9 Keutamaan Sholat Hajat Jodoh : Tata Cara, Doa dan Amalannya yang Wajib Dipahami

doa mencari jodoh
pixabay.com

Setiap orang telah digariskan memiliki jodohnya masing-masing. Namun, ada kalanya jodoh seseorang yang kunjung datang sehingga harus dijemput. Salah satu cara menjemput jodoh yang terbaik menurut Islam adalah dengan sholat hajat jodoh.

Sholat hajat untuk mendapatkan jodoh di sini bertujuan agar rahasia jodoh dari Allah segera dibuka. Sehingga, seseorang dapat segera menikah dengan orang yang dicintai. Meminta jodoh sama seperti upaya doa agar dagangan laris.

Maka pada kesempatan ini akan diulas mengenai sholat hajat menjemput jodoh sebagai rujukan Anda.

Niat Sholat Hajat Jodoh

Niat merupakan hal yang sangat penting dalam ibadah apapun, termasuk ketika melaksanakan sholat hajat untuk mendapatkan jodoh.

Pembacaan niat harus tepat agar tidak terjadi kesalahan dalam berniat. Karena kesalahan berniat akan dapat menghilangkan pahala ibadah. Berikut adalah niat tersebut.

“Ushollii sunnata al-haajatii rok’ataini lillahi ta’aalaa”

Artinya: Aku berniat melaksanakan sholat hajat dua roka’at hanya karena Allah ta’alaa

Sebenarnya, jika diamati niat untuk pelaksanaan sholat hajat jodoh ini sama saja dengan sholat hajat secara umum. Hanya saja, nantinya yang berbeda adalah untuk do’a yang dipanjatkan harus diselipkan kata-kata agar mendapatkan jodoh yang terbaik dari Allah Swt.

 

Fadilah dan Keutamaan Sholat Hajat Jodoh

Ajaran Islam senantiasa memberikan suatu rahasia dan keutamaan tersendiri. Sehingga, penting bagi sekalian umat untuk mengetahui fadilah dari masing-masing perintah dalam Islam. Termasuk di dalamnya keajaiban sholat hajat jodoh. Dan berikut adalah beberapa keutamaan melakukan sholat ini.

  1. Disegerakan Jodohnya

Keutamaan pertama dari sholat hajat jenis ini adalah memungkinkan seseorang untuk segera mendapatkan jodoh. Tentu saja tidak sebatas jodoh, melainkan jodoh terbaik menurut Allah. Namun, tentu saja tidak instan dan harus melakukannya secara istiqomah.

  1. Terkabulkan Semua Doa

Selain disegerakan jodohnya, pelaksanaan sholat hajat ini juga memiliki fadilah berupa dikabulkan semua doa. Tentunya doa-doa dan harapan yang dipanjatkan selama pelaksanaan sholat hajat. Mulai dari doa yang sifatnya duniawi hingga doa yang sifatnya berkaitan dengan akhirat.

  1. Semakin Dekat dengan Allah

Adapun keutamaan sholat hajat jodoh yang selanjutnya adalah sebagai upaya bagi seseorang untuk lebih mendekatkan diri kepada Allah. Akan tetapi, agar benar-benar dekat dengan Sang Maha Kuasa, laksanakan sholat ini dengan baik dan maksimal.

  1. Sebagai Salah Satu Sarana untuk Beribadah

Di samping itu, pelaksanaan sholat ini juga dapat dijadikan sebagai salah satu sarana untuk beribadah kepada Allah. Karena sebagai hamba Allah, ibadah kepadaNya adalah hal yang paling utama. Maka, pelaksanaan sholat ini menjadi sarana ibadah kepadaNya.

  1. Dapat Dihindarkan Dari Berbagai Kesulitan Mencari Jodoh

Adapun keutamaan berikutnya dari sholat ini adalah terhindar dari kesulitan. Khususnya kesulitan yang dihadapi dalam upaya mencari jodoh. Namun, jangan dianggap kesulitan sebagai beban karena itu adalah cara Allah menguji kekuatan hambaNya.

  1. Mendapatkan Petunjuk Jodoh Terbaik dari Allah

Selain beberapa keutamaan di atas, ada lagi keutamaan lain dari pelaksanaan sholat hajat ini.yaitu memperoleh petunjuk yang terbaik dari Allah, khususnya terkait siapa jodoh yang tepat.

Di samping itu, juga akan ditunjukkan mengenai karakter dan kesalehan seseorang yang akan dinikahi.

  1. Mendorong ke Surga

Seseorang yang rajin serta istiqomah menjalankan sholat hajat satu ini akan mendapatkan surga Allah. Karena dengan melaksanakan sholat hajat, seseorang akan mendapatkan jodoh terbaik.

Jodoh terbaik tidak hanya akan menjadi teman hidup, namun juga mendorong ke surga.

  1. Menjadikan Hati Lebih Tenang

Menjalankan ibadah sholat hajat jodoh juga akan membuat hidup seakin tenang. Sehingga, seseorang akan senantiasa bersabar meskipun permintaan mereka tidak kunjung dikabulkan.

Bahkan, rasa dan sikap khusnudzon kepada Allah akan senantiasa menyelimuti diri seseorang.

  1. Memperoleh Pahala dan Dihindarkan dari Perbuatan Dosa

Adapun keutamaan berikutnya adalah mendapatkan pahala di sisi Allah apabila diniatkan untuk ibadah. Bahkan, seseorang juga akan cenderung dilindungi dari berbagai perbuatan dosa yang menyesatkan.

 

Tata Cara Pelaksanaan Sholat Hajat Jodoh

Sholat hajat yang dimaksudkan untuk mencari jodoh tidak dapat dilakukan sembarangan. melainkan ada tata cara dan aturan pelaksanaannya sendiri. Hal ini sangat penting untuk dipahami agar tujuan mendapatkan jodoh segera dikabulkan.

  1. Melaksanakan Wudhu Terlebih Dahulu

Sebelum melaksanakan sholat hajat jodoh dan rezeki, seseorang harus melaksanakan wudhu terlebih dahulu. Dan agar semakin sempurna serta mendapatkan pahala, seseorang juga harus menyempurnakan wudhu karena ini adalah hal yang utama.

  1. Membaca Niat dengan Benar

Setelah selesai berwudhu, pastikan tempat ibadah dan pakaian Anda suci. Mulailah melaksanakan sholat hajat dengan niat yang benar. Niat yang sebenarnya adalah niat dalam hati. Pastikan disertai dengan kesungguhan agar benar-benar diterima.

  1. Melakukan Sholat Dua Rokaat

Pelaksanaan sholat hajat jodoh dilakukan sebanyak dua rokaat. Namun, akan lebih baik jika dilaksanakan lebih dari satu kali. Dan usahakan untuk melakukannya dengan istiqomah setiap hari. Tentunya pada waktu-waktu yang telah ditentukan.

  1. Membaca Doa Iftitah pada Rokaat Pertama

Sebagaimana pada jenis sholat yang lainnya, pelaksanaan sholat hajat ini juga harus disertai dengan membaca doa iftitah. Dimana doa iftitah ini dilakukan pada rokaat yang pertama. Usahakan membacanya dengan benar dan penuh penghayatan makna.

  1. Membaca Surat Alfatihah Dilanjutkan Surat Al-Insyiroh sebanyak 7 Kali

Sesudah membaca doa iftitah, Anda harus membaca surat Alfatihah yang dilanjutkan dengan bacaan surat pendek. Akan tetapi, ada ketentuan tersendiri mengenai surat pendek yang wajib dibaca, yaitu surat Al-Insyiroh sebanyak 7 kali.

  1. Membaca Alfatihah dan Surat Al-Ikhlas sebanyak 11 Kali pada Rokaat Kedua

Adapun pada rokaat yang kedua, bacaan surat yang dibaca sesudah membaca Alfatihah berbeda. Anda harus membaca surat Al-Ikhlas sebanyak 11 kali. Ini adalah hal utama yang harus dilakukan dalam pelaksanaan sholat hajat agar permintaannya dikabulkan.

  1. Membaca Istighfar 1000 kali, Sholawat 1000 kali dan Hamdalah 1000 kali

Adapun setelah menyelesaikan sholat hajat minta jodoh dengan seseorang, ada beberapa wirid yang harus dibaca.  Pastikan membaca wirid tersebut dengan penuh keimanan dan penghayatan. Dimulai dari bacaan istighfar, sholawat dan hamdalah masing-masing 1000 kali.

  1. Berdoa Sesuai dengan Bacaan Sholat Hajat Jodoh

Setelah itu, langkah terakhir dalam pelaksanaan sholat hajat meminta jodoh adalah dengan berdoa. Doa untuk sholat hajat jenis ini berbeda dengan sholat hajat yang lainnya sehingga pastikan Anda memahami dan menghafal doanya agar lebih mantap.

Setelah melaksanakan semua tata cara di atas, berdasarkan pendapat Imam Nawawi dalam kitabnya Al-Adzkar di sebutkan bahwa seseorang harus berdzikir dan memohon doa sesuai hajatnya kepada Allah. Disertai dengan khusnudzon dikabulkannya doa.

 

Waktu yang Utama untuk Melaksanakan Sholat Hajat Jodoh

waktu sholat hajat jodoh
Photo by Icons8 team on Unsplash

Sholat hajat harus dilakukan di waktu-waktu yang utama. Tujuannya agar benar-benar segera mendapatkan jodoh yang diinginkan. Ada beberapa waktu sholat hajat jodoh yang terbaik dan ada juga waktu-waktu yang dilarang untuk melakukan sholat hajat jodoh.

Pada dasarnya, sholat hajat agar mendapatkan jodoh ini bisa Anda lakukan kapan saja dan dimana saja. Baik itu dilaksanakan di waktu siang ataupun malam hari. Hal ini akan memudahkan Anda yang kebetulan sibuk dan kurang memiliki waktu khusus untuk sholat hajat.

Akan tetapi, ada waktu khusus yang sangat utama untuk melaksanakan sholat ini. Yaitu pada sepertiga malam yang terakhir. Biasanya, sepertiga malam yang terakhir ini jatuh pada pukul 01.00 sampai dengan pukul 05.00 dimana waktu Subuh tiba.

Di antara alasan memilih sepertiga malam terakhir adalah pada waktu-waktu tersebut, doa akan sangat mudah dikabulkan. Hal ini berdasarkan kepada riwayat dan ajaran Nabi. Bahkan di antara waktu yang mustajab untuk berdoa adalah pada sepertiga malam yang terakhir.

Oleh karena itu, sholat hajat jodoh akan sangat tepat jika dilakukan di waktu tersebut. Karena selain itu, pada sepertiga malam yang terakhir, Allah juga turun dari Singgasana (Arsy-Nya) ke bagian langit bumi yang letaknya paling bawah di antara manusia.

Meski demikian, ternyata ada beberapa waktu yang tidak diperolehkan untuk melaksanakan sholat ini. Akan tetapi, di luar waktu tersebut tetap diperbolehkan. Berikut adalah beberapa waktu yang dilarang melaksanakan sholat hajat.

  • Pada waktu Dzahirah atau saat matahari sedang berada di bagian tengah langit tepat. Pada waktu ini, Anda tidak boleh melakukan sholat hajat. Lebih tepatnya adalah beberapa saat sebelum tibanya waktu sholat Dhuhur.
  • Pada waktu Syuruq, yaitu saat matahari sudah terlihat terbit. Dimana terbitnya matahari tersebut sudah setinggi ombak. Ini berlangsung pada waktu sesudah Subuh, yaitu saat matahari masih berwarna merah. Semua sholat dilarang pada waktu ini.
  • Pada waktu matahari mulai terbenam, Anda juga tidak diperbolehkan melaksanakan sholat hajat jodoh ataupun sholat hajat rezeki. Waktu ini berlangsung ketika sebelum waktu Magrib tiba dan matahari belum terbenam sepenuhnya.

 

Bacaan Doa Sholat Hajat Jodoh

Hal yang paling utama dari pelaksanaan sholat hajat untuk meminta jodoh ini adalah pembacaan doa. Ada doa sholat hajat khusus jodoh yang harus dibaca dan dipanjatkan kepada Allah. Sehingga, insyaAllah akan segera mendapatkan jodoh impian.

Doa agar segera mendapatkan jodoh impian usia pelaksanaan sholat hajat cukup panjang. Sehingga, alangkah baiknya jika doa ini dihafalkan agar lebih memudahkan untuk dibaca setiap hari. Berikut adalah lafaz doa minta jodoh tersebut.

“Laa ilaaha illallaah al-Haliimu al-Kariimu. Subhaanallaahi Robbi al-‘Arsy al-‘Adziim. Alhamdulillahi Robbi al-‘Aalamin. As’aluka muujibaati RohmatiKa wa ‘azaaima maghfirotika wa al-ghoonimata min kulli birri wa al-salamata min kulli itsmin. Laa tada’lii zamban illa ghofartahu wa laa hamman illa farrojtahuu. Wa laa haajatan hiya laka ridhon illa qodhoitahaa yaa arhama al-roohimiin”

Artinya: Tidak ada satupun Tuhan selain Allah yang Maha Lembut dan Santun. Maha Suci Allah, satu-satunya Tuhan yang memelihara Arsy dan Maha Agung. Segala puji hanya untuk Allah yang merupakan Tuhan sekalian alam semesta ini. Kepada Engkaulah hamba memohon sesuatu dan meminta rahmatMu. Dan sesuatu yang mendatangkan segenap ampunanMu dan mendapatkan keuntungan untuk tiap dosa. Jangan pernah Engkau membiarkan diri ini berdosa melainkan Engkau mengampuninya. Serta tidak ada suatu kepentingan apapun, melainkan semua akan Engkau berikan jalan keluarnya. Dan tidak pula sebuah hajat memperoleh keridhoanMu, kecuali Engkau berkenan untuk mengabulkannya. Wahai Tuhanku yang Paling Maha Pengasih dan Paling Maha Penyayang.

Doa untuk sholat hajat jodoh ini harus dibaca dengan khusyu’ dan benar. Karena kesalahan dalam membaca doa akan menyebabkan terjadinya kesalahan makna. Maka dari itu, sangat penting untuk menghafal dan memahami arti dari doa tersebut.

 

Hal terpenting yang wajib diperhatikan saat membaca doa sholat hajat ini adalah mengiringinya dengan permohonan khusus. Misalnya dengan memohon agar mendapatkan jodoh terbaik dan sholeh sebagaimana ayat Alquran tentang jodoh.

 

Saat membaca doa ini, pastikan disertai dengan hati yang tenang, fokus dan sungguh-sungguh. Karena Allah sangat menyukai hambaNya yang mau berdoa. Dan yang tidak kalah penting adalah dengan senantiasa berprasangka baik kepada Allah.

 

Doa di atas akan membawa Anda menuju jodoh paling sempurna. Hal ini sejalan dengan quote, “jodoh impian adalah jodoh yang mencerminkan diri seseorang. Semakin baik seseorang, ia akan mendapatkan jodoh terbaik”.

 

Amalan Sesudah Melaksanakan Sholat Hajat Jodoh

Hal terpenting dalam melaksanakan sholat hajat untuk dapat jodoh adalah membiasakan diri secara rutin dan istiqomah di dalma menjalankannya. Karena istiqomah adalah hal yang sangat sulit, maka itu harus dipaksa sehingga menjadi kebiasaan.

Kebiasaan menjalankan sholat hajat akan semakin mendekatkan diri seseorang kepada Allah. Jika seorang hamba sudah sangat dekat dengan Tuhannya, maka ia akan cenderung dikabulkan doanya tanpa harus mengutarakan doa tersebut.

Setelah membiasakan diri melakukan sholat hajat jodoh setiap hari, maka pada langkah berikutnya usahakan untuk menjalankan amalan khusus agar cepat mendapatkan jodoh. Tujuannya adalah agar semakin memantapkan ikhtiar Anda dalam mencari jodoh.

Berikut ini adalah beberapa amalan agar segera mendapatkan jodoh yang harus dilakukan setiap hari. Hal ini akan menunjukkan bukti sholat hajat untuk jodoh yang ampuh.

  1. Memohon Ampun Kepada Allah dengan Banyak Istigfar

Amalan pertama yang harus dilakukan agar segera mendapatkan jodoh adalah senantiasa memohon ampunan kepada Allah. Dalam Islam, memohon ampunan dilakukan dengan bacaan istighfar.

Dalam hal ini, istighfar harus dilakukan sebanyak minimal 100 kali. Usahakan bersungguh-sungguh dalam meminta ampunan atas semua doa. Jika dilakukan secara rutin, wajah yang redup akan senantiasa bersinar karena bacaan tersebut.

  1. Pusatkan Kemauan yang Ada Dalam Hati dengan Bacaan Fatihah 7 Kali

Setelah memohon ampunan kepada Allah, amalan sholat hajat jodoh juga harus dilakukan dengan membaca Fatihah. Bacaan ini dilakukan sebanyak 7 kali. Namun, saat masuk kepada ayat ihdinaa al-shirooto al-mustaqiim, Anda harus memusatkan seluruh keinginan mendapatkan jodoh terbaik dengan penghayatan.

  1. Mohonlah KepadaNya tentang Siapa yang Dikehendaki Sebagai Jodoh

Amalan penting lainnya agar seseorang mendapatkan jodoh terbaik adalah dengan memohon kepada Allah mengenai kriteria jodoh impian. Bisa juga dengan cara meminta seseorang yang diinginkan untuk menjadi teman hidup.

  1. Lakukan Dengan Penuh Kesungguhan dengan Menutup Tangan Dimuka Usai Berdoa

Setelah semua amalan sholat hajat jodoh dan rezeki di atas dilakukan, berikutnya adalah menutup amalan dengan membaca surat Al-Fatihah. Selanjutnya, usaplah telapak tangan Anda yang menengadah ke langit di bagian muka.

Sholat hajat jodoh adalah cara terbaik agar seseorang segera mendapatkan dambaan hatinya. Dengan melakukan sholat hajat ini secara sungguh-sungguh dan penuh keimanan, maka jodoh impian akan segera datang sesuai dengan kekuasaan Allah.

Jika sudah mendapatkan jodoh dari Allah, pastinya kamu akan merencanakan acara pernikahannya kamu bisa pelajari pada artikel susunan acara akad nikah.

 

Sending
User Rating 3.67 (3 vote)
6 Shares:

Ayo Komentari Artikel Ini

You May Also Like