Art, DIY, Uncategorized

Pengertian Seni Rupa Terapan, Sejarah Dan Jenis-Jenisnya

Seni rupa dengan berbagai jenisnya menjadi salah satu aspek yang cukup menarik di kalangan masyarakat. Salah satu jenis karya seni rupa ini adalah seni rupa terapan yang memiliki peran cukup penting dalam berbagai aspek kehidupan. Oleh karena itu, mengenal lebih jauh pengertian seni rupa terapan dan beberapa aspek darinya menjadi cukup penting.

Hal ini semakin menarik jika mengingat bahwa tidak semua orang mengenal secara mendalam tentang karya seni rupa terapan tersebut. Oleh karena itu, langsung saja simak beberapa ulasan lebih jauh tentang karya seni rupa terapan sebagaimana di bahas di bawah ini.

Mengenal Lebih dalam tentang Seni Rupa Terapan

mainan dari kardus bekas
trendhunterstatic.com

Kehidupan manusia masa kini memang tak pernah lepas dari yang namanya seni, apalagi kalau berbicara mengenai seni rupa. Dari sekian banyak seni rupa, salah satu yang banyak juga berada di sekitar masyarakat adalah seni rupa terapan. Seni rupa terapan merupakan salah satu karya seni yang memiliki manfaat penting dalam kehidupan manusia sendiri.

Berkaitan dengan hal tersebut, terlebih dahulu harus di kenali tentang apa pengertian seni rupa terapan. Seni rupa terapan merupakan salah satu jenis seni rupa yang memiliki nilai kegunaan pratis di samping ciri-cirinya yang memang menekankan aspek seni dengan keindahan atau estetika ketika di lihat maupun di raba.

Jadi, dengan kata lain bisa di sebutkan bahwa seni rupa yang satu ini memang memiliki nilai guna tersendiri dalam kehidupan manusia. Bahkan, beberapa pendapat menyatakan bahwa seni rupa terapan lebih menekankan pada nilai guna dibandingkan dengan nilai keindahan sebagaimana seni rupa murni.

Sejarah Seni Rupa Terapan

dinamika partikel sebuah sepeda
pixabay.com

Setelah mengenal pengertian seni rupa terapan, kini saatnya mengetahui pula bagaimana sejarahnya, khususnya di Indonesia. Mengingat seni rupa terapan ini sudah ada sejak dahulu, maka tidak heran jika keberadaannya memang memiliki sejarah tersendiri di Indonesia. Seni rupa terapan ini, sejak dahulu sudah di manfaatkan dalam berbagai aspek kehidupan di Nusantara.

Zaman yang paling pesat mengalami perkembangan seni rupa terapan adalah pra modern. Kala itu, manusia sudah mulai mengenal bahwa logam bisa menjadi pengganti bahan batu dan hal tersebut sudah mulai di aplikasikan. Salah satu cara yang di terapkan adalah dengan meleburkan bahan logam, kemudian di cetak menjadi perhiasan, bejana, neraca dan alat-alat lainnya.

Macam-Macam Seni Rupa Terapan

Berbicara mengenai seni rupa terapan, sebelum masuk pada contoh seni rupa terapan sendiri, perlu di ketahui bahwa ada beberapa macam jenis seni rupa ini. Diantaranya adalah seni kriya, arsitektur, grafis, dekorasi dan ilustrasi. Mengenal beberapa macam seni rupa tersebut cukup penting untuk bisa membedakannya masing-masing dan berikut keterangan lebih lanjutnya.

1. Seni Kriya

Seni kriya merupakan salah satu jenis dari seni rupa terapan yang sebenarnya sudah sering sekali Anda jumpai di sekeliling. Dalam hal ini seni kriya memiliki karateristik tersendiri di mana dalam pembuatannya menggunakan keterampilan tangan seniman. Tidak hanya kreativitas tapi perlu kecekatan dalam proses tersebut. Sejauh ini ada banyak pula contohnya yang bisa di jumpai.

2. Seni Arsitektur

Melihat pengertian seni rupa terapan, jelas seni arsitektur merupakan salah satu jenis yang masuk salah satu daftarnya. Seni arsitektur sendiri adalah seni yang merujuk pada pembentukan berbagai desain bangunan, rumah, penataan kota dan sejenisnya. Bagaimana pun, selain skill manajemen ruang yang bagus, tentu saja keterampilan kreativitas selaras dengan  seni rupa sangat di butuhkan.

3. Seni Grafis

Seiring dengan berkembangnya zaman, jangan heran jika perkembangan teknologi pun semakin menjadi. Seni pun ternyata juga mengikuti perkembangannya, mengingat sudah maraknya seni grafis. Seni grafis ini adalah seni yang memanfaatkan teknologi komputerisasi dalam proses penciptaannya. Selain mudah, seni ini juga sangat bermanfaat dalam berbagai kebutuhan.

4. Seni Dekorasi

Seni dekorasi merujuk pada pengertian seni yang di manfaatkan dalam hal hias menghias berbagai hal. Dekorasi sangat bermanfaat dalam berbagai aspek termasuk dalam penataan ruang dan memperindah ruangan tersebut. Sejauh ini seni dekorasi sendiri banyak di manfaatkan sebagaimana contoh dalam seni dekorasi ruang tamu, dekorasi kamar dan lain sebagainya.

5. Seni Ilustrasi

Ketika menerangkan sesuatu, adakalanya seseorang akan menggunakan gambar untuk menggambarkan suatu kejadian dan peristiwa. Disinilah seni ilustrasi sangat bermanfaat dan banyak pula di manfaatkan. Biasanya, seni seperti ini akan banyak di jumpai dalam beberapa penerapan yang membahas mengenai sejarah. Baik di museum, maupun buku-buku sejarah.

Contoh Seni Rupa Terapan

Setelah mengenal apa saja macam dari seni rupa terapan, kini saatnya mengetahui apa saja wujud nyata dari contoh karya seni rupa terapan. Dengan begini Anda bisa semakin memahami sebenarnya seperti apa wujud seni rupa terapan tersebut. Sedangkan beberapa contoh yang di maksud adalah sebagai berikut.

1. Batik

Batik merupakan salah satu produk yang sangat berharga di Indonesia. Hal ini karena batik sendiri sudah di akui secara nasional maupun internasional. Nah, berkaitan dengan itu, batik sendiri merupakan salah satu contoh dari seni rupa terapan yang memiliki manfaat penting. Berdasarkan bentuknya, ada ragam batik yang memiliki banyak pilihan dengan karakternya masing-masing.

2. Keramik

Kebutuhan akan keramik sejauh ini tidak pernah ada habisnya. Sedangkan keramik sendiri merupakan salah satu produk seni rupa terapan yang sudah ada sejak dahulu. Penggunaannya dalam berbagai kebutuhan pun juga sudah sejak lama. Sebelumnya, pembuatan keramik berasal dari tanah liat. Kemudian, dalam pembuatan tersebut akan melalui pembakaran dan pengerasan.

3. Anyaman

Merujuk pada pengertian seni rupa terapan, anyaman yang memiliki estetika cukup tinggi juga masuk pada salah satu contoh yang banyak beredar. Seni tersebut berasal dari perakitan serat maupun bahan lainnya untuk di jadikan anyaman berbentuk menarik.

Anyaman juga merupakan salah satu kerajinan tangan yang populer di Indonesia. Bahan-bahan yang biasa di gunakan dalam pembuatan serat ini seperti bambu, rotan, serabut kelapa, dan lain sebagainya.

4. Kerajinan Logam

Contoh berikutnya dari seni rupa terapan ini adalah kerajinan logam. Dalam kehidupan manusia, sudah tidak di ragukan lagi bahwa yang namanya logam memang memiliki berbagai fungsi penting. Hal ini membuat banyak inovasi menarik yang membentuk kerajinan logam dalam berbagai bentuk. Penggunaan kerajinan logam ini sudah di lakukan sejak dahulu.

5. Seni Ukir Dan Pahat

seni rupa selanjutnya yang masuk dalam kategori seni rupa terapan adalah seni ukir dan seni pahat. Keduanya memiliki tingkat sejarah yang tinggi karena seni ini sudah di kenal sejak zaman kuno. Sedangkan media seni ukir dan pahat ini biasanya adalah kayu yang di bentuk sesuai dengan inovasi dari seniman. Seni tersebut pada umumnya menghasilkan bentuk yang bernilai tinggi.


setelah mengenal beberapa aspek di atas, termasuk pengertian seni rupa terapan dan contoh-contohnya, kini Anda bisa membedakan jenis seni rupa tersebut dengan yang murni. Pada intinya, contoh di atas hanya memperjelas bahwa yang di maksud sebagai seni rupa terapan adalah hasil karya yang pada penerapannya memiliki manfaat dan nilai guna dalam kehidupan.

Ayo Komentari Artikel Ini

Share this product!
%d blogger menyukai ini: