jenis musik di Indonesia.

 

Manfaat Musik

Selain memiliki fungsi tersendiri, Jenis-jenis musik ternyata juga memberikan manfaat yang tidak kalah menarik. Khususnya manfaat yang berkaitan dengan kesehatan dan psikologi dalam diri seseorang. Berikut ini adalah beberapa manfaat musik yang penting untuk dipahami.

  1. Meningkatkan Kesehatan Tubuh

Manfaat musik yang pertama adalah membantu meningkatkan kesehatan tubuh. Hal ini disebabkan karena di dalam musik sendiri terdapat sifat terapeutik yang mampu meningkatkan kekebalan tubuh dan dapat menyembuhkan penyakit seseorang.

  1. Membantu Menghilangkan Stress

Selain dapat membantu meningkatkan kesehatan tubuh, musik ternyata juga memiliki manfaat tersendiri dalam meredakan stress seseorang. Hal ini lantaran musik dapat memberikan reaksi psikologis yang bisa mengubah suasana hati seseorang sehingga emosinya menjadi baik.

  1. Meningkatkan Kecerdasan

Manfaat lain dari musik adalah meningkatkan intelegensi. Hal ini disebabkan karena adanya rangsangan ritmis yang dapat membantu tingkatkan kinerja otak manusia. Musik dalam pengertian seni dapat menghasilkan ritme interbal yang dapat menjadikan saraf otak bekerja.

  1. Membantu Ciptakan Perdamaian dan Solidaritas Kemanusiaan

Adapun manfaat musik yang selanjutnya adalah dapat dijadikan sebagai media komunikasi antara satu manusia dengan manusia yang lain. Bahkan, musik sangat tepat dijadikan sebagai media memadukan perbedaan dan meningkatkan perdamaian manusia.

 

Jenis-jenis Musik dari Era Klasik Hingga Modern

Ada beragam jenis musik yang berkembang di dunia. Mulai dari musik yang muncul di era klasik hingga musik kontemporer saat ini. Di antara jenis-jenis musik tersebut adalah sebagai berikut.

  1. Jenis Musik Klasik

Jenis musik pertama yang sangat populer dan banyak digemari adalah musik klasik. Dimana Jenis-jenis musik klasik terkenal dengan nilai seninya yang tinggi. Kemunculan dari musik ini sudah lama, bahkan sejarah mengatakan bahwa sejak dahulu nada dan juga not yang dimiliki musik klasik tidak membosankan.

Meski sudah muncul sejak lama, jenis musik klasik tetap cocok dinikmati di era kekinian. Salah satu faktornya adalah karena musik ini mengalami banyak perkembangan dari masa ke masa terhitung sejak tahun 1700 an. Karena saking eksisnya, musik ini dikenal sebagai musik sepanjang masa.

Ada banyak aliran dari musik klasik yang berkembang, baik di Indonesia maupun di dunia. Di antaranya adalah aliran musik opera, musik orchestra, musik avant grande dan lain sebagainya. Meski banyak aliran di dalamnya, namun dasar musik ini masih mengacu pada aturan khas Eropa dimana ia lahir.

Di antara contoh musik klasik yang populer dan banyak digemari adalah Shymphony No 40, Piano Concerto No. 21, Piano Sonata No. 16 In C Major yang menjadi karya Mozart dan lain sebagainya. Selain beberapa karya Mozart, ada juga karya Maestro Beethoven seperti Fur Elise dan sebagainya.

  1. Jenis Musik Jazz

Selain musik klasik, ada juga Jenis-jenis musik jazz yang tidak kalah digemari oleh masyarakat. Musik satu ini berkembang dengan sangat pesat di kawasan Amerika Serikat ketika memasuki awal abad 20. Meski demikian, dasaran pada musik ini berasal dari jenis musik Eropa dan Afrika.

Musik jazz menjadi musik yang bergenre penggabungan dari beberapa musik Eropa, misalnya Ragtime dan Blues. Terlebih untuk jenis musik band yang banyak berkembang. Aliran pada musik jazz ini lebih menonjolkan nada yang ringan dengan disertai kesan yang terbilang sangat tenang.

Musik jazz yang muncul sejak era klasik memiliki aneka ragam subgenre yang berbeda antara satu dengan yang lain. Di antara contoh subgenrenya adalah free jazz, bebop, cool jazz, swing, smooth jazz, fusion jazz dan lain sebagainya.

Dan sejak dulu hingga saat ini, cukup banyak nama-nama pemain musik jazz yang populer di dunia, misalnya Duke Ellington, Miles Davis, John Coltrane, Louis Amstrong dan sebagainya. Sedangkan di Indonesia sendiri, contoh jenis musik jazz adalah lagu Sepatu dari Tulus dan Sedari Dulu dari Tompi.

  1. Jenis Musik Country

Adapun Jenis-jenis musik berikutnya adalah musik country. Pada awal mulanya, musik country muncul di kawasan Amerika Serikat, tepatnya berada di kawasan pegunungan Appalachia. Ciri khas dari musik country ini adalah nadanya yang terkenal sangat ringan dan juga santai serta ceria.

Ada beberapa jenis musik dan lagu yang tergolong musik satu ini. Di antaranya adalah Little Big Town dengan judul lagu Pain Killer, Luke Bryan dengan lagu Roller Coaster, Iwan Fals dengan lagunya Bento, Tantowi Yahya dengan lagunya Bengawan Solo dan lain sebagainya.

  1. Jenis Musik Rock

Musik rock tergolong jenis musik yang sangat digemari. Bahkan, oleh berbagai warga negara di dunia. Jenis musik satu ini mulai berkembang pada tahun 1950 an dengan nada dan irama yang khas dari alat berupa gitar listrik. Dimana, musik ini dapat dimainkan dengan nada tinggi maupun rendah.

Alat yang digunakan untuk memainkan musik rock sendiri tidak hanya gitar listrik, namun terkadang juga dipadukan dengan drum, bass dan juga ragam instrumen musik yang lain. Genre musik pada jenis musik ini sangat populer. Akarnya adalah pada musik Rock n Roll tahun 50 an.

Perlu diketahui bahwa ternyata musik rock masih memiliki subgenre musik yang cukup beragam. Misalnya saja Indie Rock, Progresive Rock. Alternative Rock, Psychedelic Rock, Hard Rock bahkan sampai aliran Metal.

Ada banyak contoh musik rock yang berkembang. Misalnya saja Queen, Sun n Roses, Meat Loaf, Nirvana, The Rolling Stones, The Beatles, Pink Floyd, Led Zeppelin, Bon Jovi dan masih banyak lagi contoh yang lainnya.

  1. Musik Pop

Adapun macam macam musik yang tidak kalah populer, khususnya di Indonesia adalah musik pop. Musik ini sangat mudah dinyanyikan dan dicerna oleh pendengar lantaran nada dan juga lirik yang sederhana. Musik ini bahkan digadang-gadang sebagai jenis musik yang dapat diterima banyak orang secara umum.

Musik pop memiliki ragam jenis karena seringkali ada perpaduan antara musik satu ini dengan aneka musik yang lain. Misalnya dipadukan dengan musik blues, R&B, rock dan lain seagainya. Karena hal inilah musik ini menjadi sangat populer di berbagai belahan dunia. Ini juga termasuk Jenis-jenis musik modern.

Ada banyak penyanyi dari musik pop yang banyak digemari, misalnya saja Bruno Mars, Taylor Swift, Michael Jackson, Prince, Madonna dan masih banyak lagi yang lainnya.

  1. Jenis Musik Balada

Selanjutnya adalah jenis musik balada. Musik ini umumnya memuat lagu yang mengangkat tema percintaan di dalamnya. Sehingga, karakter musiknya lebih bisa dibilang cenderung mengalun lambat. Musik ini biasanya diiringi dengan kata-kata yang puitis dengan alunan musik yang terbilang lambat.

  1. Jenis Musik Blues

Tidak hanya itu, masih ada jenis musik lain yang dikenal dengan istilah musik blues. Musik ini adalah genre musik yang muncul sejak lama. Awalnya, musik ini berasal dan berkembang di tengah masyarajat Amerika dan Afrika. Bahkan, kehadiran genre musik blues ini mempengaruhi aneka genre musik yang lain.

Pada awal mulanya, musik ini adalah musik untuk tujuan pujian di kawasan Amerika untuk budak dari Afrika. Sehingga, kesan yang ditawarkan oleh musik ini berciri sedih. Beberapa aliran musik yang mendapatkan pengaruh darinya adalah Hip Hop,R & B, pop, jazz dan lain sebagainya.

Adapun contoh dari musik yang memiliki aliran blues ini adalah Muddy Waters, Robert Jonshon, Jimi Hendrix, B.B. King dan lain sebagainya. Musik ini tidak kalah menarik dari pengertian seni teater yang ada.

  1. Jenis Musik Reggae

Aliran atau jenis musik berikutnya adalah reggae yang kebetulan diciptakan oleh kalangan orang Jamaika. Umumnya, pesan yang diberikan oleh jenis musik ini adalah pesan perdamaian, pesan keseimbangan alam dan juga pesan untuk cinta persamaan derajat manusia.

Secara khas, musik ini selalu terdengar santai dengan ciri khas berdentum dan bernada beat. Musik ini mulai terkenal di beragam kalangan dunia sejak era 70 an. Namun, sebenarnya sudah muncul pada era 60 an.

Ada cukup banyak contoh musik reggae yang berkembang, misalnya saja Peter Tosh, Desmond Dekker, Jimmy Cliff, Bob Marley dan lain sebagainya.

  1. Jenis Musik Hip Hop

Selain berbagai Jenis-jenis musik yang telah disebutkan di atas, ada juga jenis musik Hip Hop yang tidak kalah populer. Musik ini pada mulanya banyak berkembang di kawasan Amerika Timur. Musik ini secara umum akan didominasi oleh rap. Karena itulah banyak pecinta musik yang suka dengan musik Hip Hop.

Karakter dari musik ini adalah menyanyi dengan cepat. Konten atau inti dari musik ini sangat berkaitan dengan penduduk di kawasan Amerika yang menjadi keturunan Afrika. Di antara daftar penyanyi jenis musik ini yang populer adalah Eminem, Drake, Jay-Z, Kanye West, Wiz Khalifa dan lain sebagainya.

  1. Jenis Musik Dangdut

Musik dangdut tergolong jenis genre musik asli Indonesia. Musik satu ini sangat banyak digemari. Nuansa yang dibawa oleh musik ini adalah nuansa Melayu dan India. Untuk memainkan musik ini, biasanya prosesnya dengan cara memadukan antara alat musik modern dengan alat musik tradisional yang ada.

  1. Jenis Musik R&B

Berikutnya adalah jenis musik R&B yang tidak kalah menarik dari yang lain. R&B sendiri adalah bentuk singkatan dari rhythm and blues. Muncul sejak era 40 sampai 50 an di kawasan Afro-Amerika. Jenis musik ini kerap dipadukan dengan beberapa jenis musik lain, misalnya dengan musik hiphop dan juga pop.

Adapun contoh dari jenis musik satu ini yang cukup populer adalah Usher, Alicia Keys, Beyonce, John Legend dan lain sebagainya.

  1. Musik Metal

Musik metal adalah jenis musik selanjutnya yang tidak kalah menarik untuk dipahami. Dimana, jenis musik ini memiliki subgenre rock dan sudah berdiri secara mandiri. Musik ini memiliki tempo yang terbilang cepat dan sangat cerdas. Namun, biasanya memiliki lirik yang menyeramkan.

Musik metal ini juga terdiri dari beberapa subgenre yang menarik, seperti Metalcore, Thrash Metal, Death Metal, Progressive Metal, Speed Metal dan lain sebagainya. Adapun contoh grup band beraliran metal yang terbaik adalah Judas Priest, Metallica, Iron Maiden, Slayer, Black Sabbath dan lain sebagainya.

***

Musik memiliki ragam Jenis-jenis musik yang menawarkan karakter dan ciri khas masing-masing. Sehingga, tidaklah mengherankan jika setiap orang cenderung memiliki kegemaran musik sendiri-sendiri. Baik jenis musik yang dibawakan oleh penyanyi lokal nusantara atau taraf dunia

Sending
User Review
0 (0 votes)
8 Shares:

Ayo Komentari Artikel Ini

You May Also Like