kerajinan dari barang bekas

Aneka Macam Kerajinan dari Barang Bekas

Kerajinan dari Barang Bekas – Setiap orang pasti mempunyai yang namanya barang bekas entah itu berupa botol bekas, kardus bekas, koran bekas atau bahkan plastik bekas yang sudah menjadi sampah.

Bahkan sampah plastik merupakan salah satu masalah serius di lingkungan kita. Hal tersebut dikarenakan plastik dipakai hanya dalam jangka waktu sebentar, setelah itu langsung jadi sampah.

Namun, sampah plastik merupakan material yang sulit terurai oleh tanah, membutuhkan waktu lebih dari setengah juta tahun lamanya agar bisa terurai.

Itu baru Plastik, Bagaimana dengan barang bekas lainnya ?.

Sebenarnya banyak orang yang sudah mulai peduli dengan lingkungan menanggulangi masalah seperti ini. Dengan merubah barang bekas termasuk sampah plastik menjadi kerajinan tangan yang sangat unik.

Barang bekas seperti kardus, koran, botol, dan sampah plastik sebenarya masih bisa dimanfaatkan kembali untuk berbagai hal. Semua barang bekas itu bisa disulap menjadi barang yang memiliki manfaat dan nilai seni bahkan memiliki harga jual yang bagus.

Berikut kami sajikan aneka macam kerajinan dari barang bekas yang InsyaAllah bisa menginspirasi kamu untuk bisa peduli terhadap lingkungan.

Kerajinan dari Botol Bekas

kerajinan dari botol bekas
pixabay.com

Di rumah pasti Kamu memiliki berbagai macam botol bekas, apalagi bagi kamu yang memiliki toko kelontong. Dari botol bekas minuman sampai botol bekas pembersih lantai dapat Kamu manfaatkan menjadi kerajinan tangan yang bagus dan menarik.

Asal ada niat untuk merubahnya menjadi sesuatu yang kreatif maka kamu bisa mendapatkan keuntungan yang besar. Berikut contoh hasil kreasi  kerajinan tangan dari botol bekas.

Pot Bunga

pot bunga dari botol bekas
ebay.com

Ruang kosong di dalam rumah atau meja yang ada di teras akan menjadi semakin indah jika diberi aksesoris berupa tanaman dengan pot bunga yang cute. 

Kadang kita malas melakukannya karena repot membeli pot bunganya. Namun kamu tidak harus susah-susah pergi ke toko untuk membeli pot bunga yang cantik.

Dengan sedikit Kreatifitas dan Kesabaran kamu bisa menciptakan sebuah pot bunga yang keren hanya bermodalkan botol plastik bekas.

Kamu cukup memotong bagian bawah dari botol yang berukuran cukup besar. Dicat sedikit atau diwarnai sesuai seleramu dan diberi tanah dan bunga yang cantik, sehingga akan memanjakan mata dan menambah kenyamanan interior rumahmu. 

Lukisan Bunga Sakura

Kerajinan-Tangan-Unik-Dari-Botol-Plastik
ragamkerajinantangan.blogspot.com

Kamu pasti tahu bunga sakura yang nama kerenya Cherry Blossom, merupakan bunga paling indah di Jepang.

Mayoritas orang pasti tersihir oleh karya seni atau lukisan yang bertemakan bunga sakura. Sebenarnya kamu tidak perlu menjadi seorang seniman lukis untuk bisa melukis bunga sakura dengan indah.

Kamu dapat  membuat sebuah lukisan bunga sakura yang sederhana tapi cantik, hanya dengan bantuan sebuah botol plastik bekas ukuran besar serta canvas dan cat lukis.

Cukup manfaatkan bagian bawah botol yang berbentuk mirip dengan bunga sakura. Tinggal gambar pohon, cabang, dahan dan ranting, tunggu sampai kering.

Buat bunga sakuranya dengan cara menyetempel atau stamping menggunakan bagian bawah botol yang sudah dicelupkan ke cat warna pink. 

Stamping menyesuaikan dahan dan ranting yang di gambar, tidak butuh waktu lama lukisan pun jadi, Simpel kan ?. 

Lampu Gantung

lampu gantung dari botol bekas
architectureartdesigns.com

Jika Kamu ingin memberikan sedikit kesan mewah dalam rumahmu, Kamu bisa menambahkan sedikit cahaya remang-remang dengan menggunakan lampu gantung.

Tentunya ada ribuan produk yang ditawarkan di luar sana untuk bisa mewujudkan hal itu. Tapi kamu harus merogoh kocek yang cukup dalam untuk mendapatkannya.

Cukup dengan menggunakan botol bekas kamu sudah bisa menghadirkan keindahan tersebut dirumahmu. 

Membuat lampu gantung dari botol bekas tidak memerlukan waktu yang lama. Karena hanya membutuhkan botol bekas dan lampu saja serta sedikit kertas warna-warni atau cat air untuk memperindahnya.

Seperti gambar diatas yang hanya dengan menggunakan botol ditambah pola garis dari cat warna putih.

Lampu Tidur

Bagi kamu yang suka tidur ditemani dengan cahaya redup dari lampu tidur kamu bisa menggunakan botol bekas untuk dijadikan lampu tidur.

Banyak ide kreatif yang bisa kamu temukan di internet untuk membuat lampu tidur dengan desain yang menarik.

Salah satu contohya seperti pada gambar diatas, botol bekas yang didesain menjadi sekumpulan kunang-kunang berukuran besar dengan warna lampu yang bervariasi.

Ini akan membuat kamarmu menjadi bersuasana sendu, tidak kalah dengan lampu larva yang mahal. 

Mainan anak-anak

mainan pesawat dari botol bekas
pinterest.com

Punya anak atau adik yang masih kecil yang selalu minta dibelikan mainan setiap saat?. Daripada harus membuang-buang uang untuk membeli mainan kamu bisa menggunakan botok bekas sebagai mainan buat mereka.

Banyak mainan yang bisa kamu buat dengan menggunakan botol bekas seperti mobil-mobilan, motor-motoran, tembakan dan pesawat.

Dari contoh gambar diatas kamu bisa membuat mainan pesawat dengan menggunakan botol bekas.

Yang kamu perlukan hanya botol bekas, kertas karton, pensil warna sama lem perekat. Dengan kreatifitas sendiri kamu bisa membuat pesawat dengan berbagai bentuk dan Anak-anak menjadi senang.

Kerajinan dari Sedotan Bekas

kerajinan dari sedotan bekas
cosmopolitan.co.id

Kamu pasti sering membeli air minum atau es di restoran, warung atau penjual es pinggir jalan. Pada saat membelinya kamu pasti akan mendapatkan sedotan sebagai alat bantu menyedot minuman.

Nah jangan kamu buang sedotan tersebut, kalau bisa kumpulkan.  Kamu bisa tuh manfaatkan sedotan itu untuk membuat sesuatu yang unik dan menarik.

Kamu bisa membuat Hiasan rumah, bunga, bingkai foto, vas bunga bahkan mainan anak-anak.

Hiasan

hiasan dinding dari sedotan bekas
pusatpandang.com

Sedotan memang benda yang remeh dan sederhana, namun dengan daya kreatifitas yang tinggi bisa disulap menjadi hiasan rumah yang indah.

Seperti contoh gambar diatas kamu bisa membuat hiasan dinding dengan sedotan bekas. 

Hanya dengan menyilangkan serta menyusunnya dan ditambah potongan sedotan yang dirubah menjadi bunga, sedotan yang biasa bisa berubah menjadi hiasan rumah yang indah.

Mainan Anak-anak

mainan-helikopter-mini-dari-botol-dan-sedotan
sarungpreneur.com

Kamu bisa menyenangkan anak kecil hanya dengan sedotan. Cukup mengkombinasikannya dengan beberapa barang bekas kamu sudah bisa membuat mainan untuk mereka.

Dengan tiga buah sedotan ditambah dengan sebuah botol minuman bekas dan bola pingpong kamu bisa membuat sebuah helikopter.

Potong dua buah sedotan menjadi empat bagian, gunakan dua bagian sedotan yang bersiku menjadi kaki helikopter. Sementara dua sisanya dijadikan sebagai baling-baling helikopter, cukup dengan menyilangkannya saja. 

Gunakan sedotan terakhir untuk dijadikan sebagai ekor helikopter. Ambil botol bekas minuman seukuran 600 ml, potong bagian atasnya sepanjang 40%.

Bola pingpong dijadikan bagian depan helikopter dan bagian atas botol digunakan sebagai bagian belakangnya. Rangkailah seperti pada gambar diatas dan jadilah sebuah mainan helikopter dari sedotan bekas.

Bingkai Foto

bingkai foto dari sedotan bekas
kriya.co.id

Foto merupakan suatu potret kenangan yang diabadikan di dalam sebuah kertas yang bisa membuat kita bernostalgia di masa lalu.

Salah satu benda yang paling penting adalah foto, maka dari itu kamu pasti menyimpan fotomu di dalam sebuah bingkai yang cantik.

Tidak harus membeli untuk bisa mendapatkan bingkai foto yang cantik. Kamu bisa memanfaatkan sedotan bekas untuk menyimpan kertas memori dengan bagus dan elegan.

Kamu bisa melihatnya pada gambar bagaimana sekumpulan sedotan dijadikan bingkai foto yang menarik. Cukup susun dan rekatkan mengelilingi fotomu, maka jadilang bingkai yang cantik. 

Vas Bunga

vas-bunga-dari-sedotan-bekas
okezone.com

Mungkin tidak terbayangkan oleh kamu jika sedotan bisa dijadikan vas bunga, secara jika ditiup angin sedotan itu akan terbang tanpa arah.

Sebenarnya sedotan hanya dijadikan sebagai aksesoris untuk memperindah sedotan yang dibuat dari barang bekas seperti kaleng kue.

Seperti gambar diatas, sedotan direkatkan mengelilingi vas bunga sehingga terlihat menarik.

Kerajinan dari Kardus Bekas

kerajinan dari kardus bekas
pixabay.com

Kardus, mungkin kalian menganggap benda ini tidak begitu berharga, karena mayoritas orang menggunakannya hanya sebagai pembungkus atau tempat menyimpan barang bekas.

Di tangan seseorang yang memiliki daya kreatifitas tinggi, kardus bisa berubah menjadi sesuatu yang menarik bahkan bernilai.

Berikut hasil kreasi yang bisa dibuat hanya menggunakan kardus bekas. 

Rumah-rumahan

rumah-rumahan dari kardus
purrfectlove.net

Kebayang gak sih kamu jika rumah terbuat dari kardus?, mungkin jika terkena hujan akan hancur. 

Tapi siapa juga yang mau menjadikan kardus sebagai rumah, kecuali dijadikan rumah-rumahan. 

Anak-anak pasti akan senang jika dibuatkan rumah-rumahan dari kardus untuk menjadi tempat bermain mereka.

Mainan

mainan dari kardus bekas
trendhunterstatic.com

Gambarnya keren ya, sebenarnya tidak sulit juga kamu juga bisa membuatnya hanya dengan menggunakan kardus. Tinggal butuh kreatifitas, kemauan dan kesabaran, hihihi XD.

Furnitur

furnitur dari kardus bekas
inhabitat.com

Siapa bilang furnitur hanya terbuat dari kayu, furnitur yang terbuat dari kardus bekas juga adalah walaupun mungkin hanya bisa dipakai oleh anak kecil untuk mainan.

Seperti dapat dilihat pada gambar kamu bisa meniru desain furnitur dari kardus berupa meja dan kursi. Kamu bisa memakainya sebagai pajangan ataupun mainan anak-anak.

Lukisan

lukisan dari kardus bekas
theartroomplant.blogspot.com

Bagi seniman yang memiliki kemampuan kreatifitas tinggi, bisa merubah selembar karsud bekas menjadi lukisan wajah, atau sketsa wajah yang begitu indah.

Kamu bisa menjadikannya sebagaai pajangan atau hiasan rumah untuk menambah daya tarik ruangan dirumahmu.

Jika kamu bisa menirunya kamu bisa menjadikan karyamu sebagai barang yang bernilai jual tinggi.

Miniatur

miniatur mobil dari kardus bekas
insideoutart.co.uk

Tidak hanya lukisan yang bisa membuat kardus bekas menjadi memiliki nilai jual yang tinggi selain itu ada juga miniatur benda yang terbuat dari kardus bekas.

kamu bisa membuat berbagai macam bentuk miniatur seperti mobil dan rumah. Jika karya yag kamu hasilkan begitu bagus dan presisi contohnya seperti pada gambar kamu bisa menjadikannya sebagai ladang penghasilan. 

Hiasan

hiasan dinding dari kardus bekas
aliexpress.com

kamu ingin melihat tampilan rumahmu lebih indah dengan menghiasi dinding-dinding diruanganmu dengan patung yang terbuat dari kardus.

seperti yang terlihat pada gambar, baguskan?.

Kerajinan dari Plastik Bekas

kerajinan dari plastik bekas
teropongbisnis.com

Pasti kalia paling gak suka dong sama yang namanya sampah plastik, apa lagi jika sudah menumpuk.

Tapi yang bikin heran kok masih banyak ya yang tidak suka sampah tapi masih aja suka buang sampah sembarangan.

Daripada sibuang sembarangan kamu masih bisa tuh memanfaatkan plastik tersebut, bisa dijadikan tas, dompet, bahkan hiasan rumah.

Dengan memanfaatkan plastik bekas kamu bisa menjadi orang yang peduli lingkungan, kreaatif bahkan bisa dijadikan sebuah bisnis yang bisa menuai untung banyak.

Berikut contoh ide kerajinan dari plastik  bekas yang bisa kamu tiru sebagai ajang peningkatan kreatifitas atau bisnismu.

Tas / Keranjang

tas dari sampah plastik
analisadaily.com

Ibu atau emak kamu pasti suka dong belanja di pasar yang notabene selalu memerlukan tas keranjang yang cukup besar unntuk menampung barang belanjaan.

Sebagai anak yang berbakti kamu bisa tuh memberi ibumu sebuah tas keranjang yang cantik, tentunya kamu tidak usah repot-repot untuk membeli tas yang mahal.

Kamu bisa memanfaatkan plastik bekas di rumahmu untuk dijadikan sebagai tas keranjang yang keren. Plastik yang bisa kamu gunakan contohnya bekas sabun deterjen, sabun lantai, sabun mandi atau berbagai jenis sis plastik yang ada. 

Dompet

dompet dari plastik bekas
makarame.com

Untuk bisa membahagiakan ibu tidak cukup hanya dengan tas keranjang, kamu juga bisa memberikannya sebuah dompet dengan desain menarik yang terbuat dari plastik. 

Dompet yang terbuat dari plastik memiliki ilai lebih yaitu tahan terhadap air sehingga jika kehujanan uangmu akan aman dari air hujan.

Kerajinan dari Koran Bekas

kerajinan dari koran bekas
pixabay.com

Ada lagi barang bekas yang bisa kamu manfaatkan menjadi barang yang berguna dan memiliki nilai jual dan nilai estetika.

Barang tersebut adalah koran bekas, kamu bisa membentuk koran bekas menjadi berbagai macam kerajinan yang menarik, seperti mainan, hiasan, tas, pajangan, serta bungkus kado.

Mainan Anak-anak

mainan dari koran bekas
redtedart.com

Anak-anak selalu mempunyai imajinasi dan kreatifitas yang tinggi sehingga bisa merubah koran bekas menjadi berbagai macam mainan.

Mainan yang dibuat oleh anak-anak dari koran bekas terkadang membuat  orang dewasa terheran-heran melihat imajinasi anaknya yang begitu menakjubkan.

Seperti pada gambar yang menunjukan seorang anak dengan imajinasi menjadi seorang bajak laut dngan hanya menggunakan koran bekas.

Hiasan Rumah

wallpaper dinding dari koran bekas
redtedart.com

Munngkin bagi kamu koran akan terlihat jelek jika menjadi wallpaper dinding karena warnanya yang monoton.

Berbeda dengan orang yang memiliki daya kreatifitas yang tinggi yang mampu memposisikan koran bekas kedalam sudut pandang yang indah ketika dijadikan bahan pemercantik ruangan.  

Tas

tas dari koran bekas
redtedart.com

Koran bekas juga dapat dijadikan bahan untuk membuat tas, walaupun mungkin terkesan temporer dalam hal penggunaan karena diperkirakan bisa cepat rusak.

Namun cukup baguslah sebagai desain tas yang menarik.

Bunga

bunga mawar dari koran bekas
redtedart.com

Siapa sangka seikat mawar yang biasanya warna merah bisa berubah warna menjadi putih dan berisi tulisan-tulisan,

Yap, itu karena pemanfaatan koran untuk dijadikan sebagai bunga hias yang indah atau juga bisa dijadikan hadiah untuk orang yang istimewa dalam hidupmu.

Bungkus Kado

bungkus kado dari koran bekas
redtedart.com

Untuk menghemat bujet dalam hal pemberian hadiah ulang tahun atau kado untuk sesorang kamu  tidak perlu mengeluarkan biaya yang tidak seberapa hanya untuk membungkus kado.

Kamu bisa menggunakan koran bekas yang lama untuk membungkus hadiahmu.

Yang kamu perlukan hanya kreatifitas dalam membentuk bingkisan kado dari koran bekas ini.

Manik-manik

kalung dari koran bekas
redtedart.com

Kamu mungkin tidak akan percaya kalo koran bisa dijadikan perhiasan yang cantik untuk menghiasi tubuhmu.

Dengan merubah koran menjadi adonan dengan tambahan air, kamu bisa menjadikannya bulatan manik-manik yang kemudian dikeringkan dan diberi warna sehingga terlihat seperti perhiasan yang cantik.

Kerajinan dari CD Bekas

kerajinan dari CD bekas
pixabay.com

Jika kamu punya kaset CD bekas yang sudah tidak terpakai lagi atau sudah rusak, Jangan dibuang!.

kamu bisa memanfaatkannya menjadi kerajinan yang indah dari kaset CD bekas, contohnya hiasan dinding, bingkai foto, hiasan meja, hiasan pot dan lain sebagainya.


Demikian contoh kerajinan dari barang bekas yang bisa kamu amati, tiru dan modifikasi untuk dijadikan hasil karyamu sendiri yang bernilai seni dan memiliki kegunaan. Semoga Bermanfaat.

See You On next article . . . 😀

Ayo Komentari Artikel Ini