6 Macam Doa Pembuka Rezeki dari Alquran dan Hadits

Rezeki merupakan suatu hal yang selalu dinanti. Ada banyak sekali kaitan rezeki dengan kehidupan manusia di dunia ini. Akan tetapi, adakalanya rezeki tidak bisa datang sendiri. Rezeki harus dijemput baik dengan doa pembuka rezeki yang sudah banyak terbukti.

Doa pembuka pintu rezeki  ini memiliki banyak manfaat dan khasiat. Sedangkan yang bisa diamalkan sendiri adakalanya berasal dari Alquran atau hadits. Berkaitan dengannya, ada banyak pembahasan penting yang menyertai, seperti jenis-jenis rezeki hingga jalan untuk melancaran rezeki.

 

Memahami Maksud Dua Jenis Rezeki Dari Allah

doa pembuka rezeki

pixabay.com

Sebelum mengetahui bagaimana saja Doa minta rezeki yang berlimpah dari Allah, perlu diketahui bahwa ada dua jenis rezeki yang diberikan-Nya. Rezeki yang pertama adalah rezeki yang sifatnya umum. Sedangkan rezeki yang kedua adalah rezeki yang sifatnya khusus.

Kedua jenis rezeki ini memiliki pengertian berbeda. Masing-masing juga bisa lebih didekatkan dengan doa pembuka rezeki. Singkatnya untuk rezeki yang bersifat umum lebih merujuk pada rezeki yang bersifat duniawi. Sedangkan rezeki bersifat khusus lebih berhubungan agama dan ibadah.

Lebih jelasnya, rezeki bersifat umum ini mencakup berbagai kebutuhan di dunia.  Katakan saja di antaranya seperti harta benda, kesehatan, pekerjaan dan sejenisnya. Sedangkan rezeki bersifat khusus berupa iman serta kedekatan dengan Allah dalam beragama.

Jika dihubungkan dengan doa untuk membuka rezeki, maka di antara doa rezeki umum ini mencakup seperti  Doa melancarkan rezeki dan usaha hingga doa mendapatkan jodoh. Sedangkan untuk rezeki yang khusus contohnya seperti doa terus diberi keteapan iman dan ikhlas dalam beribadah.

 

Doa Pembua Rezeki Dalam Alquran

doa mendapatkan jodoh yang diinginkan

pixabay.com

Sebagaimana diketahui, Alquran adalah pedoman hidup umat Islam yang bisa dijadikan andalan dalam berbagai hal. Begitu juga jika berkaitan dengan rezeki maupun jodoh. Dalam Alquran ini banyak terdapat doa dimudahkan segala urusan, termasuk urusan rezeki.

Mengamalkan doa dalam Alquran tentu saja bukan hal yang asing lagi dilakukan. Khasiatnya pun sudah jelas adanya dan banyak terbukti sejauh ini. Dengan demikian, Anda bisa turut mencoba beberapa Kumpulan doa mustajab pembuka pintu rezeki yang diambil dari Alquran berikut ini.

  1. Al-Maidah ayat 114

surat al maidah ayat 114

Allahumma rabbanaa anzil ‘alaina maaidatan minassamaai takunu lanaa ‘idan liawwalinaa wa aakhirinaa wa ayatan minka warzuqna wa anta khairur raaziqiina.

Artinya ; Ya Tuhan kami turunkanlah kiranya kepada kami suatu hidangan dari langit (yang hari turunnya) akan menjadi hari raya bagi kami yaitu orang-orang yang bersama kami dan yang  sesudah kami, dan menjadi tanda bagi kekuasaan Engkau : beri rezekilah kami, dan Engkaulah pemberi rezeki yang paling utama.

Jika diperhatikan lebih jauh, ayat ini memang merupakan doa. Meskipun di dalamnya mengandung makna memohon hidangan, namun rezeki adalah maksud tersirat dari makna tersebut. Oleh sebab itu ayat tersebut bisa masuk kategori salah satu bacaaan doa pembuka rezeki.

Apalagi jika mengingat bahwa hidangan adalah rezeki yang sangat dibutuhkan dalam kehidupan. Khususnya bagi yang sangat kekurangan maka doa pembuka rezeki yang satu ini bisa diamalkan. Tentu saja sekaligus dengan maksud sebagai Doa minta rezeki lancar  untuk diri dan keluarga.

  1. Al-Qasas ayat 24

surat al qasas ayat 24

Rabbi innii lima anzalta ilayya min khairin faqiirun.

Artinya : Wahai Tuhanku sesungguhnya aku sangat membutuhkan kebaikan yang Engkau turunkan padaku.

Doa di atas merupakan doa yang dimaksudkan untuk memohon kebaikan dalam kehidupan, khususnya berkaitan dengan rezeki. Allah maha mengetahui maksud hambanya sehingga doa ini bisa diterapkan juga sebagai Doa dan dzikir pembuka rezeki.

Dengan memperbanyak doa tersebut, diharapkan Allah akan semakin mempermudah segala urusan Anda. Termasuk yang sedang mencari kerja, maka kebaikan di sini juga masuk kategori penerimaan pekerjaan. Dengan kata lain, ayat ini bisa dijadikan sebagai salah satu Dzikir agar diterima kerja.

  1. As-Shaad ayat 35

surat shad ayat 35

Rabbi ighfir lii wahablii mulkan la yanbaghie liahdin min baadii innaka anta alwahhabu.

Artinya : Ya Tuhanku, ampunilah aku dan enugerahkanlah kepadaku kerajaan yang tidak dimiliki oleh siapa pun sesudahku. Sesungguhnya Engkaulah Yang Maha Pemberi.

Bagi yang menginginkan rezeki melimpah ruah, doa ini bisa dijadikan pegangan karena merupakan Doa mendapatkan rezeki tak terduga.  Hal ini bisa dilihat dari lafadznya yang memohon kerajaan yang juga dimaksudkan sebagai rezeki.

Kalimat tersebut juga mengandung pengertian sebagai Doa pembuka rezeki dan kekayaan berlimpah. Anda bisa memanjatkan doa tersebut secara rutin sehingga Anda bisa mendapatkan yang diinginkan dengan perantaranya.

Selain beberapa ayat yang sudah disebutkan di atas, sebenarnya masih ada beberapa ayat lain yang berkaitan dengan rezeki. Namun, untuk kategori Doa pembuka rezeki mustajab dari Alquran, ayat yang sudah disebutkan sudah mencakup keseluruhan.

 

Doa Pembuka Rezeki Dari Hadits

Selain Alquran, hadits juga merupakan sumber keilmuan Islam yang sudah banyak diteliti. Khususnya terkait keshahihannya dari Rasulullah sehingga bisa dijadikan pedoman pula. Dalam hal ini ada banyak doa pembuka rezeki dalam hadits yang juga bisa diamalkan dalam keseharian.

Doa-doa pembuka rezeki tersebut tersebar dalam banyak riwayat. Sedangkan yang akan dibahas kali ini adalah hadits yang berasal dari kitab ternama, yakni kutubussittah, sehingga riwayatnya terjamin dan sudah di akui.

  1. R. Ibnu Majjah

Allahumma inni as-aluka ilman naafi’a, wa rizqan Thayyiba, wa Amalam mtaqabbala

Artinya : Ya Allah, sesungguhnya aku memohon kepada–Mu ilmu yang bermanfaat, rezeki yang halal dan amal yang diterima.

Doa ini tentu saja terdengar sudah tidak asing lagi bagi Anda. Dalam setiap kesempatan doa tersebut dipanjatkan untuk mendapatkan banyak hal. Termasuk didalamnya ilmu yang bermanfaat dan rezeki yang melimpah.

Doa tersebut bisa menjadi Doa pembuka pintu rezeki dipagi hari ketika Anda mengamalkannya setelah shalat subuh atau sebelumnya. Namun, untuk mendapatkan khasiat yang lebih, alangkah baiknya untuk mengamalkan dalam setiap kesempatan penting.

  1. R. Tirmidzi

Allahummak-fiini i halaalika ‘an Haroomika, wa aghniniy bi fadhlika ‘amman siwaak

Artinya : ya Allah cukupkanlah aku dengan yang halal dan jauhkanlah aku dari yang haram, dan cukupkanlah aku dengan karunia-Mu dari bergantung pada selain-Mu.

Tidak hanya hadits di atas, Doa pembuka rezeki yang mustajab satu ini juga tidak kalah banyak dikenali dikalangan masyarakat. Doa ini dianggap memiliki peran penting, yakni menjauhkan yang haram dan mendekatkan yang halal.

Keduanya merupakan hal yang sangat penting sehingga rezeki yang didapatkan merupakan rezeki yang benar-benar barokah. Baik untuk diri sendiri maupun untuk keluarga. Doa ini bisa diamalkan juga sebagai Doa mendapatkan rezeki dengan cepat sekaligus dengan cara yang tepat.

  1. R. Muslim

Allahummaghfirlii, warhamnii, wahdinii, wa’afinii, warzuqnii.

Artinya : Ya Allah ampunilah aku, kasihanilah aku, berilah petunjuk padaku, selamatkanlah aku, dan berikanlah rezeki kepadaku.

Doa pembuka rezeki yang satu ini, beberapa redaksinya banyak disebutkan dalam shalat. Meskipun ada beberapa kalimat yang berbeda. Doa yang merupakan riwayat Imam Muslim ini sangat ampuh dan bisa diandalkan kaitannya degan rezeki.

Namun, berkaitan dengan dikabulkannya doa saat ini atau kapan, hanya Allah yang bisa menentukan sebagaimana quote “manusia hanya bisa berusaha dan Tuhan adalah penentu segalanya”. Dengan demikian, setelah berikhtiar, maka selanjutnya segalanya tinggal diserahkan pada Allah saja.

 

Doa Pembuka Rezeki Yang Berkaitan Dengan Jodoh

Doa lancar rezeki dan jodoh  tentu saja adalah dua hal yang tidak bisa dipisahkan. Hal ini karena jodoh merupakan bagian dari rezeki yang harus diperjuangkan dan harus masuk dalam doa setiap hamba.

Karena itulah, setiap orang perlu meyakini bahwa jodoh sudah diatur dan ditentukan oleh Allah sebagaimana rezeki. Sedangkan dalam pencariannya, alangkah baiknya mengikuti pedoman sebagaimana banyak ayat alquran tentang jodoh yang sudah memiliki pemaparan yang jelas.

Selanjutnya, berbicara mengenai doa untuk mendekatkan jodoh, sebenarnya bisa menggunakan pula amalan mendatangkan rezeki secara umum. Namun, ada beberapa doa khusus yang juga bisa dipanjatkan sehingga jodoh bisa lebih cepat dekat lagi.

Salah satu doa untuk mendekatan jodoh sekaligus mendapatkan jodoh terbaik ini adalah sebagai berikut :

Rabbi hablii min ladunka zaujan thayyiban akhthubuhaa wa atazawwaju bihaa watakuunu shaahibatan lii fidiini waddunya walakhirah.

Artinya : Ya Rabb, berikanlah kepadaku Istri yang terbaik di sisi-Mu, istri yang aku lamar dan nikahi dan istri yang menjadi sahabatku dalam urusan agama, urusan dunia dan akhirat.

Doa dari  Alquran ini jelas tidak hanya bermaksud sebagai doa minta jodoh saja. Lebih dari itu, kalimat tersebut juga mengandung doa untuk mendapatkan jodoh yang baik untuk kebahagiaan dunia dan akhirat.

Jodoh yang baik juga merupakan sebuah rezeki tiada tara. Oleh sebab itu, dalam berdoa tidak cukup meminta jodoh didekatkan saja, namun jangan lupa memohon untuk mendapatkan jodoh yang baik dari Allah.

 

Macam-Macam Jalan Rezeki Yang Perlu Diketahui

Jalan rezeki sangatlah beragam. Oleh karena itulah manusia dianjurkan untuk memanjatkan Doa pembuka rezeki dari segala pintu sehingga segala jalan rezeki ini bisa terbuka. Jalan pembuka rezeki yang dimaksud di sini bahkan di antaranya tidak pernah disangka.

Jalan rezeki yang sudah pasti dan sudah banyak terasa adalah rezeki karena usaha dan rezeki yang memang telah dijamin oleh Allah. Keduanya sangat logis dan mungkin sekali didapatkan. Selain itu adakalanya juga rezeki didapatkan karena bersyukur pada Allah.

Selain rasa syukur, salah satu doa pembuka rezeki yang mungkin banyak tak terbayangkan adalah karena istighfar. Seseorang yang menyadari kesalahan yang telah diperbuatnya dan memohon ampun pada Allah, maka akan berkesempatan lebih untuk mendapatkan rezeki dari-Nya.

Masih ada lagi beberapa jalan pembuka rezeki lainnya. Di antaranya melalui sebuah pernikahan, karena itulah segera menikah sangat dianjurkan. Rezeki juga bisa jadi datang dengan jalan seorang anak maupun sedekah dalam setiap kesempatan dengan ikhlas.

Dari sekian keterangan di atas, Anda bisa mengamalkan beberapa doa pembuka rezeki yang sudah disebutkan. Baik yang dari Alquran maupun dari hadits. Selain itu, jangan lupa bahwa ada banyak jalan pembuka rezeki sehingga sangat penting mencerminkan perilaku yang baik.

Khususnya jika ingin rezeki yang berkah dan lancar, perbanyaklah sedekah. Jangan lupa juga untuk senantiasa bersyukur pada Allah dan beristighfar dari segala dosa yang pernah dilakukan. Jika sudah ada kesempatan, segera menikah juga sangat dianjurkan sekaligus untuk mendatangkan rezeki.

Ayo Komentari Artikel Ini