hiasan rumah dari botol bekas

25+ Ide Hiasan Rumah Dari Barang Bekas

Siapa sih yang tidak mau rumahnya terlihat indah dengan berbagai macam hiasan didalamnya. Mungkin kamu akan berfikir untuk bisa mempercantik tampilan rumahmu kamu harus mengeluarkan biaya yang besar, kamu bisa loh membuat hiasan rumah dari barang bekas yang bagus. 

Secara, untuk memberi pernak-pernik sebagai penghias rumah diperlukan barang-barang yang mahal. Tapi sebenernya kamu tidak harus mengeluarkan biaya yang banyak untuk bisa membuat rumahmu tampak lebih indah.

Kamu bisa memanfaatkan berbagai macam barang bekas yang tidak terpakai untuk dijadikan hiasan rumah yang indah, bahkan mungkin bisa kamu jual, karena hal tersebut termasuk dalam seni kriya.

Mungkin sebagian dari kita sering menganggap barang bekas adalah sesuatu yang tidak berharga, Sehingga seringkali dibuang atau dijual ke tukang loak dengan harga yang sangat murah.

Bagi kamu yang memiliki jiwa kreatif atau keampuan kerajinan, kamu bisa merubah barang bekas tersebut menjadi hiasan rumah yang bernilai estetika dan juga materil, sehingga bisa dijadikan hiasan rumah dari barang bekas yang indah.

Selain bisa menambah finansial dan memperindah dekorasi rumah, kamu juga bisa mengurangi pencemaran lingkungan akibat sampah dari barang bekas yang dibuang.

Kamu juga bisa melihat berbagai  contoh hiasan rumah dari barang bekas berikut ini untuk bisa kamu tiru dan praktikan sehingga bisa dijadikan hiasan rumah yang bagus dan inspirasi dekorasi rumah sederhana tapi indah. 

Hiasan Rumah dari Botol Bekas

hiasan rumah dari botol bekas
homebnc.com

Pasti di setiap rumah kamu ada yang namanya botol bekas, dari pada nganggur kamu bisa manfaatkannya menjadi hiasan rumah yang indah untuk setiap ruangan yang ada. 

Berikut berbagai contoh kreasi dari botol bekas yang bisa dijadikan hiasan rumah,

1. Hiasan dinding menggunakan tutup botol

hiasan bunga dari tutup botol bekas
youtube.com

Ingin punya warna tembok atau dinding yang gak itu-itu saja?, tapi gak mampu mengeluarkan budget yang besar?. Ada salah satu cara yang bisa kamu gunakan untuk memperindah dindingmu tanpa haru mengeluarkan biaya untuk membeli cat. 

Kamu bisa memanfaatkan sisa-sisa tutup botol yang sudah tidak terpakai lagi untuk menghias dinding rumah agar tampilannya lebih menawan lagi

hiasan dinding dari botol bekas
everythingsathing.com

Makanya jangan buang botol dan tutup botolnya yang sudah tidak kamu gunakan lagi, kumpulkan berbagai jenis tutup botol dengan wrna yang berbeda-beda agar lebih bervariasi.

Kemudian kamu bisa menyusunnya menjadi berbagai bentuk sesuai yang kamu mau misalnya bungan atau bentuk benua, lekatkan ke tembok menggunakan paku atau juga bisa menggunakan lem.

2. Tempat aksesoris

tempat aksesoris dari botol bekas
youtube.com

Siapa sangka sebuah botol bekas bisa menjadi sebuah kreasi yang indah, meskipun masih banyak saja yang menganggapnya sebagai sampah yang harus dimusnahkan.

Sebenarnya botol bekas masih bisa dimanfaatkan menjadi berbagai hal seperti tempat meletakan aksesoris entah itu gelang, jam tangan, cincin bahkan perhiasan. 

3. Lampu Hias 

lampu gantung dari botol bekas
architectureartdesigns.com

Ingin menghiasi langit-langit rumahmu dengan lampu hias yang indah?, tapi harganya yang mahal-mahal membuat kamu mengurungkan keinginanmu.

Jangan khawatir, kamu masih bisa merasakan keindahan dari lampu yang elegan dengan menggunakan botol bekas yang ada di sekitar rumahmu.

Seperti lampu hias yang ada pada gambar, cara membuatnya cukup mudah, hanya dengan memanfaatkan botol kaca bekas wine, lubangi bagian bawahnya menggunakan alat pemotong kaca.

Masukkan lampu warna putih atau lampu bohlam kedalam botol, jadilah lampu hias yang elegan, jika ingin variasi warna kamu bisa mengecat sedikit bagian botol sehingga bisa memancarkan cahaya yang warna-warni.

4. Kotak Pensil

tempat pensil dari botol bekas
boredpanda.com

Kamu pasti sering meletakkan alat tulismu seperti pensil secara sembarangan begitu saja, sehingga ketika membutuhkannya tidak tahu entah dimana keberadaannya. So, untuk menangguangi masalah seperti itu kamu bisa menggunakan tempat pensil yang terbuat dari botol bekas.

Cukup dengan melubangi botol pada bagian atas atau bawah ditambah dengan beberapa label dan goresan cat yang cerah, kamu bisa mendapatkan tempat alat tulis yang bagus dan unik.

5. Celengan

celengan dari botol bekas
pakmag.com

Tingkatkan kegemaran anak-anak terhadap menabung dengan memberinya celengan yang menarik bagi mereka contohnya seperti pada gambar yang berupa mainan pesawat yang bisa difungsikan sebagai celengan.

Untuk membuatnya cukup mudah, hanya membutuhkan sebuah botol dan beberapa lembar kertas karton, bentuk kertas karton menjadi pesawat seperti pada gambar.

Lubangi pada bagian atas pesawat sebesar lubang masuk untuk koin, sehingga anak-anak bisa memasukkan uang mereka kedalamnya.

Hiasan Rumah dari Kardus Bekas

hiasan rumah dari kardus bekas
trckroi.com

Berbeda dengan hiasan yang terbuat dari botol plastik, untuk membuat hiasan dari bahan kardus memerlukan keterampilan dan ketelitian yang lebih.

Kesulitan dalam membuat hiasan dari kardus tidak membuat para orang yang penuh kreatifitas menyerah menggunakannya, bahkan malah semakin tertantang lagi untuk mengembangkan kreatifitasnya.

Oleh karena itu banyak karya yang dihasilkan dari kardus dari mulai yang sederhana sampai yang sulit sekalipun, bahkan bisa memiliki nilai jual yang tinggi.

Ada yang sampai dibuat menjadi alat pendukung perangkat VR seperti google cardboard ada juga yang cuma dijadikan sebagai mainan. Berikut contoh ide hiasan rumah dari barang bekas yang dibuat dari kardus.

1. Dashboard buku dan pensil

tool manager dari botol bekas
pinterest.com

Ingin peralatanmu seperti buku catatan, pensil, handphone, kunci motor dll tertata secara rapi, kamu bisa menggunakan kardus sebagai dashboard tool mu.

Agar tidak terkesan biasa banget kamu bisamerubahnya dengan menggunakan lembaran-lembaran kardus yang dilubangi menyesuaikan kebutuhan kamu kemudian ditumpuk dan di lem, maka jadilah dashboard tool seperti yang ada pada gambar. 

2. Lampu tidur

lampu tidur dari kardus bekas
instructables.com

Tidurmu bisa ditemani dengan cahaya redup yang menawan hanya dengan menggunakan kardus bekas. Dengan berbekal kardus bekas yang disulap menjadi penutup lampu yang unik dan elegan.

Bentuklah pola lubangmu sendiri sehingga bisa membentuk baayangan cahaya yang menawan. Seperti bentuk geometri yang ada pada gambar yang indah menambah suasana sendu di kamarmu..

3. Rak dinding

rak dinding dari kardus bekas
magazinuldecase.ro

Kerenkan jika didindingmu ada rak yang berbentuk seperti pada gambar. Hiasan dinding tersebut hanya mengguakan bahan bekas lakban atau selotip yang bahan dasarnya dari kertas kardus. 

Kamu bisa memanfaatkannya untuk membentuknya menjaadi rak dinding yang elegan seperti pada gambar.

4. Mainan Anak

mainan dari kardus bekas
simplecraftidea.com

Kardus bekas yang ada dirumahmu dari pada dibung lebih baik dijadikan mainan atau bahkan tempat buah samaph yang bagus.

Cukup dengan merubahnya menjadi bentuk tabung dan memberinya bentuk wajah yang lucu atau menyeramkan sehingga bisa mengajarkan anak untuk buang sampah pada tempatya.

5. Patung dinding

hiasan dinding dari kardus bekas
aliexpress.com

Ada juga loh hiasa mahal yanng terbuat dari kardus, contohnya hiasan dinding dari kepala hewan yang terbuat dari kardus. Banyak dijual di toko online karen cukup unik dan menarik.

Namun bagi kamu yang ingin membuatnya cukup muudah loh, buat aja menyesuaikan pola kepala hewan yang kamu sukai yang jelas yang mudah ditiru, contohnya kepala rusa, kuda, kambing dan lain-lain.

Hiasan Rumah dari Kayu Bekas

hiasan rumah dari kayu bekas
chwoodcrafts.com

Kembangkan kreatifitasmu untuk bisa membuat  sebuah hiasan rumah yang menrik entah itu hiasan rumah dari barang bekas ataupun hiasan rumah dari barang yang baru.

Tidak semua yang murah hanya bisa didapat dari barang bekas, kamu juga bisa mencari barang yang murah di toko yang bisa kamu ubah menjadi hiasan rumah yang indah contohnya kayu.

Kamu bisa menggunakan kayu-kayu yang murah atau bahkan kayu bekas furnitur yang bisa kamu manfaatkan menjadi hiasan yang unik.Berikut hiasan rumah dari kayu yang bisa kamu tiru.

1. Hiasan Dinding

hiasan dinding dari kayu bekas
vivadecora.com.br

Siapa yang tidak suka dengan eskrim, apa lagi anak-anak yang hampir setiap hari pasti minta untuk dibelikan eskrim. Suruh anak-anak untuk mengumpulkan setiap stik eskrim yang mereka dapatkan jangan sampai dibuanga.

Kamu bisa mengajarkan mereka kekreatifitasan melalui stik eskrim walaupun sebenernya bisa beli sih stik eskrim tanpa eskrimnya. Stik eskrim bisa dirubah menjadi berbagai bentuk yang menarik contohnya hiasan dinding untuk menaruh berbagai benda seperti foto ataupun bunga.

2. Mainan Anak

mainan dari kayu bekas
youtube.com

Anak-anak juga pasti suka jika dibuatkan mainan dari stik eskrim,. Bisa kamu bentuk menjadi mobil-mobilan seperti yang ada di gambar.

3. Hiasan Patung

hiasan patung dari kayu bekas
youandkids.com

Yang lebih keren jika kamu bisa membentuknya menjadi sebuah patung berbentuk hewan, untuk bisa menghiasi ruangan rumahmu.

4. Tempat Pensil 

tempat pensil dari kayu bekas
craftycrocodiles.co.uk

Tempat pensil adalah sesuatu kebutuhan pagi pelajar sekolah apalagi anak-anak yang suka menggambar dam menulis sehingga mereka membutuhkan banyak alat tulis yang memerlukan tempat penyimpanan.

Kamu bisa membuat tempat  penyimpanan pensil atau alat tulis dari stik eskrim, cukup menyusunnya seperti yang ada di gambar dan merekatkannya dengan lem,jadi deh tempat penyimpanan pensil yang menarik.

5. Casing Handphone

casing handphone dari kayu bekas
casehouse.co

Kalau cotoh yang satu ini kemungkinan cukup sulit untuk dibuat  karena butuh alat yang lumayan canggih dan ukuran yang presisi, karena harus menyesuaikan handphone yang ingin dipasangin casing kayu.

Barangkali kamu ingin membelinya kamu juga bisa membelinya di aliexpress

Hiasan Rumah dari Sedotan

hiasan lampu dari seddotan

montecina.net

 

Sedota adalah benda yang murah dan mudah didapat, apalagi hampir setiap hari kita memakainya untuk menyedot minuman. Kamu bisa menggunakan sedotan untuk dijadikan hiasan rumah yang menarik.

Jadi kalau bisa kalau habis menggunakan sedotan jangan langsung dibuang, kalau bisa dikumpulkan untuk dijadikan hiasan rumah yang cantik, daripada harus membeli sedotan baru.

Berikut berbagai contoh ide hiasan rumah yang bisa kamu buat dari sedotan.

1. Lampu Tidur

lampu tidur dari sedotan bekas
javies.com

Warna sedotan yang berwarna-warni bisa membiaskan cahaya yang indah dan bervariasi. Sehingga bisa dijadikan lampu tidur yang indah, caranya cukup mudah yaitu dengan menyilangkannya dan merekatkannya dengan lem untuk menutupi lampu.

2. Mainan Anak

mainan dari sedotan
bloglovin.com

Berbagai macam mainanpun bisa dibuat  dari sedotan yang bisa dimainkan oleh anak-anak atau hanya dijadikan pajangan juga bagus, contohnya dibuat menjadi kapal.

Miniatur-Helikopter-dari-Sedotan

wonderfuldiy.com

contoh lainnya kamu bisa membuat helikopter dengan sedotan.

3. Hiasan Lampu 

hiasan lampu dari seddotan
montecina.net

Variasi contoh hiasan lampu lainnya yaitu dengan menempelkan sedotan mengelilingi lampu sehingga berbentuk seperti pada gambar.

4. Hiasan Dinding / Pintu

hiasan dinding dari sedotan
mbribik.com

Kamu bisa membuat hiasan dinding dari sedotan, jika warna sedotanmu memiliki cirikhas tidak hanya polos begitu saja kamu bisa membentuknya menjadi hiasan dinding atau pintu, cukup ditambahi dengan pita bisa menjadi hiasan yang indah bisa juga menjadi hiasan pintu kamar unik.

5.Tirai bunga

tirai bunga dari sedotan
desainer.it

Selain itu kamu bisa merangkainya dengan menyambungnya dan setiap sambungan diselingin dengan bunga, maka bisa jadi sebuah tirai yang unik bisa juga dijadikan dekorasi pernikahan unik.

Hiasan Rumah dari Kepingan CD Bekas

Kamu bisa memanfaatkan CD bekas yang sudah rusak untuk dijadikan hiasan rumah. Berikut contoh ide hiasan rumah dari cd bekas yang bisa kamu jadikan inspirasi dari berbagai macam kumpulan kerajinan dari CD bekas.

1. Tempat tisu

tempat tisu dari cd bekas
earthporm.com

Dengan memotong kecil-kecil kepingan cd bekas. Kamu bisa mendesain sebuah kotak tisu yang biasa-biasa saja menjadi luar biasa. Susunlah potongan cd tersebut mengelilingi kotak tisu dan rekatkan dengan lem. Cukup simpelkan untuk membuat hiasan rumah dari barang bekas berupa tempat tisu dari CD bekas.

2. Lampu Hias

lampu hias dari cd bekas
earthporm.com

Hampir sama dengan kotak tisu, kamu bisa memanfaatkan potongan-potongan kecil cd untuk menghiasi lampu, agar lampu memiliki kesan mewah dan biasan cahaya yang indah sehingga bisa menjadi hiasan rumah pemanis ruang tamu.

3. Hiasan Meja

hiasan meja dari cd bekas
earthporm.com

Meja kayu biasa tanpa ukiran atau wallpaper diatasnya bisa dirubah menjadi semakin menarik dengan hiasan dari potongan cd bekas sehingga bisa menjadi hiasan rumah pemanis ruang tamu. Dengan hanya menempelkan ptongan-potongan kecil kepingan cd bisa memberikan kesan yang menarik pada meja tersebut sehingga kamu bisa menikmati hiasan rumah dari barang bekas tersebut.

4. Miniatur Burung

hiasan burung dari cd bekas
earthporm.com

Untuk merangkai kepingan cd menjadi hiasan rumah dari barang bekas berupa CD yang berbentuk burung seperti pada gambar terbilang sangat sulit karena membutuhkan kreatifitas yang tinggi, tapi kamu masih bisa menirunya kok.

5. Bingkai Cermin

bingkai cermin dari cd bekas
earthporm.com

Hiasi cermin kamarmu dengan kepingan cd yang membentuk bingkai cermin yang indah seperti yang ada pada gambar. Bagi kamu yang mau  merit bisa juga tuh menjadi inspirasi dekorasi pernikahan unik untuk kaca rias pengantinmu.


Itulah beberapa ide hiasan rumah dari barang bekas yang bisa kamu praktekan dan kamu buat. Kamu juga bisa melihat berbagai macam contoh ide lainnya dalam artikel kerajinan tangan dari barang bekas

see you on next article. . . .:D

Ayo Komentari Artikel Ini