Doa dimudahkan segala urusan

4 Doa Dimudahkan Segala Urusan Dalam Kehidupan

Bagi umat muslim yang namanya doa merupakan sebuah kalimat sakral yang sangat dibutuhkan. Dalam banyak hal doa memiliki peran penting, khususnya dalam kemudahan beragam urusan. Karena itulah doa dimudahkan segala urusan dalam hal ini penting dikenali.

Urusan setiap orang di dunia ini tentu saja memang sangat kompleks. Mengingat akan hal tersebut, tanpa bantuan setiap doa akan sulit untuk mengatasi masing-masing darinya. Oleh sebab itu, secara lebih jauh akan beberapa pembagian doa doa dimudahkan segala urusan dan hajat tersebut.

Doa Dimudahkan Segala Urusan Secara Umum

Dalam pembagian pertama, tentu saja ada doa untuk memudahkan segala urusan secara umum. Doa ini dipanjatkan dalam rangka untuk mendapatkan kemudahan dalam berbagai aspek kehidupan. Dengan doa tersebut, ada banyak cakupan yang tertera di dalamnya.

Hanya saja perlu diketahui bahwa dalam doa mohon kemudahan dan kelancaran secara umum kali ini  tentu ada plus minusnya. Salah satunya adalah kurang spesifiknya permintaan pada Allah. Nah, untuk doa umum tersebut setidaknya ada 3 doa yang bisa dipanjatkan sebagai berikut.

  • Doa pertama

Doa dimudahkan segala urusan secara umum yang pertama datang dari hadits yang diriwayatkan oleh Abi umar dengan sanad yang shahih. Tentu saja makna doa ini juga disertai beberapa pelajaran yang bisa dipetik.

Allahumma laa sahla illa maa ja’altahu sahla. Wa anta taj’alul khuzna idzaa syi’ta sahlan. Click To Tweet

Artinya : Ya Allah, tidak ada kemudahan kecuali Engkau yang membuatnya mudah. Dan Engkau menjadikan kesulitan jika Engkau kehendaki pasti akan sangat mudah.

Ada beberapa pelajaran yang bisa didapatkan dari doa yang satu ini. Diantaranya adalah mengakui bahwa segala kemudahan datangnya dari Allah dan memang hanya Allah yang bisa mendatangkannya. Karena itulah dibutuhkan yang namanya doa.

Dengan ini, maka setiap muslim dihimbau untuk menggantungkan hati dan segala permintaannya hanya pada Allah. Apalagi mengingat bahwa makhluk memang tidak memiliki daya dan upaya untuk berkehendak atas keinginannya kecuali atas izin Allah.

Selain itu, disini setiap manusia harus mempercayai qada’ dan qadar yang sudah ditetapkan oleh penciptanya. Dalam beragam kesulitan, maka doa ini bisa diamalkan. Termasuk jika ingin diamalkan sebagai Doa dimudahkan segala urusan keuangan.

  • Doa kedua

Ada doa lain yang sangat umum dan banyak digunakan sejauh ini untuk mempermudah beragam urusan. Doa ini diambil dari surat Thaha dan pastinya sangat familiar dengan bunyinya sebagai berikut.

Rabbie isyrah lii Shadrii, wayassir lii amrii, wahlul uqdatan min lisaanii yafqohuu qoulii Click To Tweet

Ya Allah, lapangkanlah dadaku, mudahkanlan urusanku, dan lepaskanlah kekakuan lidahku, supaya mereka bisa mengerti perkataanku.

Dalam doa tersebut tersimpan tidak kalah banyak makna. Khususnya jika berbicara mengenai khasiatnya lebih jauh. Doa ini bisa juga diamalkan sebagai doa agar dimudahkan segala urusan dan ucapan.

Dari keterangan tersebut, tentu saja tidak heran jika banyak dijumpai doa ini diucapkan ketika seseorang membuka pembicaraan. Katakanlah seperti pidato resmi, sambutan, dan sebagainya.

Meski demikian, tentu saja doa tersebut pengamalannya tidak melulu berkaitan dengan urusan lisan. Lebih dari itu, doa ini sangat berarti juga ketika diamalkan dalam rangka menghadapi setiap masalah yang sedang menimpa kehidupan Anda.

  • Doa ketiga

Jika kedua lafadz doa di atas masih belum cukup, jangan khawatir karena masih ada satu doa lagi yang bisa diamalkan dalam mempermudah beragam urusan dalam kehidupan ini. Doa yang dimaksud berasal dari Q.S. Alkahfi ayat 10.

Rabbanaa aatina min ladunka rohmatan wahayyi’lana min amrina rasyadaa. Click To Tweet

4 Doa Dimudahkan Segala Urusan Dalam Kehidupan 1

Doa dimudahkan segala urusan yang satu ini tentu juga sangat populer. Apalagi dengan khasaitnya yang baik karena memiliki maknya yang dalam. Secara umum doa ini bisa digunakan untuk memohon dipermudah beragam urusan dalam kehidupan.

Doa ini menjadi semakin umum lagi karena didalamnya mencakup permohonan sebuah rahmat dari Allah. Jika Anda sedang memiliki masalah dan membutuhkan penyelesaian segera, doa ini pun cocok untuk dijadikan andalan.

Beberapa doa yang sudah disebutkan di atas bisa menjadi pegangan Anda untuk mendapatkan kemudahan dalam berbagai aspek kehidupan. Jangan lupa juga bahwa doa-doa tersebut tetap bisa dipanjatkan saat Anda sedang menghadapi masalah yang pelik maupun tidak.

Doa Dimudahkan Segala Urusan Kaitannya Dengan Rezeki

Di dunia ini, urusan yang tidak bisa disangkal lagi tentu saja adalah urusan yang berkaitan dengan rezeki. Oleh sebab itu tidak heran jika ada banyak doa pembuka rezeki yang dijumpai banyak diamalkan. Yang namanya rezeki memang tidak bisa lepas dari kehidupan setiap orang.

Baik doa mendapatkan rezeki tak terduga maupun doa untuk mendapatkan rezeki yang sudah ditentukan harus senantiasa dipanjatkan. Hal ini dalam rangka semakin mendekatkan rezeki dalam kehidupan Anda. Termasuk juga dalam rangka menyambungkan batin dengan sang pencipta.

Ada banyak doa dimudahkan segala urusan yang bisa digunakan dalam rangka mendekatkan rezeki ini. Termasuk juga beberapa doa yang bisa didapatkan dari Alquran dan hadits yang merupakan pedoman hidup setiap umat Nabi Muhammad.

Salah satu doa untuk mendekatkan rezeki dari Allah yang diambil dari Alquran adalah Q.S. Alqashash. Doa ini bermaksud untuk memohon kebaikan pada Allah dengan makna memohon rezeki sebagaimana berikut.

Rabbi innii lima anzalta ilayya min khairin faqiirun. Click To Tweet

Artinya : Wahai Tuhanku sesungguhnya aku sangat membutuhkan kebaikan yang Engkau turunkan padaku.

Selain Alquran, dalam hadits juga terdapat sebuah doa untuk membukakan rezeki dari Allah yang diriwayatkan oleh Baihaqi. Doa ini sekaligus bisa diamalkan dalam rangka menghindarkan diri dari keadaan faqir dan kekurangan sekaligus kedzaliman. Berikut doanya.

Allahumma inni A’uudzubika minal faqri wal faaqoh, wal Qillah wa dzillah, wa A’uudzunika ‘an adzlima aw udzlama. Click To Tweet

Artinya : Ya Allah, aku berlindung pada-Mu dari kefakiran, kekurangan, kehinaan, dan aku berlindung pada-Mu dari melakukan kedzaliman dan di dzalimi.

Masih ada lagi doa yang bisa dipanjatkan untuk membuka pintu rezeki sehingga bisa semakin dimudahkan lagi oleh Allah. Doa dimudahkan segala urusan dan rezeki tersebut adalah sebagai berikut.

Allahumma yaa ghaniyyu yaa mughniyyu aghniini ghinan abadaa, wa yaa Aziizu ya Mu’izzu a’izzamii bi ‘izaazi ‘izzati qudratika, wa yaa muyassirol umuuri yassirlii umuroddunyaa wa diini, yaa khoiro man yurjaa, ya Allah. Click To Tweet

Artinya : Ya Allah, wahai dzat yang mahakaya dan memberikan kekayaan, berilah kekayaan yang abadi padaku. Wahai dzat yang Mahamulia dan yang memberikan kemuliaan, berilah kemuliaan kepadaku dengan kemuliaan kekuasaan-Mu. Wahai dzat yang mempermudah segala urusan, berilah kemudahan di dalam semua urusan dunia dan agama, wahai dzat yang paling diharapkan, ya Allah.

Doa-doa di atas sudah mewakili beragam bentuk doa yang bisa dipanjatkan dalam rangka memudahkan segala urusan rezeki. Anda juga bisa mengandalkannya jika sedang mencari doa dimudahkan membayar hutang dan sejenisnya.

Dalam pembahasan pada poin ini memang tidak mencakup doa dimudahkan rezeki dan pekerjaan karena akan dibahas lebih jauh pada poin berikutnya. Yang jelas, doa-doa di atas digunakan dalam keperluan pemenuhan rezeki secara umum saja.

Doa Dimudahkan Segala Urusan Jodoh

Ada aspek lain dalam kehidupan ini yang tidak kalah penting dengan urusan rezeki, yakni masalah jodoh. Bagi yang masih belum memiliki pasangan, doa dimudahkan rezeki dan jodoh menjadi dua hal yang sangat menarik dan pastinya paling banyak dipanjatkan.

Berkaitan dengan itu, tidak dapat dipungkiri ada beberapa tipe doa dimudahkan segala urusan jodoh ini. Diantaranya adalah doa mendapatkan jodoh yang diinginkan, doa mendapat jodoh yang baik dan doa  untuk segera dipertemukan dengan jodoh.

Jika ingin mendapatkan jodoh sesuai nama yang diinginkan, maka bisa langsung meminta pada Allah sesuai hajat dengan bahasa apa pun. Nah, untuk 2 kategori lainnya, Perincian doanya lebih lanjut ada di bawah ini.

  • Doa mendapatkan jodoh yang baik

Jodoh yang baik tentu menjadi harapan dan dambaan setiap orang. Mendapatkan jodoh yang baik pun merupakan kategori rezeki yang sungguh luar biasa nikmatnya. Namun, yang demikian tentu tidak datang tiba-tiba.

Selain bisa didapatkan dengan usaha menyeleksi jodoh sebaik mungkin, jangan lupa untuk memanjatkan doa. Baik untuk laki-laki maupun perempuan, hendaknya memanjatkan doa tersebut secara rutin sehingga bisa lebih mustajab dan dikabulkan oleh Allah.

Allahumma inni A’uudzubika minal faqri wal faaqoh, wal Qillah wa dzillah, wa A’uudzunika ‘an adzlima aw udzlama. Click To Tweet

Artinya: ya Tuhanku, berikan pada hamba suami yang terbaik menurut pandangan-Mu. Suami yang nantinya akan aku khitbah kemudian aku nikahi dirinya, serta seorang istri yang nantinya akan menjadi sahabat terbaikku, di dalam agama, dunia dan juga akhirat

Dalam redaksinya, memang doa ini diperuntukkan bagi perempuan yang memohon suami yang sholeh. Namun, jangan salah karena laki-laki pun bisa juga mengamalkannya. Baik dengan merubah dlomirnya maupun tidak.

Jika ingin lebih spesifik, maka dlomir muanas yang terdapat dalam doa tersebut bisa dikembalikan pada bentuk mudzakar. Namun demikian, seandainya tidak diganti pun sebenarnya Allah Mahamengetahui terhadap maksud dari permintaan setiap hamba-Nya.

  • Doa segera dipertemukan dengan jodoh

Doa kali ini bisa dikatakan juga sebagai sebuah doa minta jodoh dengan bahasa yang halus. Anda bisa memanjatkannya ketika sudah sangat mendambakan kedekatan jodoh tersebut sehingga Allah bisa segera mengabulkan keinginan untuk menikah.

Wa Zakariyya idz naadaa robbahuu robbii laa tadzarnii fii fardan wa antaa khoiru al-waaritsiina Click To Tweet

Artinya: Wahai Tuhanku, jangan pernah Engkau membiarkan hamba hidup dalam keadaan sendirian. Dan Engkau adalah satu-satunya Waris yang terbaik 

Jika direnungi lebih jauh, sebenarnya doa ini adalah permohonan untuk segera mendapatkan pendamping hidup. Namun, bahasanya memang lebih halus karena Allah menyukai hal-hal yang indah dan halus sebagaimana kalimat dalam doa tersebut.

Dengan memanjatkan doa tersebut, maka kesempatan untuk segera didekatkan dengan jodoh yang diharapkan pun semakin besar pula. Bagi yang sudah lama menginginkan kedatangan jodohnya, maka bisa mulai mengamalkan doa tersebut.

Berkaitan dengan jodoh, perlu diketahui bahwa adakalanya jodoh Anda tidak akan datang jika tidak berusaha sekaligus berdoa. Oleh sebab itu, sekeras apa pun Anda juga harus mengusahakan untuk mencari jodoh tersebut.

Dengan disertai usaha sekaligus doa yang ikhlas, maka Allah tentu akan mempermudah jalan kedatangan jodoh. Berbeda lagi dengan orang yang enggan berusaha mengejar jodohnya, maka tidak heran jika pasangannya pun tak kunjung tiba.

Penjelasan ini tentu bukan sekedar uraian biasa. Penjabaran tersebutg sebagaimana maksud yang tertulis dalam quote berikut : “sebagaimana rezeki, jodoh memang takkan tertukar, namun adakalanya tak kunjung datang jika tak dikejar”.

Doa Dimudahkan Dalam Urusan Pekerjaan

Sesudah membicarakan tentang kemudahan jodoh dan rezeki, kini saatnya mengenal pula doa permudahkan urusan kerja. Pekerjaan memang sebagian dari rezeki, namun berbeda lagi urusannya karena memiliki kriteria lain dari yang lain sekaligus harus dipenuhi.

Dalam hal ini jika Anda ingin mendapatkan pekerjaan yang mudah, baik dalam pencarian maupun proses kerjanya, maka jangan lupa berdoa untuk hal tersebut. Dengan doa, maka segalanya akan terasa lebih ringan karena Allah akan selalu mendampingi Anda.

Doa dimudahkan segala urusan pekerjaan ini pun memiliki beberapa variasi. Apalagi jika sudah berbicara terkait dengan redaksi. Namun kalau untuk makna dan maksudnya secara umum tentu saja tidaklah jauh berbeda.

Ada satu doa untuk mempermudah urusan pekerjaan yang populer dan banyak diamalkan. Jika Anda sedang mengalami masalah pekerjaan, maka Anda bisa menjadi pengamal doa ini selanjutnya. Berikut doa yang dimaksud.

Allahumma iftah ‘alaina abwaabal khair, wa abwaabal barakah, wa abwaaban ni’mah, wa abwaabal quwwah, wa abwaabash shihhah, wa abwaabas salaamah wa abwaabal jannah. Rabbana aatinaa min ladunka rahmatan wa hayyi’lanaa min amrina rasyadaa. Click To Tweet

Artinya : Ya Allah bukakanlah atas kami pintu-pintu kebaikan, pintu-pintu berkah, pintu-pintu nikmat, pintu-pintu kekuatan, pintu-pintu kesehatan, pintu-pintu keselamatan dan pintu-pintu surga. Ya Rabbi, berikan rahmat pada kami dari sisi Egkau dan sempurnakan untuk kami petunjuk yang lurus pada urusan kami.

Doa mujarab ini bisa diamalkan dalam berbagai hal yang berkaitan dengan pekerjaan. Baik dibaca sebagai doa sebelum bekerja, maupun doa untuk mendapatkan pekerjaan yang layak dan lebih baik. Tentu saja termasuk kategori mendapatkan penghasilan yang berkah dari Allah.

Manfaat Mengamalkan Doa Untuk Mempermudah Urusan

Setelah mengetahui beragam doa untuk memudahkan segala urusan Anda, kini saatnya mengenal sebenarnya apa saja manfaat doa-doa tersebut. Salah satunya tentu saja diandalkan sebagai doa dimudahkan segala urusan dunia dan akhirat.

Dengan memohon kemudahan secara umum, maka baik urusan dunia dan urusan akhirat akan dipermudah oleh Allah. Apalagi jika disertai dengan niat sekaligus hati yang ikhlas. Dalam hal ini Anda bisa mengamalkan doa di atas sesuai hajat masing-masing secara rutin.

Selain itu, ada yang menarik lagi dari pengamalan doa dimudahkan segala urusan ini, yakni semakin didekatkan dengan Allah. Dengan memperbanyak doa, tentu saja semakin rajin ibadah yang dilakukan. Karena itulah dengan doa tersebut umat muslim bisa lebih dekat lagi dengan Tuhannya.

Masih berbicara mengenai manfaat, tentu saja Anda pun bisa mendapatkan ketenangan karena merasa tidak sendirian. Setidaknya ada Allah bersama Anda. Khususnya ketika sedang menghadapi sebuah masalah, maka bisa doa diberi kemudahan dalam menghadapi masalah bisa dipanjatkan.

Doa akan membuat masalah yang sedang dihadapi terasa lebih ringan dan mudah diselesaikan. Bukan hanya terkait dengan kekuatan spiritual sebuah doa saja, tetapi juga berkaitan dengan emosional masing-masing orang yang memanjatkan mengingat doa akan membuatnya lebih kuat.

Dari sekian banyak pembahasan doa dimudahkan segala urusan di atas, tentu saja doa-doa ini bisa menjadi pegangan Anda. Tidak hanya saat menghadapi masalah saja, namun dalam memanjatkannya bisa sewaktu-waktu secara istiqomah sehingga khasiatnya lebih bisa terasa.

User Rating 0 (0 vote)

Ayo Komentari Artikel Ini