4 Macam Doa Agar Dagangan Laris dan Tata Cara serta Amalan yang Mujarab

doa agar dagangan laris

Seseorang yang berprofesi sebagai pedagang sesungguhnya meneladani apa yang dilakukan oleh Nabi Muhammad Saw. Bisnis ini memang memungkinkan seseorang untuk mendapatkan untung lebih. Karena itu, banyak umat Islam yang mengamalkan doa agar dagangan laris.

Berdoa adalah hal yang paling disukai oleh Allah. Karena itu, agar berdagang dapat bernilai ibadah, maka seseorang harus berdoa. Mengingat saat ini persaingan di bidang dagang semakin ketat dan banyak kompetitor, maka doa pelaris pelanggan harus ditingkatkan.

 

Bacaan Doa Agar Dagangan Laris Nabi Muhammad

Terdapat beberapa doa agar dagangan laris dan berkah menurut Islam yang bisa dipanjatkan. Mulai dari yang paling panjang hingga yang paling singat. Setiap doa memiliki makna dan maksud tersendiri, sehingga semua harus dipelajari dan dipahami.

Salah satu bacaan doa agar dagangan menjadi laris adalah doa yang diajarkan oleh Nabi Muhammad. Doa ini tentu juga diamalkan oleh Beliau dalam menjalankan usaha dagangnya pada waktu ia masih hidup. Berikut adalah lafadz doanya.

“Wa idza roaw tijaarotan aw lahwanin fazzuu ilaihaa wa tarookuka qooiman, qul maa ‘indallah khoiron min Allahi wa min al-tijaaroti wa Allaahu khoirun rooziqiin”

Inti dari doa ini adalah bahwa semua rizki dan nikmat itu adalah dari Allah. Tidak ada satu orang atau makluk pun yang mampu memberikan rizki. Dan Allah lah satu-satunya Pemberi Rizki yang terbaik. Sehingga, usaha berdagang tidak akan lancar tanpa bantuan dan campur tanganNya.

Lafadz doa agar dagangan laris ala Nabi ini harus dihafalkan dan dibaca secara istiqomah. Karena Allah sudah berjanji akan mengabulkan doa hambanya yang berdoa. Seperti Quote, “Tidak ada doa yang tidak dikabulkan, kalaupun ada itu hanya ditunda”.

 

Doa Agar Dagangan Laris Selesai Sholat Fardhu dan Sholat Jumat

Selain doa agar dagangan laris ala Nabi Muhammad di atas, ada juga doa khusus yang harus dibaca setiap selesai menjalankan sholat fardhu dan sholat Jumat. Doa ini terbilang cukup panjang namun benar-benar mustajab. Berikut lafaz doanya.

“Allaahumma yaa ghoniyyu, yaa hamiidu yaa mubdi’uu ya mu’iiidu yaa rahiiimu. Ya waduudu aghninii bi halaalika ‘an haroomika wa akfiinii bi fadhlika an man siwaaka wa shallaahu’ala Muhammadin, wa aalihii wa sallam”

Artinya: Wahai Allah yang menjadi suatu Dzat Maha Kaya, wahai Dzat yang Maha Terpuji dan wahai Dzat yang Maha Memulai semuanya, wahai Dzat Terbaik yang Mengembalikan dan wahai pula Dzat yang senantiasa Mencintai. Cukupkan kepada Kami dengan semua kehalalan Mu dari semua KeharamanMu. Dan cukupkan kepada Kami segenap anugerahMu dari apapun selain Engkau. Dan Semoga Allah senantiasa memberikan limpahan Rahmat dan salam atas Nabi Muhammad, keluarga dan sahabatnya.

Secara sekilas, doa ini mirip dengan doa pelunas hutang, hanya saja lafaznya lebih sedikit. Inti dari doa ini adalah menisbatkan semua hal yang ada di dunia ini kepada Allah semata. Sehingga, masalah kecukupan rizki dan sebagainya juga merupakan kuasa Allah untuk mengatur.

Poin utama dari doa ini adalah untuk memohon diberikan kecukupan dalam kehidupan ini. Termasuk di dalam hal berdagang. Sehingga, perdagangan yang dilakukan akan membawa kecukupan kepada diri sendiri, keluarga dan orang sekitar.

Agar lebih mantap dan memberikan efek yang baik dalam berdagang, usahakan membaca lafaz doa ini setiap hari. Alangkah lebih baiknya jika bacaan doa ini dihafalkan. Namun, jika terpaksa tidak mampu menghafalkan, bisa menulisnya dan dibawa ketika akan berdagang.

 

Doa Agar Dagangan Laris yang Singkat

Selain kedua bacaan doa yang disebutkan di atas, masih ada pilihan doa lainnya yang tidak kalah mustajab. Doa ini adalah doa agar dagangan laris dan banyak pelanggan. Secara lafaz, memang cenderung singkat dibandingkan dengan doa-doa agar barang laris yang lain.

Berikut ini adalah lafaz doa agar jualan ramai pembeli yang bisa dijadikan rujukan dan pembelajaran.

“Allahumma inni as’aluka ‘ilman naafi’an. Wa rizqon thoyyiban. Wa ‘amalan mutaqobbalan”

Artinya: Wahai Rabbku, hamba memohon kepada Engkau agar memberikan ilmu yang bermanfaat kepada hamba, rezeki yang baik-baik serta amalan-amalan yang dapat Engkau terima di sisiMu.

Keunggulan dari doa agar dagangan laris satu ini adalah mudah untuk dihafalkan. Sehingga, seseorang tidak perlu repot membawa catatan kemana-mana, khususnya ketika berdagang. Selain itu, doa ini juga tidak membutuhkan banyak waktu untuk membacanya.

Namun demikian, pembacaan doa ini harus tetap dilakukan dengan baik dan sungguh-sungguh. Karena inti dari berdoa adalah memohon kepada Allah dengan sungguh-sungguh. Allah Maha Tahu doa mana yang diucapkan dengan kesungguhan dan tidak.

 

Doa Agar Dagangan Laris Ala Nabi Sulaiman AS

Selain doa agar dagangan laris dan maju ala Nabi Muhammad, ternyata ada juga doa ala Nabi Sulaiman AS yang dapat dijadikan pilihan. Doa ini juga wajib Anda amalkan sebagai suatu upaya agar proses perdagangan dilancarkan oleh Allah Swt.

Banyak yang berpendapat bahwa bacaan doa agar dagangan laris ala Nabi Sulaiman sangat berkhasiat. Berikut adalah lafaz doa ala Nabi Sulaiman tersebut.

“Robbii awzi’nii an asykuro ni’matika allatii an’amta ‘alayya wa ‘alaa waalidayya wa an a’mala shoolihan tardhoohu wa adkhilnii birohmatika fii ‘ibaadika al-shoolihiin”

Artinya: Wahai Tuhanku, ilhamkanlah kepada hamba agar senantiasa bersyukur atas segala nikmat Engkau yang telah dilimpahkan kepada hamba dan kepada kedua orang tua hamba. Dan agar hamba dapat senantiasa mengerjakan amal kebaikan yang telah mendapatkan ridho dariMu dan masukkan hambaMu ini dengan limpahan rahmatMu serta kumpulkan hamba bersama dengan golongan orang yang sholih.

Doa ini adalah lafaz doa agar dagangan laris dan banyak pelanggan yang biasa dibaca oleh Nabi Sulaiman ketika berdagang. Nabi Sulaiman sendiri adalah sosok Nabi yang memiliki kepandaian dan karomah dari Allah. Sehingga patut untuk diteladani.

Ada beberapa aturan dan amalan dalam mengamalkan doa pelaris ala Nabi Sulaiman ini. Di antaranya adalah dengan membaca Al-Fatihah sebanyak 7 kali terlebih dahulu. Tujuannya adalah supaya doa agar dagangan laris nya benar-benar dikabulkan Allah.

Sebelum bacaan Al-Fatihah, membaca Bismillahirrohmaanirrahiim, ila hadroti Nabiyyil Mustofa Rosuullah Saw. Wa ila hadroti Malaikat Jibril, Mikail, Izroil, Isrofil, Munkar dan Nakir. Wa ila shoohibil ijaazah wa aabi wa ummii wa jamii’I ushuuli, khusuzho arwaahi jamii’il Wali Songo.

 

Tata Cara Membaca Doa Agar Dagangan Laris  

Islam sangat memperhatikan tata cara melaksanakan suatu ibadah tertentu. Sebagaimana saat melaksanakan sholat hajat jodoh, ada tata cara tersendiri ketika membaca ritual doa supaya dagangan menjadi laris. Tentunya dengan ketentuan menjalankan dagangan dengan jujur.

Hal ini sesuai dengan ajaran Nabi yang mengutamakan proses ibadah dengan benar sesuai dengan tuntunan syariat. Karena Nabi adalah utusan Allah dalam mengajarkan agamaNya, maka umat Islam harus meneladani Nabi. Karena itu, berikut adalah tata cara berdoanya yang benar.

  1. Menghafalkan Doanya

Tata cara yang pertama sebagai strategi ampuh agar dagangan laris adalah dengan menghafalkan doanya. Dari beberapa doa yang telah disebutkan di atas, Anda bisa memilih beberapa atau salah satu untuk dihafalkan kemudian diamalkan.

  1. Membacanya Secara Istiqomah Sesudah Sholat Fardhu

Adapun pembacaan doa agar dagangan laris tersebut bisa dilakukan sesudah melaksanakan sholat. Salah satu alasannya adalah itu menjadi waktu yang mustajab dan mudah dikabulkan. Pastikan membacanya secara istiqomah.

  1. Dibaca Ketika Mulai Berdagang

Selain dibaca ketika usai sholat, bacaan doa tersebut sebaiknya juga dibaca saat mulai berdagang atau berjualan. Ucapan doa harus dilakukan dengan penuh tawakal kepada Allah dan kesungguhan. Ini akan semakin mudah dikabulkan olehNya.

  1. Menyertakan Niat yang Baik Ketika Membacanya

Pembacaan doa agar dagangan laris terus tersebut juga harus disertai dengan niat yang baik. Niat akan sangat menentukan hasil akhir. Jika Anda memiliki niat buruk, itu bisa berdampak kepada tidak dikabulkannya doa.

  1. Disertai Sikap Khusnudzon Bahwa Allah Akan Memberikan Kelancaran Berdagang

Adapun tata cara selanjutnya dalam mengamalkan doa ini adalah dengan memantapkan diri untuk berprasangka baik kepada Allah. Diselingi rasa percaya bahwa Allah akan memberikan kelancaran dan kebaikan dalam berdagang.

 

Amalan Dzikir agar Dagangan Laris Manis

Membaca doa agar dagangan laris manis di atas tentu tidaklah cukup jika Anda menginginkan hasil yang maksimal. Oleh karena itu, dibutuhkan amalan tersendiri yang dipraktikkan dalam waktu-waktu tertentu. Berikut adalah beberapa amalan yang dimaksud.

1. Membaca Dzikir ya Wahhab ya Lathif setiap selesai menjalankan sholat fardhu lima waktu. Bacaan dzikir satu ini sebaiknya dibaca sebanyak 100 kali.

2. Lakukan sholat Dhuha sebanyak dua rokaat setiap pagi hari. Pastikan melakukannya dengan istiqomah setiap pagi. Sholat ini dilaksanakan antara pukul 07.00 pagi sampai dengan pukul 11.00 siang.

3. Membaca doa Allahu lathiifun bi ba’dihii yarzuqu man yasyaa’u wa huwa al-qowiiyyu al-‘aziizu. Doa dibaca setelah melaksanakan sholat Dhuha sebanyak 9 kali.

4. Lanjutkan dengan membaca doa “Allahumma innii as’aluka ya lathiifu ya lathiifu ya lathiifu, yaa man wasi’al luthfuu ahlassamaawaati wa al-ardhi, innii as’aluka anta al-thuufa idzaa latofa bihi li ‘ahdin min kholqika baqiya, innaka qulta wa quluka al-haq”.

Yang dimaksud dengan ya Wahab di atas merupakan pujian kepada Allah bahwa Dia adalah Dzat yang Maha Memberi Rizki. Sehingga, dengan pujian tersebut diharapkan Allah akan memberikan kenaikan omzet sebab dagangan yang laris.

Di samping itu, dzikir ya Lathif maknanya adalah Maha Lembut. Oleh karena itu, kombinasi keduanya merupakan ayat untuk jualan laris yang mujarab dalam melancarkan proses perdagangan.

Sehingga, bisa dibilang ini adalah dzikir penarik pembeli. Jual beli memang banyak disebut dalam Alquran, sebagaimana bahasan mengenai ayat Alquran tentang jodoh. Oleh karena itu, jual beli harus dilakukan dengan baik dan jujur agar mendapatkan keberkahan tersendiri.

Berdagang tidak hanya membutuhkan tenaga dan juga proses berfikir, namun juga harus disertai olah spiritual dengan membaca doa agar dagangan laris serta berbagai amalan yang lain. Dengan begitu, Anda akan mendapatkan rahmat dan ridho dari Allah Swt.

5 Shares:

Ayo Komentari Artikel Ini

You May Also Like