Ayat 1000 dinar dalam alquran

7 Manfaat Ayat 1000 Dinar, Amalan Untuk Rezeki Yang Melimpah

Di dunia ini rezeki menjadi sesuatu yang tidak nampak dan tidak ada yang tahu kapan datangnya. Namun demikian, rezeki dari Allah bisa diperjuangkan dengan usaha sebaik mungkin, baik secara fisik maupun melalui amalan tertentu. Salah satu contohnya adalah dengan amalan  ayat 100 dinar.

Ayat yang satu ini banyak dimanfaatkan dan sudah mendapatkan banyak kisah ayat 1000 dinar beserta pengamalannya yang terbukti ampuh. Ada banyak manfaat ayat tersebut kaitannya dengan rezeki, termasuk tentang jodoh.

 

Mengenal Tentang Ayat 1000 Dinar dan Sejarahnya

ayat seribu (1000) dinar

Bagi beberapa orang, ayat tersebut mungkin terdengar masih asing. Pada dasarnya yang dimaksud dengan ayat seribu dinar tersebut merupakan salah  satu ayat dalam Alquran sebagaimana ayat yang lain. Hanya saja, ayat ini masyhur disebut ayat seribu dinar.

Ayat yang dimaksud di sini adalah Q.S. At-Thalaq ayat 2 dan 3. Berikut bunyi dari ayat seribu dinar dan artinya yang dianggap ampuh tersebut.

surat at thalaq ayat 2-3

“Waman yattaqillaha yaj’al lahu makhrajan (2). wayarzuqhu min haitsu la yahtasibu waman yatawakkal ‘alaihi fahuwa  hasbuhu innallaha baalighu amrihi qad ja’alallahu likullli syai-in  qadaran(3).”

Artinya : “Dan barang siapa bertaqwa kepada Allah, niscaya Dia akan menciptakan baginya jalan keluar(2).  Dan memberinya rezeki dari arah yang tak disangkanya. Dan barang siapa bertawakal pada Allah, maka Allah akan mencukupkan (kebutuhannya). Sesungguhnya Allah melaksanakan urusan (yang dikehendaki oleh)-Nya. Sesungguhnya Allah telah menciptakan ketentuan-ketentuan terhadap segala sesuatu(3).”

 

Sejarah Ayat Seribu Dinar

Masyhurnya ayat 1000 dinar dan fadhilatnya tentu tidak muncul begitu saja. Ada sebuah kisah yang melatarbelakanginya. Dari kisah tersebutlah kini ayat 2 dan 3 surat At-Thalaq ini diamalkan banyak orang.

Sejarah ayat 1000 dinar datang dari seorang pedagang yang bermimpi bertemu Nabi Khidir. Mimpi tersebut terus mendatanginya hingga 3 kali dengan maksud yang sama yakni Nabi Khidir mengajarkannya  untuk bersedekah sebanyak 1000 dinar.

Dengan tiga mimpi yang sama tersebut, akhirnya pedagang ini melaksanakan amanah yang dijumpainya dalam mimpi. Setelah itu, si pedagang kembali bermimpi bertemu dengan Nabi Khidir dan Beliau mengajarkan pedagang itu untuk mengamalkan Q.S. At-Thalaq ayat 1-2.

Pedagang mengikuti ajaran tersebut. Kemudian, suatu hari dia pergi berdagang ke suatu tempat menaiki perahu. Sayangnya, ada musibah angin topan yang menimpa perahunya dan seluruh penumpang meninggal kecuali pedagang tersebut yang terdampar di sebuah pesisir.

Tak hanya sekedar selamat, barang dagangannya pun tidak ada yang rusak sedikitpun. Si pedagang terus melanjutkan hidupnya di negeri yang baru dengan berdagang sekaligus terus mengamalkan ayat 1000 dinar tersebut. Hingga akhirnya suatu hari dia diangkat sebagai raja .

Inilah yang disebut sebagai rezeki tidak disangka-sangka. Dari sini pula, akhirnya ayat yang diajarkan Nabi Khidir ini di anggap ampuh dan diamalkan sampai sekarang.

 

Kandungan Dalam Ayat Seribu Dinar

Meskipun hanya 2 ayat, namun ada banyak makna yang terkandung dalam ayat ampuh ini. Hal tersebut menjadi salah satu Kelebihan ayat seribu dinar di samping manfaat pengamalannya. Nah, berikut merupakan daftar kandungannya.

  • Pentingnya Bertakwa Kepada Allah

Dalam kalimat pertama di ayat kedua sudah menyebutkan kata-kata barang siapa yang bertaqwa. Hal ini sekaligus mengisyaratkan bahwa ketakwaan sangat penting untuk segala sesuatu. Termasuk yang berkaitan dengan rezeki dalam kehidupan di dunia ini.

  • Allah Memberi Rezeki Lewat Jalan Tak Disangka Bagi Orang-Orang Yang Bertaqwa

Salah satu makna ayat seribu dinar adalah Allah akan memberikan rezeki pada hambanya yang bertakwa tanpa disangka sekaligus melalui jalan yang tak pernah terpikir sekalipun. Karena itulah manusia hendaknya senantiasa bertakwa sehingga rezekinya tercukupi.

  • Dosa Menghalangi Rezeki

Secara tersirat ayat ini mengisyaratkan pula bahwa tidak diperbolehkan menghalangi rezeki orang lain. Karena rezeki sudah di tetapkan sehingga menghalangi rezeki orang lain merupakan sebuah dosa.

  • Allah Pemberi Jalan Keluar Dalam Setiap Masalah

Dalam ayat 1000 dinar juga terkandung makna bahwa dalam setiap masalah hambanya, Allah akan senantiasa memberikan jalan keluar. Namun, hal ini pun masih berhubungan dengan ketakwaan dimana dengan ketakwaan yang bertambah, masalah akan di ringankan.

  • Ketetapan Segala Sesuatu Ada Di Tangan Allah

Terakhir, ayat ini mengisyaratkan bahwa segala ketetapan yang berhak menentukan adalah Allah. Termasuk yang berkaitan dengan rezeki, jodoh dan takdir manusia lainnya. Karena itulah setiap hamba harus menjaga ketakwaannya.

 

Daftar Manfaat Ayat 1000 Dinar Untuk Rezeki

Mengenal ayat 1000 dinar dan manfaatnya lebih jauh tentu penting sebelum mulai mengamalkan ayat tersebut. Dalam hal ini ada banyak daftar manfaat yang bisa didapatkan dari pengamalan ayat seribu dinar sebagaimana daftar berikut.

  1. Membantu mendapat rezeki berlimpah

Salah satu yang berhubungan langsung dengan ayat ini adalah kaitannya dengan rezeki. Dengan pengamalan terhadapnya, Anda bisa mendapatkan rezeki berlimpah, bahkan tanpa disangka. Tentu saja dengan dibarengi ketakwaan pada Allah dan usaha yang sungguh-sungguh.

Ke sungguh-sungguhan dalam berusaha ini sebagaimana quote : “tidak ada kesuksesan instan dalam hidup ini, bahkan untuk membuat mie instan sekali pun kita harus merebus air terlebih dahulu”.

  1. Membantu agar terlindung dari musibah

Rezeki tidak selamanya tentang harta dan dunia, tetapi juga keselamatan dari marabahaya. Salah satunya seperti ketika terkena musibah tertentu. Di sini salah satu Manfaat ayat seribu dinar ini juga berhubungan dengan menghindarkan diri dari beragam musibah yang mendekat.

  1. Mendukung larisnya dagangan atau usaha

Jika Anda seorang pedagang, maka ayat seribu dinar memiliki peran yang cukup penting. Salah satunya dengan mendatangkan pengunjung atau pembeli sekaligus melariskan dagangan. Tidak dapat dipungkiri juga, bagi seorang pedagang larisnya usaha adalah rezeki yang besar.

  1. Membantu meringankan dan Menyembuhkan penyakit

Tidak sampai di sana, pengamalan ayat ini juga bisa membantu untuk meringankan berbagai macam penyakit yang sedang dialami. Jika Anda salah satu yang mengalaminya, maka pengamalan tersebut bisa dicoba.

  1. Membantu agar keinginan terkabul

Manusia pastinya memiliki keinginan tertentu dalam hidupnya. Salah satunya mungkin seperti ingin berkunjung ke tanah suci untuk Umroh atau haji. Nah, di sini mengamalkan ayat tersebut bisa membantu mewujudkan keinginan Anda sedikit demi sedikit atau bahkan tanpa disangka.

  1. Membantu mendapatkan keadilan hukum

Keadilan hukum juga tidak penting untuk mendapatkan kehidupan yang tenteram dan tenang. Bagi Anda yang sedang dalam rangka mencari keadilan hukum, maka

  1. Mendapat kemudahan dalam segala hajat

Dalam kehidupan bermasyarakat, tidak jarang seseorang memiliki hajat tertentu. Baik yang sedang dilaksanakan maupun yang masih direncanakan. Di sini zikir 1000 dinar juga berperan penting untuk memudahkan sekaligus memperlencar segala hajat Anda.

 

Manfaat Ayat Seribu Dinar Untuk Jodoh

Salah satu rezeki yang selalu dinantikan mereka yang sudah saatnya menikah adalah mendapatkan jodoh. Hal ini membuat pembahasan tentang apa itu jodoh dan bagaimana cara mendapatkannya banyak diminati berbagai kalangan.

Berkaitan dengan cara mendapatkan jodoh, perlu diketahui juga bahwa salah satu keutamaan ayat 1000 dinar adalah mendekatkan jodoh. Anda bisa mengamalkannya dengan hajat meminta jodoh. InsyaAllah pencarian jodoh pun akan semakin dipermudah.

Pengamalan ayat tersebut untuk pencarian jodoh juga bisa didukung dengan beragam doa mendapatkan jodoh. Pastinya juga disertai usaha sekaligus meningkatkan ketakwaan sehingga segala urusan semakin dipermudah oleh Allah SWT.

 

Cara Mengamalkan Ayat 1000 Dinar Dalam Kehidupan

Pembahasan terakhir yang akan dijabarkan di sini berkaitan dengan cara pengamalan ayat 2-3 Q.S. At-Thalaq ini. Meski mengetahui bahwa ayat tersebut memiliki manfaat tersendiri, pastinya banyak yang masih bertanya-tanya bagaimana cara mengamalkan ayat 1000 dinar yang benar.

cara pengamalan tersebut sebenarnya tidak pernah diajarkan oleh Nabi. Namun, beberapa ulama’ memberikan pendapatnya sekaligus mengajarkan bagaimana pengamalannya. Hanya saja ada beberapa pendapat berbeda. Kali ini ada 3 cara yang berbeda yang akan dibahas sebagai berikut.

  • Cara pertama

Ayat ini diamalkan pada tiap malam pertama bulan hijriyah yang didahului membaca surat Al-Fatihah sebanyak 1000 kali. Kemudian dilanjutkan dengan membaca ayat 114 surat Al-Maidah sebanyak dan ayat 1000 dinar ini sebanyak 21 kali.

Pengamalan dilanjutkan dengan membaca lafadz “allahumma innii as-aluka bismika, yaa raszzaaqu yaa fattaahu yaa wahhaabu yaa ghaniyyu yaa mughniyyu yaa baasith” sebanyak 10 kali. Setelah lafadz ini selesai, kemudian berdoa sesuai hajat yang diinginkan.

  • Cara Kedua

Doa seribu dinar ini bisa digunakan pula untuk memerangi pemimpin yang zalim dan membantu mendapatkan keadilan. Sedangkan untuk mendapatkannya, maka pengamalan bisa dilakukan langsung di hadapan penguasa yang dituju sebagai wasilah pertolongan Allah.

  • Cara Ketiga

Ayat ini diamalkan dengan membacanya sebanyak 1000 kali dalam sekali duduk. Bisa juga dengan membacanya setiap selesai sholat fardlu sebanyak 200 kali sehingga dalam sehari genap hingga 1000 bacaan.

Dari sekian penjabaran tentang ayat 1000 dinar di atas, siapa pun tentu berhak mengamalkannya, termasuk Anda. Apalagi mengingat manfaatnya yang begitu banyak dan sangat membantu dalam kehidupan. Namun, perlu diingat, usaha yang konkret juga dibutuhkan untuk mendatangkan rezeki.

Ayo Komentari Artikel Ini