pengertian seni dan contohnya

Pengertian Seni, Cabang-Cabang dan Fungsinya Lengkap

Seni adalah sesuatu yang tidak dapat dipisahkan dari kehidupan manusia. Semua sektor dalam kehidupan dapat dikaitkan dengan seni. Oleh karena itu, pengertian seni tidaklah tunggal melainkan sangat beragam. Maka, seseorang harus benar-benar memahami makna dan cakupan dari seni yang ada.

Hal utama yang harus dipahami saat mempelajari seni adalah definisi dari seni. Mengingat seni memiliki definisi yang tidak tunggal, khususnya dari segi pengertian keindahan. Berikutnya, seseorang pegiat seni juga harus memahami apa saja cabang-cabang seni dan fungsi yang dimiliki oleh seni tersebut.

 

Pengertian Seni Secara Umum

apa itu gaya dalam fisika

pixabay.com

Secara bahasa, seni berasal dari bahasa Sansekerta “Sani” yang berarti pemujaan, pelayanan dan persembahan. Makna seni secara bahasa ini sangat berhubungan dengan upacara keagamaan yang kemudian dikenal dengan kesenian.

Adapun pengertian seni secara umum adalah salah satu cabang ilmu yang memiliki kandungan kreatifitas dan juga ekspresi di dalamnya. Dimana ekspresi tersebut menggambarkan perasaan manusia. Seni tersebut nantinya diwujudkan di dalam suatu karya yang dibuat oleh manusia.

Di dalam pengertian seni, terdapat unsur keindahan dan juga pesan serta ajaran tersirat. Nantinya, seni akan dapat membantu membangkitkan perasaan orang lain yang dapat memahami makna di dalamnya. Karenanya, hingga saat ini seni dapat diekspresikan dalam berbagai bentuk yang beragam.

Adapun pengertian seni menurut KBBI adalah suatu keahlian di dalam membuat karya yang bermutu. Baik dilihat dari segi kehalusan maupun keindahannya. Seni juga dapat dimaknai sebagai suatu karya yang diciptakan melalui suatu bentuk keahlian luar biasa. Seperti lukisan, seniman dan sebagainya.

Di dalam pengertian seni secara arti khusus, terdapat aneka nilai yang mendalam di dalamnya. Seperti Quote, “Masing-masing seniman sesungguhnya mencelupkan kuas ke dalam jiwa mereka sendiri. Serta melukiskan sifat mereka sendiri dalam gambar yang ia buat”.

 

Pengertian Seni Menurut Para Ahli

pengertian kerajnan menurut para ahli

pixabay.com

Para ahli juga memiliki pandangan sendiri-sendiri terkait pengertian seni. Dimana, antara satu dengan yang lain cenderung memiliki pendapat yang berbeda. Baik itu pendapat dari tokoh ilmuan Indonesia ataupu para filsuf. Berikut ini adalah pengertian seni dalam pandangan para ahli.

  1. Pengertian Seni Menurut Padmapusphita

Pengertian seni menurut para ahli yang pertama adalah seni menurut Padmapusphita. Ia berpandangan bahwa seni memiliki bahasa latin “Genius” dan bahasa Belanda “Genie”. Kata ini berarti suatu kemampuan yang luar biasa sejak seseorang lahir.

Kajian yang luar biasa di kawasan negara Eropa menyatakan bahwa makna artivisual dari seni adalah suatu media khusus yang dapat mendorong kegiatan tertentu.

  1. Pengertian Seni Menurut Chartin Muler

Adapun pengertian seni yang selanjutnya adalah pengertian seni menurut Chartin Muler. Ia berpandangan bahwa seni adalah suatu hal yang berhubungan dengan karya cipta manusia yang telah dihasilkan dari unsur rasa.

  1. Pengertian Seni Menurut Ensiklopedi Indonesia

Adapun pengertian seni menurut Ensiklopedi Indonesia adalah suatu ciptaan yang berasal dari berbagai hal, lantaran keindahan yang dimiliki oleh hal tersebut, maka orang-orang cenderung merasa senang untuk mendengar dan melihatnya.

  1. Pengertian Seni Menurut Popo Iskandar

Menurut Popo Iskandar, seni adalah suatu hasil ungkapan emosi yang dimiliki seseorang dan kemudian disampaikan kepada orang lain. Seni dijalankan dengan penuh kesengajaan dan juga kesadaran.

  1. Pengertian Seni Menurut Alexander Baum Garton

Berikutnya adalah pengertian seni menurut pandangan Alexander Baum Garton yang berpendapat bahwa seni menjadi semua bentuk keindahan yang bertujuan terhadap hal positif agar menjadikan semua penikmatnya menjadi bahagia.

  1. Pengertian Seni Menurut Aristoteles

Adapun pandangan Aristoteles mengenai seni adalah suatu tiruan terhadap alam yang cenderung bersifat ideal dan juga sempurna.

  1. Pengertian Seni Menurut Nuning Y. Damayanti

Sementara Nuning Y. Damayanti berpendapat bahwa seni awalnya menjadi suatu proses yang ada dalam diri manusia. Karena itu, seni bisa dibilang mirip atau sinonim dari ilmu. Seni dapat disaksikan dengan intisari ekspresi dari aneka kreatifitas manusia.

  1. Pengertian Seni Menurut Sartono Kartodirdjo

Selain beberapa pendapat mengenai seni di atas, Kartodirdjo juga memiliki definisi sendiri tentang seni. Ia berpandangan bahwa seni menjadi suatu sistem yang sifatnya sangat koheren. Sebabnya adalah karena seni bisa menjalankan suatu komunikasi yang efektif dan bersifat universal.

  1. Pengertian Seni Menurut Irma Damayanti

Sedangkan Damayanti berpendapat bahwa seni adalah suatu inti dari ekspresi yang diperoleh dari kreatifitas manusia. Secara umum, seni sangat sulit untuk diungkapkan, dinilai dan diungkapkan. Hal ini disebabkan karena setiap orang memiliki parameter sendiri di dalam pekerjaannya.

  1. Pengertian Seni Menurut Immanuel Kant

Selanjutnya adalah pengertian seni menurut Immanuel Kant. Ia berpendapat bahwa seni merupakan suatu bentuk penampilan dan juga ungkapan yang tidak pernah bertentangan dari kenyataan. Seni lebih bisa dikatakan meniru alam dalam kreasinya.

  1. Pengertian Seni Menurut Ki Hajar Dewantara

Adapun definisi seni menurut Ki Hajar Dewantara adalah suatu hasil dari keindahan yang bisa mendorong perasaan manusia yang melihatnya. Karena itu, semua perbuatan manusia dapat berpengaruh kepada proses penumbhan perasaan yang bersifat indah.

  1. Pengertian Seni Menurut Ira Adriati

Adriati berpendapat bahwa seni adalah suatu proses dan juga produk di dalam memilih medium. Selain itu, juga dapat diartikan sebagai mindset peraturan untuk dapat menggunakan yang medium itu dan juga seperangkat nilai yang dapat menentukan pantas tidaknya ekspresi tersebut.

  1. Pengertian Seni Menurut Ahdian Karta Miharja

Pandangan lain mengenai pengertian seni adalah dari Miharja yang menyatakan bahwa seni merupakan sebuah kegiatan rohani yang dapat merefleksikan kenyataan pada suatu karya. Adapun bentuk dan juga isi seni tersebut memiliki daya untuk membawa kepada keindahan.

  1. Pengertian Seni Menurut Suwaji Bastomi

Bastomi adalah seluruh kegiatan batin yang memiliki estetika tersendiri di dalam suatu wujud yang agung serta memiliki daya penggugah rasa yang menakjubkan dan mengharukan.

  1. Pengertian Seni Menurut Leo Tolstoy

Tolstoy adalah suatu impian karena adanya rumus yang tidak bisa mengikhtiarkan suatu kenyataan.

  1. Pengertian Seni Menurut Harry Sulistianto

Pengertian seni berdasarkan pendapat Sulistianto adalah suatu keahlian khusus di dalam mengekspresikan beragam ide dan pemikiran estetika lainnya yang mencakup perwujudan dari beragam kemampuan dan imaninasi atas suatu suasana ataupun benda tertentu.

  1. Pengertian Seni Menurut Sudarmaji

Selanjutnya adalah definisi seni menurut Sudarmaji. Menurutnya, seni adalah suatu bentuk dari pengalaman estetis dan juga menfestasi batin yang dituangkan dalam aneka media, garis, warna, tekstur dan sebagainya.

Di samping itu, seni juga dapat dimaknai sebagai suatu ungkapan perasaan dari seseorang untuk disampaikan kepada manusia. Hal ini bertujuan agar seseorang yang melihatnya merasakan apa yang diciptakan oleh sang pencipta seni.

Cabang Cabang Seni

Terdapat beragam media yang bisa dijadikan sebagai pilihan dalam menikmati suatu seni. Baik itu media pendengaran, media penglihatan ataupun kombinasi dari kedua media tersebut. Namun, wujud pengertian seni sendiri dapat dikategorikan menjadi beberapa kelompok sebagai berikut.

  1. Seni Rupa

lukisan van gogh

Cabang seni yang pertama adalah seni rupa. Pengertian seni rupa merupakan salah satu jenis karya seni yang bisa dirasakan dan dinikmati dengan media penglihatan atau visual. Fokus yang terdapat di dalam seni rupa adalah karya yang diekspresikan dengan beberapa bentuk.

Dimana bentuk ekspresi dari seni rupa tersebut meliputi gambar, patung, lukisan, kerajinan tangan, multimedia dan masih banyak lagi yang lainnya.

  1. Seni Musik

seni musik

music art via pixabay.com

Selain seni rupa, ada juga cabang seni berikutnya yang dikenal dengan seni musik. Pengertian seni musik ini memang sangat populer karena unsur utama yang dimilikinya menggunakan bunyi. Oleh karena itu, media utama yang dibutuhkan untuk menikmati seni ini adalah pendengaran.

Di dalam seni musik, terdapat beberapa unsur menarik seperti melodi, notasi dan juga harmonisasi tersendiri. Di samping itu, seni musik ini juga dilengkapi dengan alat musik serta suara musik dari manusia. Dan saat ini sudah ada banyak sekali jenis-jenis musik  yang dapat dinikmati.

  1. Seni Sastra

referensi mata kuliah teknik informatika

pixabay.com

Cabang cabang seni yang ketiga adalah seni sastra yang merupakan salah satu seni yang dapat dinikmati dengan dua media. Dua media tersebut meliputi penglihatan dan juga pendengaran. Seni sastra ini menjadi media bagi seseorang untuk dapat menyampaikan pesan dan juga kesan.

Adapun kesan dan pesan yang disampaikan cenderung menggunakan kata-kata yang indah. Contoh nyata dari pengertian seni sastra ini adalah kaligrafi yang berbentuk tulisan dan juga puisi yang biasanya disampaikan dalam bentuk suara.

  1. Seni Tari

Pengertian Seni, Cabang-Cabang dan Fungsinya Lengkap 1

Tari Merak Via kompas.id

Selain beberapa cabang seni yang telah disebutkan di atas, ada lagi cabang seni berikutnya yang dikenal dengan seni tari. Pengertian seni tari adalah jenis seni yang menggunakan gerakan tubuh sebagai ekspresi keindahan.

Di dalam seni ini, maksud dan tujuan dari seni disampaikan dengan menggunakan gerakan tubuh berbentuk tari tertentu. Pengertian seni tari biasanya akan dipadukan dengan seni musik. Sehingga, gerakan tari yang dihasilkan menjadi lebih sempurna dan lebih konsisten.

  1. Seni Teater

jurusan kuliah terbaik seni

pixabay.com

Seni teater menjadi cabang seni selanjutnya yang di dalamnya terdapat visualisasi imajinasi yang memaknai pikiran seseorang. Sementara hasil dari imajinasi tersebut berkaitan dengan tingkah laku manusia, secara kelompok maupun individu. Ini masuk kepada pengertian seni peran.

Di dalam seni teater, terdapat beberapa kemampuan dasar yang diperlukan. Mulai dari kemampuan di dalam menciptakan naskah, kemampuan di dalam memahami karakter yang ada dalam cerita hingga kemampuan di dalam mengekspresikan semua karakter tersebut.

Selain itu, ada juga pengertian seni lukis yang tergolong cabang dari seni. Antara satu jenis cabang seni dengan cabang seni yang lain terbagi menjadi ilmu-ilmu tersendiri. Sehingga, ilmu seni sesungguhnya sangat kaya.

 

Fungsi dan Tujuan Seni

Di dalam pengertian seni, terdapat fungsi dan tujuan tersendiri. Baik untuk kepentingan individu atau kelompok dalam suatu masyarakat. Untuk individu, setidaknya terdapat dua fungsi seni. Berikut rinciannya.

  1. Fungsi Seni untuk Memenuhi Kebutuhan Fisik

Fungsi seni bagi individu yang pertama adalah fungsi untuk memenuhi kebutuhan fisik. Hal ini didasari oleh fakta bahwa setiap manusia memiliki sisi istimewa tersendiri di dalam memanfaatkan benda yang ada di sekitarnya.

Oleh karena itu, seni yang ada khususnya seni terapan akan memberikan efek yang positif untuk pemenuhan kebutuhan fisik dan juga kepuasan di dalamnya. Sehingga, pada akhirnya seseorang akan cenderung merasakan nyaman secara fisik.

  1. Fungsi Seni untuk Memenuhi Kebutuhan Emosional

Fungsi seni yang selanjutnya adalah fungsi seni dalam memenuhi kebutuhan emosional. Harus disadari bahwa tiap individu memiliki jenis kejiwaan yang berbeda dari yang lain. Hal ini akan dapat berpengaruh kepada emosional dan juga perasaan individu tersebut.

Dengan demikian, emosi seseorang juga berbeda pula. Maka dari itu, manusia membutuhkan dorongan dari luar diri mereka. Khususnya dorongan yang dapat memuaskan dan menyenangkan kebutuhan batin. Misalnya saja pada pengertian seni teater.

Dalam hal ini, tiap seniman akan cenderung merasa puas dengan menuangkan rasa, emosi dan pengalaman mereka di dalam sebuah karya. Sehingga, hal ini akan menjadikan batin setiap orang menjadi puas. Di samping itu, para seniman juga dapat menyenangkan orang lain.

Selain fungsi seni untuk individu, seni juga memiliki peran dan manfaat secara sosial. Berikut ini adalah beberapa fungsi sosial dari seni yang ada.

  1. Fungsi Seni dalam Pendidikan

Seni dapat berfungsi sebagai media pendidikan. Hal ini dapat diterapkan di sekolah dengan media berupa alat-alat musik tradisional, poster, gambar, infografis, arsitektur dan beragam media seni yang lain sebagai sarana yang mendorong proses pembelajaran.

  1. Fungsi Seni dalam Keagamaan

Selain memiliki fungsi dalam sektor pendidikan, seni juga dapat berfungsi di bidang keagamaan. Hal ini dapat dibuktikan dengan adanya karya tertentu yang mampu memberikan pesan agama untuk kehidupan. Misalnya adalah busana muslim, kaligrafi, patung dewa dan sebagainya.

  1. Fungsi Seni dalam Hiburan

Adapun fungsi dari pengertian seni yang lainnya adalah fungsi seni untuk hiburan. Beberapa jenis seni memang diciptakan untuk ditunjukkan kepada orang lain. Termasuk untuk tujuan menghibur. Misalnya adalah seni stand up, komedi, seni tari, seni musik dan lain sebagainya.

  1. Fungsi Seni untuk Komunikasi

Selain beberapa fungsi di atas, seni juga memiliki fungsi komunikasi dalam masyarakat. Baik itu alam wujud kritikan langsung, sindiran, gagasan dan lain sebagainya. Seni untuk komunikasi ini dapat disampaikan melalui poster, wayang kulit, banner, film dan lain sebagainya.

  1. Fungsi Seni untuk Guna

Fungsi seni yang selanjutnya adalah fungsi guna. Selain bertujuan untuk memenuhi hasrat dan keinginan manusia, ternyata bentuk seni juga berfungsi sebagai media yang dapat dimanfaatkan aspek kegunaannya. Misalnya pembuatan gerabah, alat rumah tangga dan lain sebagainya.

  1. Fungsi Seni untuk Artistik

Selain itu, seni juga memiliki fungsi artistik di dalamnya. Seni ini dibuat bukan semata-mata urusan komersial ataupun dinikmati secara umum. Namun, lebih memperhatikan aspek keindahan di dalamnya. Contoh dari fungsi seni ini adalah tarian kontemporer, musik, lukis dan sebagainya.

  1. Fungsi Seni untuk Kesehatan

Adapun fungsi seni yang ketujuh adalah fungsi yang berhubungan dengan kesehatan. Hal ini dapat dibuktikan dengan beberapa seni saat ini yang dimanfaatkan sebagai media untuk menyembuhkan penyakit tertentu. Terlebih penyakit mental.

***

Seni memiliki makna dan pengertian yang luas. Sehingga, pembahasan mengenai pengertian seni dapat dilakukan dari berbagai sisi. Bahkan, setiap cabang seni memiliki fokus dan materi tersendiri. Sehingga, orang yang ingin menguasai seni harus memilih satu dari beberapa cabang yang ada untuk didalami.

Sending
User Review
0 (0 votes)

Ayo Komentari Artikel Ini