sistem operasi linux

10 Sistem Operasi Linux Terbaik yang Pernah Ada

Jika kamu bosan dengan sistem operasi Windows ataupun Mac OS yang kamu miliki. Dari berbagai macam-macam sistem operasi, ada alternatif Sistem Operasi lain yang bisa kamu gunakan yaitu Linux, banyak varian Linux yang menjadi OS yang tepat untuk berbagai jenis komputer.

Linux menawarkan sejumlah sistem operasi luar biasa yang disebut juga distro, dan semuanya memiliki fitur yang berbeda-beda. Semua distro Linux dirancang untuk pengguna tertentu.

Misalnya – untuk pengguna pemula (newbie) dapat memilih Ubuntu karena lebih mudah digunakan sedangkan untuk tujuan produksi multimedia dan desain kamu dapat menggunakan Iro.

Sekarang, kamu mungkin bertanya-tanya tentang, Apa sih distro Linux terbaik untuk kamu?.

Dalam artikel ini telah dibuat daftar sistem operasi Linux terbaik yang sesuai dengan kebutuhanmu. Mari, kita simak!

1. Pop!_OS

linux pop os
itsfoss.com

Pop! _OS merupakann sistem operasi linux yang berasal dari Ubuntu (turunan Ubuntu) dengan GNOME sebagai tampilan desktopnya. Distro Linux ini dirilis oleh produsen perangkat keras Linux, System76.

Pop! _OS dikenal karena keamanannya yang menawarkan enkripsi default selama instalasi. Ini dapat digunakan oleh newbie dan juga oleh para ahli untuk pengembangan blockchain dan crypto.

2. Sistem Operasi Linux Ubuntu

sistem operasi linux ubuntu
pixabay.com

Ubuntu mungkin adalah salah satu distro Linux paling terkenal yang tersedia di pasaran. Linux Ubuntu adalah turunan dari Linux Debian dan menggunakan GNOME sebagai tampilan desktopnya.

Hampir setiap enam bulan, Ubuntu versi baru dirilis. Ada beberapa varian Ubuntu yang menggunakan tampilan desktop yang berbeda termasuk Lubuntu. Sistem operasi yang sangat cocok untuk pemula, dan bahkan dapat berjalan pada PC yang kurang bertenaga atau berspesifikasi rendah.

3. Elementary OS

Sistem Operasi Linux ElementaryOS-Freya-beta-1
ubuntuportal.com

Elementary OS adalah distro Linux lain yang juga berbasis pada Ubuntu. Ini bekerja pada tampilan desktop Pantheon yang dikembangkan di bagian atas basis perangkat lunak GNOME.

Sistem operasi linux ini dibangun di atas tiga aturan inti yaitu keputusan, menghindari konfigurasi dan dokumentasi yang minim. Tampilan Elementary OS cukup elegan dan menyerupai macOS dalam hal pengalaman pengguna dan visual.

4. Debian GNU/Linux

Sistem Operasi Debian-9
linuxadictos.com

Debian mungkin adalah salah satu distro Linux tertua yang hadir dengan tampilan desktop GNOME. Sistem operasi linux yang mendukung kernel yang berbeda termasuk FreeBSD dan Hurd. Bahkan ditawarkan sebagai distribusi yang didukung pada platform cloud Azure oleh Microsoft.

5. Gentoo Linux

sistem operasi linux gentoo
distrowatch.com

Distro Linux ini dibangun menggunakan sistem manajemen paket Portage. Sistem operasi Gentoo Linux dikenal karena fleksibilitas dan kinerjanya.

Dapat digunakan untuk membangun desktop, server, kernel Linux yang dirancang untuk perangkat keras tertentu. Ini memungkinkan pengguna untuk memiliki kontrol atas layanan yang diinstal dan dijalankan, bahkan mengurangi penggunaan memori.

Jika kamu seorang newbie, maka lebih baik menggunakan sistem operasi linux yang lainnya, karena OS ini tidak cocok untuk seorang pemula.

6. Iro

Sistem Operasi Linux iRO
iroos.net

Sistem Operasi Iro adalah OS portabel untuk para seniman digital.

Sistem operasi ini sempurna untuk pembuatan animasi, pemodelan 3D, pengkomposisian, lukisan digital, pengeditan gambar dan teknik multimedia lainnya.

Iro sangat nyaman digunakan untuk setiap jenis pengguna dan dapat dijalankan dari DVD ataupun USB Flashdisk. Iro adalah produksi lengkap CG yang disusun dalam satu paket.

Sehingga kamu tidak memerlukan komponen komputer berspesifikasi tinggi untuk bisa menjalankan OS ini cukup menggunakan DVD atau Flashdisk.

7. Arch Linux

arch-linux-os
fossbytes.com

Arch Linux adalah OS yang ringan dan dirancang untuk pengguna yang sudah berpengalaman dalam menggunakan linux. OS ini cukup sederhana, minimalis dan elegan untuk digunakan oleh programmer.

OS menggunakan manajer paket yang dibuat khusus yang disebut Pacman. Ini memungkinkan pengguna untuk membangun, memodifikasi, dan berbagi paket secara efisien.

8. Manjaro Linux

Sistem Operasi Linux manjaro
youtube.com

Jika kamu mencari sistem operasi berbasis Arch dengan beberapa pembaruan yang berbeda, maka Manjaro adalah sistem operasi yang kamu cari.

Muncul dengan konfigurasi GUI yang memungkinkan pengguna untuk mengkonfigurasi driver atau versi kernel. Manjaro adalah distro yang stabil yang dapat digunakan oleh programmer.

OS ini juga dilengkapi dengan beragam perangkat lunak yang telah terinstal sebelumnya sehingga pengguna dapat langsung mulai bekerja tanpa terlalu banyak merisaukan aplikasi tambahan.

9. Kali Linux

Sistem Operasi Kali Linux
techradar.com

Jika kamu tertarik pada hacking, digital forensik, dan penetration testing, maka sistem operasi Linux yang diturunkan dari Debian ini sangat cocok untuk kamu gunakan.

Distro ini menawarkan lebih dari 600 program penetration testing pra-instal. Ini juga merupakan platform pengujian keamanan Android pertama yang open source untuk perangkat Google Nexus.

Kali Linux adalah sistem operasi yang banyak digunakan di komunitas keamanan online.

10. SteamOS

Sistem Operasi Linux steam os
anband.spb.ru

Kebanyakan orang mengatakan bahwa Linux tidak bagus untuk bermain game. Yah, ini mungkin karena mereka belum pernah mencoba SteamOS.

Sistem operasi Linux berbasis Debian dibuat khusus untuk tujuan bermain game. Ini memberikan dukungan luar biasa untuk gamepad, GPU, dan perangkat keras lainnya.


Terlepas dari apapun perangkatmu entah itu laptop, komputer atau smartphone linux bisa menjadi pilihan interface atau sistem operasi untuk perangkatmu pintarmu.

Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat menambah wawasan serta membantu memecahkan masalah mu dalam hal memilih sistem operasi.

see you on next article  . . . . 😀

6 Comments

  1. Maya Atika Januari 5, 2019
  2. Edi Waluyo Slamet Januari 5, 2019
    • Hasan Isfahani Januari 5, 2019
  3. Farida Pane Januari 6, 2019
  4. Dedew Januari 8, 2019

Ayo Komentari Artikel Ini