Pengertian Seni Rupa Murni, Jenis Dan Contohnya

pengertian seni rupa murni
pixabay.com

Sejauh kehidupan manusia sejak dahulu hingga sekarang tentu saja tidak pernah lepas dari yang namanya seni, khususnya untuk jenis seni rupa. Dalam hal ini, seni rupa sendiri di kenal dalam dua jenis, yakni seni rupa murni dan seni rupa terapan. Seni rupa murni adalah seni dasar yang sudah muncul sejak awal. Karena itu, perlu di kenal lebih jauh pengertian seni rupa murni tersebut.

Selain pengertiannya, ada beberapa aspek lain yang tidak kalah penting terkait dengan seni rupa murni ini seperti fungsinya seperti apa dan bagaimana contoh-contohnya. Mengetahui lebih jauh contoh tersebut akan membuat Anda memiliki gambaran yang lebih tepat terkait apa dan bagaimana seni rupa murni ini.

Sekilas Tentang Seni Rupa Murni Dan Sejarahnya

unsur seni rupa
pixabay.com

Berbicara lebih jauh tentang seni rupa murni sebenarnya sejak kapan sih seni rupa ini muncul?

Nah, sebelum mengenal tentang sejarahnya, pengertian seni rupa murni tentu saja lebih penting untuk di bahas terlebih dahulu.

Seni rupa murni merupakan salah satu jenis seni rupa yang lebih menekankan keindahan atau tampilannya di bandingkan fungsi praktis sebagaimana seni rupa terapan.

Jadi, bisa di sebutkan bahwa pengertian tersebut adalah pengertian sebaliknya dari seni rupa terapan yang merupakan jenis seni rupa yang lebih menekankan pada fungsi praktisnya.

Seni rupa murni yang di ciptakan seniman tidak memperhatikan apa fungsi dan manfaatnya setelah di buat, namun memang di ciptakan untuk memberikan keindahan ketika di lihat maupun di raba.

Sedangkan berkaitan dengan sejarah, disini seni rupa murni sudah muncul sejak dahulu. Tentu saja kemunculannya bersamaan dengan kemunculan seni rupa sendiri.

Sedangkan jika di bandingkan dengan seni rupa terapan, tentu saja seni rupa murni ini memang lebih senior. Setelah seni rupa murni banyak di aplikasikan dalam kehidupan, barulah seni rupa terapan mulai di gunakan.

Fungsi Seni Rupa Murni

unsur warna dalam seni rupa
kelasdesain.com

Dari pengertian seni rupa murni di atas, bisa di pahami bahwa jika di bandingkan seni rupa terapan, jenis yang ini tidak memiliki fungsi atau manfaat yang berarti. Lalu, untuk apa fungsi seni rupa ini di tengah masyarakat?

Dalam hal ini ada beberapa fungsi dari seni rupa murni yang harus Anda ketahui lebih jauh. Baik fungsinya secara umum, maupun fungsinya secara khusus.

Secara khusus fungsi seni rupa murni ini adakalanya di gunakan sebagai sarana komunikasi, baik di zaman dahulu maupun di zaman modern ini.

Selain itu adakalanya juga seni rupa murni disini untuk memenuhi kebutuhan emosional, katakan saja seperti untuk mengungkapkan perasaan dalam hati manusia. Bisa juga seni rupa ini dijadikan sebagai sarana edukasi maupun sarana peribadatan.

Nah, jika melihat pada kategori seni rupa sendiri secara umum, maka bisa di pahami juga fungsi umum dari seni rupa murni ini. Diantaranya adalah untuk menumbuhkan tingkat kebahagiaan setiap manusia dengan sifatnya yang estetis dengan melihat dan memandangnya.

Di samping itu, bagi seniman sendiri, seni rupa murni juga menjadi media komunikasi dan edukasi berdasarkan hobby.

Contoh Seni Rupa Murni

Setelah mengenai beberapa aspek penting terkait pengertian seni rupa murni dan fungsinya, kini perlu di ketahui bahwa ada beberapa contoh dari jenis seni rupa tersebut yang sering Anda jumpai. Dalam hal ini daftar seni rupa murni lebih luas di bandingkan seni rupa terapan. Nah, berikut adalah daftar contoh yang di maksud.

1. Lukisan

Pengertian Seni Rupa Murni, Jenis Dan Contohnya 1
pixabay.com

Contoh seni rupa murni yang pertama adalah lukisan dengan beragam bentuknya. Dalam hal ini ketika sebuah lukisan di fungsikan sebagai hiburan semata, maka masuk dalam kategori seni rupa murni.

Namun, hal ini lain lagi ketika lukisan tersebut menggambarkan ilustrasi tertentu di kawasan atau tempat tertentu yang lebih menekankan fungsi praktisnya.

2. Patung

patung abraham lincoln
pixabay.com

Patung juga merupakan salah satu contoh dari seni rupa murni yang banyak sekali di jumpai di berbagai wilayah. Baik itu patung hewan, manusia, tokoh, dan lain sebagainya, tetap masuk sebagai salah satu jenis karya seni rupa murni.

Hal ini karena patung sendiri memiliki nilai estetika yang harus di buat dengan inovasi, kreativitas dan dengan memadukan berbagai prinsip dan unsur seni.

3. Kaligrafi

kaligrafi
pixabay.com

Kaligrafi adalah salah satu jenis karya seni yang banyak di pelajari oleh umat Islam. Hal ini karena kaligrafi merupakan sebuah akulturasi penulisan yang menuangkan tulisan Al-Qur’an dalam sebuah bentuk yang indah dan bernilai seni.

Biasanya, kaligrafi banyak di jumpai di beberapa wilayah seperti hiasan di masjid, mushola, rumah-rumah dan lain sebagainya.

4. Mozaik

unsur seni rupa
pixabay.com

Salah satu contoh karya seni yang unik dan indah dari seni rupa adalah mozaik. Mozaik ini di susun dari berbagai macam bahan, baik kertas, logam, keramik dan lain sebagainya.

Beberapa bahan tersebut kemudian menghasilkan bentuk yang indah. Dengan demikian, melihat pula pada pengertian seni rupa murni, tentu saja mozaik menjadi salah satu contoh menariknya.

5. Seni Grafis

kepala rusa
pixabay.com

Mengikuti perkembangan zaman, saat ini banyak seniman yang berkecimpung di dunia seni grafis. Seni grafis ini banyak memanfaatkan komputerisasi. Namun, ada juga contoh seni rupa grafis yang di buat secara manual. Yang jelas, seni rupa grafis ini memiliki nilai keindahan yang juga sangat tinggi.

6. Relief

relief candi prambanan
pixabay.com

Di beberapa peninggalan zaman dahulu di Indonesia, relief tentu banyak sekali di temui. Relief ini memiliki keunikan tersendiri dengan penampakannya yang indah.

Dengan keberadaannya, relief menjadi salah satu contoh karya seni rupa murni yang membuktikan bahwa sejak dahulu manusia sudah mengenal seni rupa.

7. Ukiran

ukiran patung rushmore
pixabay.com

Penggunaan seni ukir yang sengaja hanya di jadikan sebagai hiburan atau semacamnya merupakan salah satu contoh seni rupa murni yang di aplikasikan. Selain itu juga dimanfaatkan dalam pembuatan suatu kerajinan.

Sejauh ini banyak seni rupa ukir yang tidak di fungsikan untuk manfaat tertentu. Namun, jika dilihat dari sisi estetika, seni rupa ukir ini memberikan nilai keindahan yang sangat tinggi.

8. Fotografi

memotret
Photo by Jakob Owens on Unsplash

Semakin canggihnya zaman ini, maka dunia fotografi akan semakin berkembang pesat saja. Nah, fotografis sendiri ternyata merupakan salah satu contoh karya seni yang indah. Apalagi jika objek yang di bidik menyertakan pemandangan alam yang juga begitu menggoda.

9. Seni Pahat

seni memahat
pixabay.com

Selain seni ukir, ada juga seni pahat yang banyak di aplikasikan dalam kehidupan. Seni pahat di lakukan dengan memahat media berupa kayu, dan nantinya akan memberikan sebuah bentuk yang menarik sebagai salah satu hasil seni rupa murni.

Seni pahat biasanya difungsikan dalam pembuatan patung atau furnitur yang berbahan kayu yang tekniknya hampir mirip dengan seni ukir untuk membuat macam-macam kerajinan.

10. Seni Koreografi

breakdance
pixabay.com

Koreografi adalah salah satu seni yang dapat di lihat sehingga bisa di sebut juga dengan seni rupa. Sedangkan dalam pengertiannya seni koreografi ini di ciptakan dengan membuat konsep tarian yang akan menarik perhatian dan menyenangkan hati para penontonnya.


Dari contoh dan pengertian seni rupa murni diatas, tentu kini Anda semakin mengenal tentangnya sekaligus perbedaannya dengan seni rupa terapan. Seni rupa murni sebagai salah satu jenis seni rupa perlu di lestarikan dengan baik, khususnya oleh para seniman.

2 Shares:

Ayo Komentari Artikel Ini

You May Also Like